Sukses

Kebijakan Kantor Tak Sejalan dengan Anda, Bagaimana Menyikapinya?

Liputan6.com, Jakarta Mungkin akan datang suatu waktu ketika sesuatu di tempat kerja tidak tampak sedang baik-baik saja. Mungkin Anda diminta untuk menegakkan atau mempromosikan sesuatu yang menyerang Anda sebagai tidak adil atau tidak etis, ilegal atau hanya tidak cerdas.

Atau mungkin Anda menyaksikan perilaku berulang yang bertentangan dengan nilai-nilai budaya yang didukung oleh perusahaan Anda.

Pertanyaannya adalah: apa yang Anda perlu lakukan tentang hal itu?. Melansir laman CNN, Jumat (14/2/2020) berikut tips bagaimana menghadapi hal tersebut:

2 dari 4 halaman

Mulai Secara Internal

Meskipun memiliki otoritas dalam jabatan Anda, masih harus menjawab bos Anda sendiri dan dia mungkin membuat keputusan yang bahkan Anda tidak setuju dengan itu.

Itulah orang yang harus Anda Dekati terlebih dahulu.

"Langkah pertama adalah untuk tetap internal. Lakukan yang terbaik untuk memiliki percakapan dengan atasan Anda dan secara terbuka mengungkapkan keprihatinan Anda,  "kata Mark Promislo, seorang Associate Profesor manajemen dan etika peneliti di Rider University.

Daripada menjadikan orang seolah mereka penjahat, Anda lebih baik menyajikan kekhawatiran Anda dengan cara yang menunjukkan Anda berdua adalah partner dalam tujuan yang sama

"Orang tidak dipekerjakan dalam bersikap tidak etis atau tidak adil. Mereka sedang dipekerjakan dalam mendapatkan hasil," kata Mary Gentile, yang menciptakan memberikan Voice to Values kurikulum untuk University of Virginia's Darden School of Business. 

3 dari 4 halaman

'Berontak' Dengan Cara Berkelas

Jika Anda percaya atasan Anda atau perusahaan yang terlibat dalam perilaku tidak etis atau ilegal, Anda juga bisa mencoba  "Pemberontakan Berprinsip," kata psikolog Robert Ferguson.

Idenya adalah untuk menolak sesuatu dengan integritas, dan untuk secara bertahap muncul panas pada mereka yang bertanggung jawab, menggunakan tangga strategi. Jika salah satu tidak bekerja, Anda pindah ke pilihan berikutnya, lebih intens.

Langkah pertama adalah untuk menunjukkan ketidaksukaan dengan cara yang sopan pada atasan Anda-yang mungkin berarti dai tidak melihat kelemahan dari cara kerja Anda.

Anda mungkin memintanya untuk mempertimbangkan, misalnya, bagaimana buruk itu akan terlihat jika pers menemukan tentang keputusan tertentu, atau dampak itu akan mempengaruhi semangat kerja karyawan.

Ferguson mengenang kisah seorang manajer Pizza Hut di 2013 yang menolak memaksa krunya untuk bekerja pada Thanksgiving. Perusahaan memintanya untuk surat pengunduran diri.

Manajer mengatakan dia menolak untuk berhenti dan malah menulis surat yang menjelaskan mengapa dia menentang pembukaan toko pada liburan.

Di antara alasannya: Thanksgiving dan Natal adalah dua hari bahwa pekerja dijamin untuk menghabiskan dengan keluarga mereka. Manajer kehilangan pekerjaannya. Pers mengambil cerita tersebut dan membagikannya.

4 dari 4 halaman

Pertimbangkan Risiko Memendam Masalah Tanpa Melakukan Apa-Apa

Jika Anda khawatir tentang sebuah kebijakan atau sistem di perusahaan Anda, Berdiam diri dan menjalani pekerjaan dengan terpaksa adalah solusi yang buruk.

Katakanlah Anda seorang manajer atau bahkan CEO adalah narsisis atau seksis yang memotong otoritas Anda. Atau Anda bekerja di tempat di mana Anda menghabiskan hari Anda melakukan hal yang tidak Anda sukai.

Jika Anda tidak berbicara atau menghiraukannya saja, stres kronis dapat berisiko pada kesehatan fisik atau mental Anda, yang dapat menyebabkan kecemasan atau depresi.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menabung dengan Mudah
Artikel Selanjutnya
Tips Menjadi Pendengar yang Baik