Sukses

Bandara Syamsudin Noor Kini Jadi Wisata Baru Warga Banjarmasin

PT Angkasa Pura I (Persero) telah mengoperasikan terminal baru Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarmasin.

Liputan6.com, Banjarmasin - PT Angkasa Pura I (Persero) telah mengoperasiman terminal baru Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarmasin per 10 Desember 2019. Sangat berbeda dengan terminal lama, terminal baru ini memiliki desain modern dan berfasilitas lengkap.

Kemegahan terminal yang dibangun dengan anggaran Rp 2,2 triliun ini ternyata tak hanya menjadi pintu gerbang Kalimantan Selatan. Warga Banjarmasin, khususnya di sekitar bandara, menjadikan terminal baru ini menjadi lokasi wisata.

Banyak warga, khususnya sore hari berbondong-bondong mendatangi terminal bandara ini. Ada yang menggunakan sepeda motor, bahkan ada yang menggunakan minibus lengkap dengan anggota keluarganya.

"Kita ingin foto-foto di bandara yang baru ini, bagus bangunannya. Saya ajak saja yang dirumah ke sini daripada dirumah nonton sinetron," ucap Rahmat (45), salah satu warga yang tinggal di sekitar bandara saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (11/12/2019).

Meski tak bisa masuk hingga ke area check in dan ruang tunggu, terminal baru Bandara Syamsudin Noor ini menawarkan beberapa sudut yang bisa menjadi spot foto sejumlah warga. Seperti salah satunya di boulevard masuk bandara.

Lokasi ini menjadi spot favorit warga untuk berfoto ria. Saking banyaknya warga, bahkan dimanfaatkan para pedagang keliling untuk menjajakan dagangannya. Mereka menjual mulai dari pentol kuah, gorengan hingga berbagai minuman kemasan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemandangan Indah

Tak hanya warga yang berpakaian bebas ala ibu rumah tangga, para pegawai negeri di Banjarmasin pun rela menyempatkan diri untuk berkunjung ke bandara hanya untuk foto-foto.

"Soalnya lihat instagram teman-teman pada foto di sini, kok bagus-bagus fotonya, jadi kita ramai-ramai pulang kantor ke sini dulu. Biar kekinian," ucap salah satu pegawai negeri bernama Rahma (36) itu.

Untuk sisi luar terminal, AP I memang mendesain bandara ini memiliki pemandangan yang indah. Danau buatan yang desainnya menyerupai batu permata akan menjadi satu daya tarik masyarakat tersendiri ketika mengunjungi bandara ini. Hanya saja area ini belum rampung proses pembangunannya.

Selain tampilan yang lebih modern, terminal baru ini juga memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Mulai dari tenant kuliner, lounge VIP, hingga hotel dengan fasilitas bintang 3. Hanya saja untuk hotel, pembangunannya akan rampung pada April 2020.

 

3 dari 3 halaman

Picu Pertumbuhan Ekonomi

Antusiasme warga terhadap wajah baru Bandara Syamsudin Noor ini juga membuktikan bahwa, peningkatan kapasitas yang dilakukan AP I ini akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru.

"Kapasitas kita tingkatkan dari tadinya 1,6 juta penumpang per tahun kini menjadi 7 juta penumpang per tahun. Kami yakin ini akan menjadi pintu gerbang ekonomi Banjarmasin untuk terus tumbuh," tambah Direktur Utama AP I Faik Fahmi.

Dia menegaskan, pembangunan terminal ini juga untuk mendukung program peningkatan wisatawan, khususnya di Banjarmasin yang terkenal akan kulinernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.