Sukses

Cara Buat Konten Medsos Menarik untuk Dukung Bisnis Online

Liputan6.com, Jakarta Teknologi telah mengalami perkembangan pesat. Kemajuan ini dimanfaatkan banyak kalangan untuk bisnis.

Maka dari itu, bisnis online saat ini bukanlah hal yang mengejutkan, dari yang bisnis di bidang jasa, hingga bisnis dagang pun telah berbasis online (daring).

Tapi tahukah, jika dalam melakukan bisnis online, hal yang sangat penting adalah konten. Konten merupakan segala sesuatu yang ingin disampaikan kepada masyarakat luar melalui media.

Saat ini, konten bisnis online bisa dibagikan melalui banyak media sosial, antara lain Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan masih banyak lagi. Konten dapat berupa foto, video, tulisan, dan sebagainya.

Maka dari itu, banyak yang mengatakan bahwa konten adalah raja untuk bisnis online. Ya, itu tidak sepenuhnya salah. Karena dengan adanya konten yang bagus dan berkualitas akan menghasilkan feedback dan juga akan meningkatkan brand value dari masyarakat luas. 

Lantas, bagaimana caranya agar dapat membuat konten yang bagus untuk para pelaku bisnis online?

Dalam talkshow Meningkatkan Brand Awareness Melalui Konten yang Kreatif dan Inovatif, menurut Patrix Tenario (Creative Content Director, Connect Part of GroupM) setidaknya terdapat 5 kunci utama dalam membuat konten yang tepat untuk bisnis online, seperti dilansir oleh Cermati.com.

1. Membuat Rencana Publikasi Konten

Jangan hanya bangunan saja yang memerlukan grand plan, dalam pembuatan konten pun juga membutuhkan perencanaan matang. Merencanakan konten yang hendak dibagikan memang sangat penting.

Karena jika tidak direncanakan dan dirancang dengan baik, tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan yang akan membuat semuanya berantakan. Salah satunya yaitu dengan merancang jenis konten apa yang akan dibuat.

Rencanakan untuk membuat konten yang harus diunggah setiap hari (daily timeline content), kemudian konten mingguan (weekly content), serta konten bulanan (monthly content).

Jangan lupa, melakukan analisis untuk konten yang telah dibagikan juga sangat penting. Hal ini dilakukan untuk mengetahui feedback yang dihasilkan dari konten tersebut.

2 dari 3 halaman

2. Menetapkan Tema Konten yang Tepat Sasaran

Perencanaan konten telah dilakukan, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah bahwa konten harus sesuai sasaran. Maka apa yang harus dilakukan?

Anda perlu mengetahui siapa sasaran untuk konten bisnis tersebut. Apakah untuk kalangan remaja, anak-anak, orang tua, atau sebagainya.

Anda tentunya tidak mau jika konten tersebut salah sasaran. Konten yang salah sasaran akan menyebabkan bisnis online Anda mengalami kesulitan dalam perkembangannya.

Maka dari itu, mengetahui sasaran konten memang sangat penting. Jadi. selain sebagai content creator, sekali-kali Anda juga perlu menempatkan diri sebagai audiens untuk memastikan bahwa konten Anda memang tidak salah sasaran. 

3. Ketahui Prinsip ATM (Amati-Tiru-Modifikasi)

Siapa yang tidak tahu prinsip ATM? Anda bisa menerapkan prinsip ini ketika merasa stagnan dan bosan atau merasa kehabisan ide untuk membuat konten. 

Anda bisa menerapkan prinsip ATM kapan pun. Tapi yang perlu diketahui, dalam prinsip ATM, untuk kata ‘Tiru” bukan berarti Anda menyomot konten orang lain seratus persen kemudian di upload ulang.

Jika Anda melakukan hal seperti itu, maka Anda harus bersiap untuk dituntut karena melanggar hak cipta. Wah, menyeramkan, bukan? 

3 dari 3 halaman

4. Harus Konsisten

Konsisten sebenarnya bukan hanya untuk pembuatan konten bisnis online saja, akan tetapi untuk segala hal. Dalam pembuatan konten bisnis online, sikap konsisten sangat dibutuhkan. Karena dalam bisnis online, penawaran produk tidak hanya dilakukan dengan cara yang hard selling saja, akan tetapi juga dengan cara soft selling

Jika Anda tidak memiliki sikap konsisten, maka para audiens akan merasa jika bisnis Anda merupakan hal yang tidak serius, atau bahkan bisa dianggap iseng karena tidak menunjukkan sikap serius yang tampak dari sikap kekonsistenan tersebut. 

Konsisten dengan pembuatan konten akan membuat produk bisnismu akan mudah dikenali. Selain itu juga bisa menyebabkan bisnis Anda menjadi top brand reputation, sebab sering dibicarakan karena kekonsistenan Anda dalam pembuatan dan pengunggahan konten bisnis itu. 

5. Jangan Malu Memamerkan Karya Sendiri

Selain keempat hal di atas, Patrix Tenario juga menyebutkan bahwa kreativitas tiap orang itu perlu terus diasah. Maka dari itu, proses trial and error akan mempunyai peranan yang yang sangat penting. 

Jangan takut untuk memamerkan kreativitas dalam menciptakan konten. Karena jika tidak dipamerkan, Anda tidak akan pernah tahu, bahwa konten tersebut sebenarnya sangat memiliki potensi untuk perkembangan bisnis online Anda. 

Jangan Malas untuk Terus Berlatih

Anda ingin membuat konten yang out of the box? Wujudkan, karena practice makes perfect. Sekali lagi, Anda belum mengetahui potensi konten Anda sebelum membuat dan memamerkannya pada dunia.

Maka jangan takut gagal, cukup coba lagi, coba lagi hingga berhasil. Pemerkan segala kemamupuan Anda dalam pembuatan konten untuk menciptakan bisnis online yang diimpikan. Lakukan dengan segila mungkin, sekreatif mungkin, dan seinovatif mungkin agar bisnis online Anda dikenal oleh semua orang.

Loading
Artikel Selanjutnya
Waspadai Kilat dan Angin Kencang di Dua Kawasan Jakarta Ini
Artikel Selanjutnya
Wisata Selfie di Jakarta Makin Canggih, Pakai Teknologi Slow Mo hingga Imersif