Sukses

Mau Bisnis Online Tanpa Modal? Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan sistem informasi yang semakin cepat dan canggih sudah memberikan banyak peluang pekerjaan yang baru. Selama beberapa tahun terakhir, berbagai pekerjaan sudah mungkin dilakukan dengan lebih mudah dan praktis, bahkan dari rumah sekalipun.

Buat Anda yang tertarik menekuni dunia bisnis, memulai bisnis online adalah keputusan yang tepat. Saat ini, peluang sukses di bisnis online masih sangat terbuka lebar.

Anda bisa memulai bisnis dengan lebih mudah dan cepat, bahkan meski tak punys modal. Menjalankan bisnis tanpa modal, hal ini mungkin terkesan mustahil dilakukan dalam bisnis konvensional.

Tapi tidak di dalam bisnis online, Anda bisa menekuni salah satu jenis bisnis online yang paling tepat, hanya dengan mengandalkan akses internet dan juga gadget saja. Bisnis online berbeda dan memiliki keunikan tersendiri, di mana Anda menjangkau konsumen tanpa perlu melakukan pembelian dan juga penyimpanan produk sama sekali.

Semua dibeli menggunakan uang konsumen dan Anda tidak perlu mengeluarkan uang serta biaya apapun di depan. Selain aman, bisnis online yang seperti ini tentu akan memberi Anda kesempatan untuk sukses tanpa modal.

Lalu, bisnis online yang seperti apa yang bisa dijalankan tanpa modal? Tak perlu bingung, simak ulasn berikut, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bisnis Online Jasa titip 

Jasa titip belanja atau yang lebih dikenal dengan istilah jastip menjadi salah satu jenis bisnis online yang praktis dan mudah untuk dijalankan, bahkan buat pebisnis pemula seperti Anda.

Jastip menawarkan jasa pembelian berbagai produk, di mana Anda akan mendapatkan sejumlah tarif untuk setiap penggunaan jasa. Pada umumnya, jastip ditawarkan lewat media sosial seperti Facebook atau bahkan Instagram.

Namun jika Anda ingin lebih serius dan siap untuk menjalankan bisnis ini dalam skala yang lebih serius (besar), maka membuat website khusus untuk bisnis tersebut tentu dapat menjadi pertimbangan.

Sebagai pebisnis, Anda bisa menawarkan berbagai produk yang kira-kira banyak dicari dan dibutuhkan, misalnya: produk makanan, kosmetik, peralatan rumah tangga, elektronik, dan lainnya. 

Dalam prakteknya, Anda akan menerima pesanan dan juga pembayaran dari berbagai produk yang ditawarkan, selanjutnya Anda melakukan produk tersebut dan mengirimkannya kepada konsumen.

Pastikan Anda mengetahui dengan jelas spesifikasi setiap produk yang ditawarkan, sehingga konsumen bisa lebih mudah untuk diyakinkan. Selain itu,  wajib menyediakan gambar serta deskripsi lengkap terkait produk tersebut, agar konsumen benar-benar yakin melakukan pembelian di tempat Anda.

Keuntungan yang akan Anda dapatkan tentu akan beragam, tergantung pada besaran tarif yang diterapkan untuk masing-masing produk yang Anda tawarkan kepada konsumen. 

2 dari 3 halaman

2. Bisnis Online Jadi Reseller

Reseller merupakan sistem penjualan online yang memungkinkan Anda menjual berbagai produk milik orang lain. Dalam hal ini Anda perlu melakukan pembelian terlebih dahulu (membuat stok) dalam jumlah tertentu, sehingga bisa memenuhi permintaan dari para konsumen.

Meski membutuhkan sejumlah modal, Anda bisa membeli produk-produk tersebut dalam jumlah yang kecil saja, tanpa perlu membuat stok dalam jumlah besar. Jika memungkinkan, Anda bahkan bisa memilih produk yang mudah didapatkan di sekitar lokasi, sehingga Anda bisa membelinya langsung saat ada pesanan masuk dan tidak perlu membuat stok di rumah. 

Untuk pemasaran produk, biasanya reseller akan menggunakan media sosial atau bahkan market place sesuai dengan jenis produk yang akan dijual. Dalam bisnis ini, Anda akan mengurus pengiriman dan juga pembelian sekaligus.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis online satu ini juga terbilang besar, tergantung pada jenis produk yang akan Anda jual di pasaran.

3 dari 3 halaman

3. Bisnis Online Sebagai Dropshipper

Bisnis online yang satu ini benar-benar bisa Anda jalankan tanpa modal. Dropshipper hanya fokus memasarkan barang dan tidak perlu mengurus berbagai hal terkait dengan pengiriman dan yang lainnya. Anda hanya perlu memilih jenis barang yang tepat dan memasarkannya dengan sedemikian rupa, sehingga penjualan bisa terjadi.

Dalam hal ini Anda akan bekerjasama dengan supplier (pemilik barang) yang dipasarkan. Anda hanya perlu memasarkan dan menerima pesanan, lalu menerima pembayaran atas pesanan tersebut.

Selanjutkan, Anda tinggal menyampaikan detail pesanan tersebut kepada supplier dan meminta mereka memroses pesanan tersebut dengan baik. Keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini juga akan lumayan besar.

Serius dan Raih Kesuksesan Anda di Bisnis Online

Bisnis online tanpa modal sangat mungkin dilakukan. Pastikan Anda memilih jenis bisnis online yang tepat dan memahami dengan baik seluk beluk bisnis tersebut sejak awal, sehingga Anda bisa mengembangkannya dengan maksimal. Pilih dan jalankan bisnis dengan serius sehingga Anda bisa meraih kesuksesan di bidang yang satu ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Asal, Ini Makanan yang Cocok Buat Ngemil di Kantor
Artikel Selanjutnya
Jangan Sembarangan, Begini Cara Pilih Kosmetik yang Aman untuk Kulit