Sukses

Siapkan Diri, Ini Pemetaan Titik Kepadatan di Puncak saat Malam Tahun Baru

Menhub Budi Karya Sumadi meminta agar sosialisasi gencar dilakukan supaya masyarakat yang hendak berlibur dapat tiba sebelum jalur ditutup, yaitu mulai pukul 18.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pos polisi Gadog di Puncak, Bogor dalam rangka melihat kesiapan penerapan car free night di Puncak saat malam tahun baru 2020.

Menhub meminta agar sosialisasi gencar dilakukan supaya masyarakat yang hendak berlibur dapat tiba sebelum jalur ditutup, yaitu mulai pukul 18.00 WIB pada Selasa (31/12/2019).

"Pada dasarnya, kami ingin lalu lintas dari dan ke puncak berjalan dengan baik. (Sosialisasi dilakukan) supaya tidak ada pergerakan berarti, tapi siang ini saya lihat tidak ada pergerakan berarti," ujar Menhub, mengutip keterangan pers, Senin (30/12/2019).

Tak ketinggalan, Menhub meminta agar petugas meningkatkan keamanan untuk mengantisipasi aksi teror di objek wisata di Puncak.

Menurut data Kakorlantas, ada 3 titik yang menjadi perhatian dan kumpul masyarakat saat malam tahun baru. Pertama dari Riung Gunung sampai dengan batas Cianjur. Kedua Sepanjang jalur utama puncak karena banyak kendaraan yang berhenti untuk merayakan pergantian tahun dan ketiga, persimpangan dan penggal jalan.

Menhub juga menjabarkan titik-titik krusial yang rawan kepadataan saat musim liburan Natal dan Tahun Baru seperti di Merak-Bakauheni, Cipali, Cirebon, Bali dan Indonesia bagian Timur.

"Kalau kita petakan yang mungkin puncak mudik itu ada beberapa tempat. Kalau darat itu ada dua titik yaitu satu di Merak-Bakauheni, kedua di Cipali. Yang lain terjadi di Bali juga Indonesia bagian timur karena mereka yang pulang natal itu sudah mulai balik ke daerah masing-masing. Kalau udara lebih merata karena tahun baru mereka liburnya lama jadi tidak ada satu puncak terntentu," tandas Menhub.

Untuk perbaikan jalan, Menhub menyatakan akan berkoordinasi dan membahas lebih detail dengan Bappenas, Kementerian PUPR dan ATR/BPN.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jelang Car Free Night Tahun Baru, Menhub Tinjau Jalur Puncak Bogor

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumardi meninjau kesiapan penutupan jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat menjelang malam pergantian tahun.

Selain ingin melihat pos pemantau arus lalu lintas di Pos Gadog, Menhub juga ingin memastikan car free night pada saat malam tahun baru maupun arus balik nantinya berjalan lancar dan aman.

Didampingi Direktur Prasarana Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Edi Nur Salam dan Direktur Angkutan BPTJ Aca Mulyana, serta Bupati Bogor Ade Yasin, Budi sempet mendengarkan paparan mengenai kondisi lalu lintas dan rencana car free night di jalur Puncak.

"Tentunya pemerintah ingin sekali lalu lintas dari dan ke Puncak berjalan dengan baik. Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Kakorlantas untuk membuat car free night," kata Budi Karya dalam kunjungannya ke Pos Gadog, Bogor, Senin (30/12/2019) pagi.

Hanya saja, lanjut mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu, penerapan car free night di jalur Puncak harus gencar disosialisasikan agar masyarakat yang hendak berlibur tiba sebelum jalur ditutup, yaitu mulai pukul 18.00 WIB, Selasa (31/12/2019).

"Ini supaya tidak ada pergerakan berarti, tapi siang ini saya lihat tidak ada pergerakan berarti," ujar Budi.

Ia juga mengingatkan kepada aparat kepolisian untuk meningkatkan keamanan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya aksi teror di sejumlah objek wisata di Puncak oleh orang tak bertanggung jawab.

"Masalah keamanan, teroris dan sebagainya harus diamankan," kata Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.