Sukses

Modal Terbatas? Ini 8 Ide Bisnis Tanpa Modal

Liputan6.com, Jakarta Zaman sekarang, banyak orang tertarik merintis bisnis karena keuntungannya cukup tinggi. Meski demikian, risiko kerugiannya juga tidak bisa dianggap remeh.

Lagipula, membuka bisnis juga butuh modal. Akan tetapi, risiko bisa lebih ringan jika Anda berbisnis tanpa modal

Bagaimana bisa? Berbagai ide bisnis di bawah ini bisa jadi inspirasinya. Yuk, simak ulasan dari Swara Tunaiku!

1. Guru Les

Salah satu ide bisnis tanpa modal bisa direalisasikan di bidang pendidikan. Anda bisa menjadi guru les sesuai passion yang dimiliki. Untuk menjadi guru les, bisa bersifat individu ataupun bergabung dengan grup bimbingan belajar.

Menjadi seorang pengajar tidak membutuhkan modal, tetapi membutuhkan relasi dan pengetahuan yang bisa diampu.

Soal hasilnya, jangan khawatir karena saat ini sudah banyak orang bersedia membayar berapapun asalkan pendidikannya berkualitas.

2. Reseller

Berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi saat ini membuka peluang lebih besar di dunia bisnis.

Anda lebih mudah menjadi reseller suatu produk lewat media sosial atau toko online, tanpa membutuhkan modal.

Anda tinggal mencari produsen dan menjualkan produknya ke konsumen. Promosi dan mencari relasi adalah titik berat dalam bisnis ini.

2 dari 4 halaman

3. Selebgram

Banyak anak muda kekinian yang mencoba peruntungan menjadi selebgram. Mereka siap mengiklankan suatu produk di media sosial Instagram yang potensial sebagai media periklanan. Para produsen akan memberikan uang jasa yang sesuai dan jumlahnya memang tidak sedikit. 

Bisnis ini juga tanpa modal hanya membutuhkan kuota internet dan kreativitas dalam berfoto dan menuliskan caption. Anda bisa membuat kalimat yang komunikatif sekaligus persuasif agar makin banyak orang tertarik.

4. Editor

Editor juga sudah banyak ditekuni banyak orang, terlebih ketika saat ini media digital semakin kompleks.

Anda bisa memulai bisnis menjadi editor foto, video, ataupun naskah. Pilihlah bidang sesuai passion agar kinerja Anda bisa optimal dan klien akan puas.

Anda hanya modal gadget dan aplikasi saja yang bisa diunduh gratis. Kreativitas dan kompetensi adalah modal utamanya.

3 dari 4 halaman

5. Content Writer

Saat ini sudah banyak pihak yang membutuhkan pengisi konten digitalnya. Kebutuhan ini menjadi peluang bagi Anda untuk menjadi seorang content writer.

Tidak selalu bekerja di kantor secara full time, Anda bisa buka jasa sendiri dengan menjalin banyak relasi.

Jika belum punya banyak relasi, Anda bisa mulai bergabung dengan agensi konten yang menerapkan sistem freelance. Anda bisa dengan mudah mengerjakan artikel sesuai pesanan di mana saja.

6. Vlogger dan Youtuber

Selain dibutuhkan pengisi konten dalam bentuk tulisan, kini dibutuhkan juga konten video. Peran vlogger dan Youtuber sangat dibutuhkan di sini.

Channel IGTV dan YouTube bisa menjadi medianya. Instastory juga tak luput dari kesempatan untuk meng-upload video periklanan. Dengan monetisasi akun, Anda bisa mendapatkan tawaran iklan di YouTube.

4 dari 4 halaman

7. Penerjemah

Bagi Anda yang punya kemampuan unggul di bidang bahasa, sangat menguntungkan jika bisa mengembangkan kemampuan dan mencoba menjadi penerjemah. Kesempatan ini sangat terbuka lebar, mengingat banyak pihak membutuhkan jasa penerjemah.

Sebagai contoh, terdapat klien yang membutuhkan penerjemah untuk keperluan di bidang pariwisata, konten periklanan, pendidikan, dan sebagainya. So, cobalah peluang bisnis tanpa modal yang menjanjikan ini. Bermodalkan kemampuan dan relasi, Anda bisa mendapatkan pundi-pundi uang.

8. Konsultan

Jasa konsultan juga sangat dibutuhkan, mengingat semakin kompleksnya kebutuhan. Tidak sedikit orang membutuhkan pertimbangan dan arahan dari konsultan atas persoalan yang tengah dihadapinya. Peluang ini bisa Anda coba karena sangat menjanjikan dan memang tidak membutuhkan modal.

Sebenarnya, saat ini siapa pun bisa mengembangkan bisnis asalkan pandai memanfaatkan peluang dan konsisten.

Dari ide dasar bisnis tanpa modal tersebut, Anda bisa terus mengembangkan passion dan menjalin relasi agar bisa mengembangkan bisnis.

Promosi juga sudah bisa dilakukan lewat media sosial atau situs website. Anda juga bisa join di aplikasi penyedia jasa.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jauh dari Kata Mahal, Prewedding Sukses Lewat Tips Cerdas Ini!
Artikel Selanjutnya
5 Pilihan Investasi yang Bikin Investor Pemula Cepat Kaya