Sukses

Resolusi Keuangan yang Wajib Pasangan Milenial Miliki di Tahun 2020

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2020 baru berjalan beberapa pekan, sudahkah kamu dan pasangan menjalankan resolusi finansial yang lebih baik? Demi kehidupan ekonomi yang lebih mapan dan berkecukupan, kamu perlu mengelola keuangan lebih awal. Perencanaan yang baik dapat menghasilkan manajemen keuangan yang baik juga.

Selain itu, kamu juga bisa terhindar dari kebiasaan buruk seperti gajian lewat aja, masih tanggal muda tapi kantong tipis, tanggal tua harus ngirit banget. Terlebih lagi, banyak target dan impian ingin lebih cepat tercapai mulai dari beli mobil dan rumah. Dengan perencanaan keuangan yang bagi, tentunya bikin kehidupan rumah tangga lebih bahagia dan sejahtera. 

Berikut adalah resolusi keuangan yang pasangan milenial terapkan untuk mendukung perencanaan keuangan yang lebih baik. Mumpung masih awal tahun, ayo dipraktikkan.

1. Transparan

Untuk perencanaan keuangan yang lebih baik bagi pasangan suami-istri atau rumah tangga diawali dengan transparansi penghasilan. Transparansi akan menghasilkan harmonisasi dalam perjalanan keuangan rumah tangga. Antar pasangan bisa saling mengingatkan mana yang menjadi kebutuhan, prioritas, dan yang jadi keinginan.

2 dari 5 halaman

2. Tentukan Target bersama

Perbedaan dalam merencanakan keuangan kerap muncul dalam rumah tangga. Suami ingin begitu dan istri ingin begini. Oleh karena itu, penting pasangan muda untuk menentukan target bersama dahulu, yang baik untuk kehidupan rumah tangga bersama. Hindari egoisme, karena ini menjadi faktor yang dapat memecah rencana keuangan dan dapat membahayakan manajemen keuangan. Misalnya antara memiliki mobil atau rumah, tentu sebaiknya memiliki rumah dahulu. Dari pada setiap tahunnya harus pindah-pindah kontrakan atau sewa rumah.

3 dari 5 halaman

3. Cari penghasilan tambahan

Kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan di zaman sekarang terbuka lebar. Orang tidak lagi terpaku pada satu pekerjaan, mereka bisa mengambil pekerjaan sampingan (side job) sesuai dengan keahlian dan bidang yang dikuasai. Selama kamu bisa mengatur waktu dan bekerja pintar, selalu ada peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak sekali contohnya, mulai dari youtuber, influencer, jualan online, dan lainnya sesuai skill yang dimiliki dan dibutuhkan oleh pasar.

4. Investasi

Kalau sudah dapat pendapatan tetap ditambah lagi ada penghasilan sampingan, jangan lupa melakukan investasi untuk  keuangan di masa depan yang lebih baik. Pastikan memilih investasi yang aman dan terpercaya. Jangan mudah tergiur dengan bunga atau keuntungan yang tinggi. Kamu bisa mulai investasi reksadana, emas, hingga investasi properti. 

4 dari 5 halaman

5. Dompet Digital

Transaksi non tunai atau cashless yang semakin menjamur membuat e-wallet atau dompet digital makin digemari. Maka, tahun 2020 sudah wajib banget pakai dompet digital. Dari sekian aplikasi dompet digital yang ada di Indonesia, DANA wajib banget dimiliki oleh pasangan milenial saat ini.

Kirim dan minta uang mudah lewat aplikasi DANA. Tanpa ada biaya admin atau transfer. Mau bayar apa saja, dari beli pulsa, paket internet hingga tagihan listrik dan air, semua bisa dari DANA. Kamu juga bisa cepat Move On dari top up saldo, karena di DANA bisa simpan berbagai kartu debit dan kartu kredit.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by DANA Indonesia (@dana.id) on

Transaksi elektronik atau digital di merchant-merchant juga semakin praktis karena sudah ada DANA QRIS, satu kode QR yang dapat dibaca oleh beragam aplikasi pembayaran digital. Untuk merasakan experience maksimal dari aplikasi dompet digital DANA, jangan melewatkan pembaruan atau update aplikasi DANA. Versi terbaru DANA menawarkan kapabilitas yang lebih optimal dengan user interface semakin ramah pengguna.

5 dari 5 halaman

6. Komitmen dan Disiplin

Untuk mewujudkan resolusi keuangan yang lebih baik, hal terakhir yang perlu dimiliki pasangan milenial adalah komitmen dan disiplin dalam mengelola keuangan. Jika salah satu pasangan tidak mematuhi kesepakatan yang telah dibuat, maka akan ada kekacauan dalam perencanaan tersebut. 

Yuk, wujudkan resolusi keuangan yang lebih baik untuk kehidupan yang lebih bahagia dan sejahtera.

 

(*)

Loading
Artikel Selanjutnya
Mau Apa aja, Tinggal Tunjuk, Nanti Dibayarin
Artikel Selanjutnya
6 Metode Pembayaran Paling Canggih, Terakhir Sudah Ada di Indonesia Lho