Sukses

Menperin Kenang Bob Hasan Pemimpin Baik di Dunia Usaha Hingga Olah Raga

Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Bob Hasanmeninggal pada Selasa, 31 Maret 2020 pukul 11.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut mendiang mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Bob Hasan memberi contoh baik bagi dunia olahraga maupun wirausaha.

“Legasi (warisan) dan kepemimpinan Pak Bob yang beliau contohkan kepada kita baik di bidang olahraga atletik, wirausaha, dapat selalu kita ingat,” kata dia seperti mengutip Antara di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Menperin mengatakan, dunia olahraga Indonesia telah kehilangan salah satu putra terbaiknya yakni Bob Hasan, yang selama 47 tahun lebih konsisten mendedikasikan hidupnya bagi perkembangan dunia atletik di Tanah Air.

"Ratusan atlet bertalenta seperti Sarengat, Purnomo, Mardi Lestari dan Lalu Zohri, merupakan sedikit dari deretan atlet prestasi yang dibina Pak Bob," ungkap Menperin.

Dalam kesempatan ini, Menperin menyampaikan duka cita dan doa terbaiknya bagi Bob Hasan, yang pernah menjabat sebagai Menperindag era Presiden Soeharto selama tiga bulan.

“Bagi keluarga besar Pak Bob, dunia atletik yang mengharumkan nama bangsa, semua pikiran dan doa kami haturkan, dan duka cita ini kami rasakan mendalam bagi semua,” ujar Menperin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bob Hasan Dianggap Perintis Industri Furnitur Indonesia

Telah meninggal dunia pengusaha kayu dan juga pegiat olahraga Mohammad Bob Hasan. Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) ini meninggal pada Selasa, 31 Maret 2020 pukul 11.00 WIB.

Bob Hasan terkenal sebagai pebisnis kayu yang handal. Ia dianggap menaruh pondasi yang kuat dalam industrialisasi kayu di Indonesia. Sekretaris Jenderal Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Abdul Sobur menyebut bahwa Bob Hasan merupakan perintis industri furnitur dan kerajinan di Indonesia.

Bob Hasan adalah figur, perintis di dalam industri furnitur dan kerajinan Indonesia khususnya. Beliau yang meletakan dasar-dasar industrialisasi di sektor perkayuan nasional dari hulu ke hilir,” kata Sobur dikutip dari Antara, Selasa (31/3/2020). 

Menurut Sobur, Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Presiden Soeharto tersebut memiliki kebijakan yang sangat jelas, karena ideologi yang dianut yakni pentingnya hilirisasi.

“Hasil hutan harus memperkuat ke arah hilir atau mengutamakan nilai tambah, hingga industri mebel kita tumbuh signifikan di era itu,” ujar Sobur.

Sobur mengaku pengusaha kayu Indonesia sangat kehilangan sosok Bob Hasan yang menginspirasi tersebut.

“Beliau telah berbuat banyak untuk bangsa utamanya bagi komunitas kami. Semoga beliau husnul khotimah dan semangatnya tetap hidup dalam mendukung industri perkayuan nasional dengan mengutamakan nilai tambah tinggi,” pungkas Sobur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.