Sukses

Mandiri Sekuritas Beri Penghargaan ke Investor Inspiratif, dari Guru MTS hingga Disabilitas

Liputan6.com, Jakarta - PT Mandiri Sekuritas (Mandiri Sekuritas) menyelenggarakan MOST Awards 2020, sebuah ajang penghargaan bagi para investor individu di pasar modal yang inspiratif. MOST Awards sebelumnya telah diselenggarakan pada 2016 dan 2017.

Direktur Utama Mandiri Sekuritas Dannif Danusaputro mengatakan, MOST Awards 2020 merupakan bagian dari komitmen Mandiri Sekuritas untuk meningkatkan jumlah nasabah individu di pasar modal Indonesia, memastikan lebih banyak lagi masyarakat yang berinvestasi di pasar modal untuk membangun kesejahteraan dan meraih kemapanan di masa depan.

Sesuai tema kali ini 'Investasi untuk Semua', para pemenang mewakili nasabah Mandiri Sekuritas dari berbagai kalangan masyarakat. Walaupun memiliki latar belakang yang berbeda, mereka memiliki kesamaan semangat untuk meraih kemapanan dan menginspirasi masyarakat sekitarnya.

"Pemilihan pemenang kami lakukan berdasarkan pilihan masyarakat melalui media sosial, atau dipilih oleh 1.500 netizen serta penjurian internal Mandiri Sekuritas,” jelas Dannif dalam keterangan tertulis, Kamis (20/2/2020).

MOST Awards 2020 menghadirkan enam pemenang yang terdiri dari lima ‘Inspirational Investor’ dan satu pemenang ‘The Most Inspirational Investor’. Pemenang MOST Awards 2020 berasal dari berbagai latar belakang daerah, usia dan profesi, antara lain: penjaga kapal, mahasiswa, ibu rumah tangga, guru, wiraswasta pemilik kedai kopi, dan investor pasar modal murni.

“MOST Awards 2020 juga menunjukkan masih optimisnya para investor individu terhadap pasar modal Indonesia yang tetap memiliki potensi pertumbuhan besar,” Dannif menambahkan.

Mandiri Sekuritas telah meluncurkan Mandiri Sekuritas Online Securities Trading (MOST) sejak tahun 2012 untuk menghadirkan layanan pasar modal one stop financial services kepada masyarakat.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital yang menopang gaya hidup, Mandiri Sekuritas terus mengembangkan MOST yang kini telah dilengkapi berbagai fitur, seperti MOST Learning untuk pelatihan investasi secara online, MOST Fund untuk berinvestasi reksa dana, MOST SBN untuk berinvestasi pada produk-produk surat utang negara, serta MOST Sharia untuk berinvestasi saham sesuai prinsip syariah.

Masyarakat kini dapat menjadi investor secara mudah dengan melakukan registrasi online dan menggunakan MOST Digisign untuk tanda tangan digital.

Per 31 Desember 2019, Mandiri Sekuritas telah dipercaya oleh 119.000 nasabah individu atau ritel, meningkat 26 persen dari 95.000 di tahun 2018. Dari jumlah tersebut, lebih dari 80 persen nasabah berinvestasi secara online melalui platform MOST.

2 dari 2 halaman

Profil 6 Pemenang MOST Awards 2020

MOST Inspirational Investor – Jefrianus Adam

Jefrianus Adam adalah sosok penyandang tuna netra yang memberikan inspirasi kepada seluruh masyarakat di Indonesia. Keterbatasan yang dimilikinya tidak menghalangi Jefri untuk berinvestasi di Pasar Modal melalui Mandiri Online Securities Trading (MOST) dari Mandiri Sekuritas.

Jefri memiliki misi untuk menjadikan penyandang disabilitas sebagai subjek yang berkontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Karena itu, Jefri aktif berinvestasi menggunakan MOST dan berbagi ilmu mengenai investasi saham kepada komunitas disabilitas di Makassar. Menurut Jefri, aplikasi MOST sudah ramah terhadap penyandang tuna netra, karena dapat digunakan menggunakan fitur audio (suara) pada smartphone, sehingga membuka akses baginya untuk bertransaksi dan mengelola investasinya.

Pada perhelatan MOST Awards 2020, Jefri mendapatkan penghargaan sebagai MOST Inspirational Investor. Visi dan semangat Jefri diharapkan dapat menginspirasi masyarakat luas untuk mulai berinvestasi bersama Mandiri Sekuritas.

