Sukses

Beli Tiket Bus di Terminal Pulogebang Kini Bisa Lewat Aplikasi

Kemenhub meningkatkan pelayanan dalam moda transportasi bus

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta hari ini meluncurkan sistem e-ticketing bus terbaru bernama Jaket Bus (Jakarta Electronic Ticketing Bus). Sistem e-ticketing tersebut saat ini baru tersedia di terminal Pulogebang sebagai pilot project atau percontohan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menyebutkan ke depannya sistem e-ticketing tersebut akan diterapkan di seluruh terminal di Indonesia, tidak hanya di Jakarta.

"Kita melaunching memang belum besar untuk bangun satu sistem e-ticketing yang lebih baik di terminal terminal yang ada di Indonesia dan sebagai pilot project yang ada di Pulogebang ini," kata dia dalam acara peluncuran, di Terminal Pulogebang, Jakarta, Sabtu (21/12/2019).

Dia menjelaskan, dengan adanya Jaket Bus, masyarakat dapat membeli tiket bus secara online dan nontunai atau cashless.

"Dan ini ada untuk mempercepat mempersingkat dan mempermudah masyarakat kita sekarang ini dalam rangka untuk mendapatkan tiket ke semua jurusan," ujarnya.

Dia mengungkapkan penerapan sistem e-ticketing di terminal menjadi salah satu tugas yang dieprintahkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk secepatnya diterapkan.

"Insya Allah dalam waktu dekat akan dilakukan perubahan tidak hanya menyangkut masalah sistemnya juga ada termasuk bagaimana ekosistem yang ada di terminal terutama di Pulogebang ini," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seluruh Terminal di Jakarta

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebutkan Jaket Bus akan segera diterapkan di seluruh terminal yang ada di wilayah Ibu Kota.

"System e-ticket electronic tickdeting system Jaket bus merupakan satu bagia dari Jakarta terminal integrated system yang kita akan diimplementasikan tidak hanya di Pulogebang tapi di seluruh terminal di Jakarta," ujarnya.

Dengan adanya Jaket Bus, dia berharap masyarakat yang hendak bepergian menggunakan moda angkutan bus menjadi lebih nyaman dan lebih mudah dalam mendapatkan informasi perjalanan.

"Kita harap masyarakat mendapatkan informasi perjalanan yang dimudahkan dan yang paling penting adalah adanya kemudahan beli tiket, tiket sisa berapa, bisa memilih tempat duduk mana yang masih kosong dan masih bisa dipilih," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.