Sukses

Dikenal Boros, Berikut 5 Tips Atur Keuangan Bagi Pisces

Liputan6.com, Jakarta Pisces merupakan zodiak yang paling boros. Hal ini disebabkan karena karakter Pisces yang terlalu baik dan senang memberi.

Pisces enggak berpikir dua kali ketika seseorang meminta bantuan kepada mereka dalam hal finansial. Pieces akan membantu teman atau keluarga dengan memberi sumbangan, atau kepada mereka yang membutuhkan.

Namun, kelemahan Pisces adalah mereka enggak jago mengelola keuangan. Pisces jarang mencatat pengeluaran, dan sering kali pengeluaran mereka melebihi anggaran. Hal ini tentu saja enggak baik. Bisa-bisa Pisces enggak akan bisa menabung seumur hidup.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips mengatur keuangan bagi Pisces, seperti dikutip dari Swara Tunaiku.

1. Membuat Anggaran Keuangan 

Orang yang boros sering kali mengabaikan anggaran keuangan. Padahal, hal ini sangat penting dalam mengelola keuangan.

Alokasi anggaran juga dapat menghindarkan kamu dari masalah finansial. Masalah itu seperti belitan utang, biaya tak terduga, dan mendapat penilaian kredit dari bank.

Nah, ketika membuat anggaran, kamu perlu tahu apa saja sih unsurnya? Ingat, anggaran keuangan bersifat bulanan dan biasanya terbagi atas pengeluaran bersifat tetap (tagihan rumah tangga, biaya hidup harian, asuransi, transportasi dan hiburan, serta keluarga dan teman (hadiah)).

Ketika sudah mengetahui slot pengeluaran dan pemasukan, kamu tinggal mencatatnya. Bisa di buku catatan, laptop, maupun handphone

2 dari 3 halaman

2. Membuat Catatan Keuangan

Catatan keuangan enggak sama dengan anggaran keuangan. Catatan keuangan merupakan pengeluaran yang bersifat enggak tetap ataupun tetap setiap harinya.

Catatan keuangan ini berisi pengeluaran sehari-hari. Contohnya, belanja bulanan, belanja mingguan, belanja harian, biaya makan, biaya nongkrong, belanja make-up dan pakaian, dan seterusnya.

Tujuan dari membuat catatan keuangan adalah agar kamu memperoleh jumlah persis dari pengeluaran dalam satu bulan. Nantinya, catatan ini bisa kamu jadikan bahan evaluasi. Oh ya, jangan lupa juga untuk mencatat pemasukan, ya.

3. Menyesuaikan Anggaran Keuangan dengan Pemasukan

Ketika membuat anggaran dan catatan keuangan, kamu harus menyesuaikan dengan jumlah pemasukan kamu per bulan.

Bila kamu melakukan banyak pengeluaran, kamu harus mencari cara menguranginya. Misalnya, kamu bisa mengurangi slot nongkrong ataupun belanja. Duit ini sebenarnya bisa kamu hemat.

Jumlah tabungan juga harus kamu sesuaikan dengan pemasukan. Kalau rezeki lagi banyak, tabunganmu harus bertambah. Jangan langsung dihabiskan, ya!

3 dari 3 halaman

4. Lunasi Utang dan Hindari Utang Baru

Melunasi utang adalah hal penting dalam mengelola keuangan. Hal ini juga harus masuk dalam rencana anggaran kamu.

Usahakan agar membayar cicilan tepat waktu, seperti tagihan kartu kredit dan cicilan rumah. Hal ini berguna untuk menghindari beban keuangan dari bunga ataupun penalti.

Selesaikan utang yang memiliki bunga paling tinggi. Jika kamu punya utang kartu kredit, bayarlah sesuai dengan tagihan minimum yang tertera.

5. Selalu Ingat untuk Menabung 

Setelah membuat anggaran dan mengetahui bagian mana yang dapat dihemat, kamu dapat menentukan jumlah tabungan.

Tabungan bisa dalam bentuk dana darurat dan uang pensiun. Hal ini penting. Sebab, dana darurat bisa membantu kamu saat susah. Dana pensiun juga bakalan berguna banget ketika usia kamu enggak lagi produktif.

Setelah mengetahui cara mengelola keuangan, ada beberapa tips yang penting untuk Pisces dan zodiak boros lainnya. Ini dia beberapa di antaranya!

- Disiplin mengatur uang 

- Mencatat pengeluaran secara berkala

- Menyiapkan rekening alternatif

- Menghindari belanja atau pembelian dadakan

- Menghindari utang

- Membeli barang bekas

- Melawan kebiasaan boros

- Efisien biaya transportasi

- Menghindari persaingan gaya hidup 

Itulah tips mengatur keuangan bagi Pisces yang boros. Ingat, nasib keuangan kamu ada di tangan kamu sendiri. Maka, jika menginginkan perubahan, kamu sendirilah yang harus memulainya.