Inspirational Investor – Saptawati Rahayu

Ibu rumah tangga memiliki peranan penting dalam menjaga dan mengelola harta keluarga. Sebagai seorang ibu rumah tangga, Saptawati sangat produktif dalam mengembangkan asetnya melalui investasi di pasar modal.

Berinvestasi di Mandiri Sekuritas sejak lebih dari 5 tahun lalu, Saptawati sukses menjadi investor yang dikagumi di komunitas nasabah Mandiri Sekuritas. Ia juga sangat aktif dalam mengajak keluarga dan lingkungan sekitarnya untuk mulai berinvestasi.

Menurut Saptawati, salah satu kiat untuk sukses berinvestasi di pasar modal adalah “sadis” atau sabar dan disiplin. Metode tersebut selalu ia terapkan dalam mengelola portofolio sahamnya hingga kini. Kesuksesan dan motivasi tinggi Saptawati mendapatkan apresiasi dari Mandiri Sekuritas melalui penghargaan Inspirational Investor pada MOST Awards 2020.

Inspirational Investor – Rico Bayu Wiranata

Siapa sangka MOST Awards yang diselenggarakan Mandiri Sekuritas empat tahun lalu dapat menginspirasi seorang anak muda dari Tenggarong, Kalimantan Timur? Rico mendapatkan inspirasi untuk berinvestasi di pasar modal setelah melihat kesuksesan Aab Abdullah, seorang supir taksi, yang menjadi pemenang MOST Awards tahun 2016.

Rico yang saat ini sedang menyelesaikan pendidikan S2 di Surabaya selalu meluangkan akhir pekannya untuk belajar investasi saham di kelas-kelas yang diadakan di kantor cabang Mandiri Sekuritas. Sebagai generasi milenial yang pintar pasar modal, Rico memiliki cita-cita untuk meraih kemapanan di usia muda. Bahkan ia telah mampu membiayai kuliahnya dari keuntungan berinvestasi di pasar modal. Semangat Rico mendapatkan dukungan dari netizen yang memilihnya sebagai Inspirational Investor di MOST Awards 2020.

Inspirational Investor – Ida Bagus Mahendra

Saat ini, banyak sekali sarana untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan mengenai investasi, termasuk komik. Bagus mendapatkan inspirasinya setelah membaca buku komik Yuk Nabung Saham! yang memuat informasi mengenai pasar modal Indonesia yang tumbuh pesat hingga 1.600% dari tahun 1997 sampai 2017.

Sebagai karyawan swasta yang memiliki jiwa wirausaha, Bagus kini telah memiliki kedai kopi di Yogyakarta yang modalnya ia dapatkan dari hasil berinvestasi saham. Kemampuan Bagus dalam mengelola waktu untuk keluarga, bekerja, berbisnis, dan berinvestasi mendapatkan dukungan dari netizen yang memilihnya sebagai Inspirational Investor di MOST Awards 2020.

Inspirational Investor – Alipir Budiman

Selama lebih dari 20 tahun, Alipir mengabdikan waktunya sebagai guru di MTS Negeri 1 Banjar, Kalimantan Selatan. Setelah sempat menjadi korban penipuan investasi bodong hingga lebih dari Rp500 juta, Alipir kini menemukan kembali kepercayaan dirinya untuk sukses berinvestasi melalui Mandiri Sekuritas.

Alipir mengenal investasi saham melalui Sekolah Pasar Modal Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016. Dengan optimisme dan pola pikir yang positif untuk bangkit dari keterpurukan, Alipir kini sukses menjadi seorang investor pasar modal bersama Mandiri Sekuritas. Pengabdiannya sebagai pendidik serta kegigihannya untuk bangkit dan sukses mendapatkan apresiasi dari netizen yang memilih Alipir sebagai salah satu Inspirational Investor di MOST Awards 2020.

Inspirational Investor – Yudha Sindu Buhana

Yudha adalah sosok pemuda dari pesisir selatan Jawa Timur yang memiliki tujuan besar untuk sukses secara finansial. Yudha menyadari bahwa pekerjaannya sebagai petugas penjaga kapal tugboat di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dapat sewaktu-waktu terhenti, sehingga ia harus mampu mencari sumber penghasilan alternatif.

Berkat keuletannya dalam menyisihkan sebagian penghasilan untuk berinvestasi saham, kini Yudha menjadi investor yang mandiri bersama Mandiri Sekuritas. Netizen pun memberikan dukungan penuh kepada Yudha dan memilihnya menjadi Inspirational Investor di MOST Awards 2020.