Sukses

Grab Luncurkan Uji Coba Kendaraan Listrik

Liputan6.com, Jakarta - President Director of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, meluncurkan uji coba kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV).

Uji coba ini bertujuan untuk mempercepat adopsi EV di Indonesia dalam mewujudkan jaringan transportasi yang lebih ramah lingkungan.

"Hari ini sangat membanggakan karena ini menjadi suatu langkah maju, untuk menuju ekosistem berkendaraan baru atau kendaraan listrik dengan tenaga baterai," kata Ridzki di Jakarta, JUmat (13/12/2019).

Menurutnya, ini merupakan kerja sama Grab dengan pemerintah Indonesia dalam mengimplementasikan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019, tentang Percepatan Kendaraan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. 

Ia pun mengatakan bahwa pihak Grab sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) pada Juli 2019 dengan salah satu investor yakni SoftBank, yang menginvestasikan hingga USD 2 miliar atau Rp 27 triliun (USD 1 = Rp 13,985). Investasi ini untuk membangun ekosistem EV agar mencapai 2 juta unit kendaraan listrik pada tahun 2025.

"Kami sudah bertemu dengan investor, yang juga bertemu dengan Presiden di Istana, membahas tentang kendaraan listrik ini," jelasnya.

 

2 dari 4 halaman

Memabangun Ekosistem Mobil Listrik

Selain itu, Grab sengaja meluncurkan kendaraan listrik diakhir tahun 2019. Hal itu supaya menjadi awal baru dalam membangun ekosistem EV di tahun selanjuynya.

Adapun jenis kendaraan yang diluncurkan yakni mobil dan motor. Untuk kendaraannya Grab bekerja sama dengan produsen mobil Hyundai, Astra Honda Motor (AHM), dan Gesits, untuk meluncurkan uji coba kendaraan listrik di wilayah Jabodetabek.

Ia lun berharap bisa mendorong teknologi Indonesia dan menciptakan bengkel elektrik juga. Hal ini menjadi suatu langkah hijau dari Grab untuk menghidupkan keadaan hijau di Indonesia dengan menekan 0 persen polusi dan meningkatkan 100 persen kendaraan listrik.

"Kami harapkan dukungan segala pihak, kita berharap bukan hanya langkah sendiri melainkan kolaborasi," pungkasnya.

 

3 dari 4 halaman

Diapresiasi Menko Luhut

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, juga menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi inisiatif yang telah dilakukan oleh Grab.

"Inisiatif ini sejalan dengan peraturan saat ini untuk mengembangkan industri EV, serta mempercepat penggunaan moda transportasi ramah lingkungan di Indonesia," kata Luhut dalam sambutannya.

Ia pun berharap dengan dibangunnya ekosistem kendaraan listrik, bisa memperkuat keamanan energi Indonesia, mewujudkan udara yang lebih bersih, dan menjadikan Indonesia sebagai bagian dari EV Global Supply Chain.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: