Sukses

Kucuran Dana Penanganan Besar-besaran Jerman di Tengah Pandemi Corona

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Jerman dikatakan baru-baru ini mengambil langkah antisipasi dampak Virus Corona atau Covid-19 terhadap ekonomi negaranya. Sebelumnya, Jerman lebih fokus pada penanganan pandemi. 

“Di dalam 3 bulan awal belum ada diskusi bagaimana antisipasi dampak ekonominya, tapi fokus yang dilaksanakan bagaimana mengantisipasi meredakan penyebaran dari covid-19 ini. Baru diumumkan kebijakan terkait ekonomi,” kata Ekonom INDEF Deniey A Purwanto, yang berdomisili di Jerman dalam satu diskusi, Kamis (9/4/2020). 

Dia membeberkan beberapa skema yang dilakukan pemerintah Jerman dalam menangani dampak ekonomi. Mulai dari dukungan layanan kesehatan dengan anggaran EUR 3 miliar atau Rp 51,6 triliun (EUR 1= Rp 17,208).

Pemerintah Jerman juga memberikan kredit khusus. Program kredit khusus tanpa batas dari Bank KfW diluncurkan, dengan mengalokasikan EUR 100 miliar atau Rp 1,7 kuadriliun untuk bantuan likuiditas.

Serta dana stabilisasi, bagi perusahaan besar. Rencananya akan menyediakan dana hingga EUR 400 miliar dalam jaminan kredit bagi perusahaan. 

 

2 dari 2 halaman

UMKM

Pemerintah Jerman memberikan subsidi kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) atau perusahaan kecil di Jerman, dan wiraswasta yang terdampak covid-19.

Bentuknya, dengan memberikan bantuan langsung dalam waktu tiga bulan sebesar EUR 15 ribu atau Rp 258 juta.