Sukses

Jangan Asal, Ini Makanan yang Cocok Buat Ngemil di Kantor

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas di kantor tentu memakan banyak tenaga karena banyaknya tugas dan kegiatan yang terjadi seharian. Biasanya kegiatan yang terlalu sibuk bisa membuat kondisi fisik kita menurun dengan sendirinya.

Ketika kondisi tubuh yang menurun, muncul tanda-tanda yang menandakan hal tersebut, salah satunya adalah rasa lapar dari perut. Rasa lapar memang wajar terjadi pada setiap orang termasuk yang bekerja di kantor.

Tapi jika kita lapar padahal sedang jam kantor atau tidak istirahat tentu akan mengganggu kinerja kita selaku pegawai. Dari kondisi ini, biasanya tiap pegawai sudah mengantisipasinya dengan membawa bekal atau camilan untuk dimakan sebagai pengganjal perut.

Banyak jenis camilan yang kini tersebar luas di pasaran, baik yang harganya murah maupun mahal. Ada pula beberapa jenis camilan yang membuat kenyang atau hanya sekadar enak saja.

Namun dari kebanyakan camilan, jarang sekali yang memiliki nutrisi yang cukup atau bisa dibilang sehat bagi seseorang. Camilan yang tidak sehat tentu berdampak bagi kesehatan tubuh bahkan bisa membuat berat badan jadi naik.

Sebaiknya ketahui apa saja camilan sehat yang bisa dikonsumsi di kantor. Jadi, jangan asal saja, ini makanan yang cocok buat ngemil di kantor, seperti dikutip dari Cermati.com.

2 dari 5 halaman

1. Ngemil Buah-buahan

Berbagai macam buah bisa mengganjal lapar sekaligus menjadikan tubuh lebih sehat. Hal ini karena buah mengandung zat gizi yang cukup untuk membuat tubuh segar serta mendukung kesehatan. Buah-buahan juga dikenal memiliki serta yang mudah dicerna oleh manusia.

Anda bisa membeli buah sesuai selera, misalnya apel, pisang, mangga, dan masih banyak lagi. Bila suka banyak buah, tak salah jika membawa berbagai jenis buah itu dalam satu wadah. Jadi, meski Anda ngemil, tapi tubuh lebih sehat dan tak perlu khawatir lapar saat di kantor.

2. Ngemil Sayur-sayuran

Selain buah, sayuran tertentu juga bisa Anda bawa dari rumah sebagai camilan sehat. Sayuran yang sesuai untuk camilan biasanya adalah wortel, brokoli, selada, buncis, dan masih banyak lagi. 

Anda bisa membawa salah satu atau banyak tergantung selera, termasuk memakannya dalam kondisi matang atau mentah.

Jika memang tidak terlalu suka sayuran tanpa tambahan apapun, Anda juga bisa menjadikannya salad dengan ditambah bumbu sederhana tanpa mengurangi kandungan gizinya.

3 dari 5 halaman

3. Ngemil Kacang-kacangan

Jika suka kacang daripada sayur, maka menjadikan kacang-kacangan sebagai camilan bisa dilakukan.

Beberapa jenis kacang, seperti almond, kacang mede, dan kacang tanah bisa dikonsumsi sebagai camilan penghilang lapar di kantor.

Selain membuat perut kenyang, kandungan gizi pada kacang seperti protein dan zat gizi juga akan membuat tubuh lebih sehat dan lebih bertenaga untuk beraktivitas.

4. Ngemil Roti Gandum

Roti gandum merupakan salah satu camilan pengganjal perut yang paling efektif sekaligus sehat. Roti gandum memang dikenal memiliki serat tinggi sehingga tetap sehat untuk dicerna.

Bila perlu Anda bisa mengkombinasikan roti dengan topping sehat lain, seperti selai reandah lemak, selai buah, telur, sayuran, dan bahan lainnya.

4 dari 5 halaman

5. Ngemil Keju

Keju merupakan salah satu bahan makanan yang bisa membuat Anda tidak lapar karena kandungan gizinya yang kaya protein dan kalsium. Menjadikan keju sebagai camilan tidaklah salah, apalagi jika memang suka keju dan sesuatu yang rasanya asin.

Menggunakan keju utuh untuk dimakan atau dimasukkan ke dalam bahan makanan sehat lain, seperti roti gandum dan buah adalah salah satu contohnya.

6. Ngemil Sereal atau Oatmeal

Sebuah sereal biasa maupun oatmeal memang dikenal bisa membuat seseorang kenyang dan sehat. Hal ini karena oatmeal bisa menurunkan kadar kolesterol karena kandungan gizi dan seratnya yang baik.

Sereal atau oatmeal juga mudah didapat dan dibuat karena saat ini sudah ada oatmeal instan yang hanya perlu diseduh air panas dan tambahan lain sesuai selera.

5 dari 5 halaman

7. Ngemil Cokelat

Cokelat juga merupakan salah satu camilan favorit dan mengenyangkan bagi setiap orang. Namun untuk camilan sehat, pilihlah cokelat jenis Dark Chocolate karena rendah lemak dan kalori sehingga lebih sehat dari jenis cokelat lainnya. Cokelat jenis ini juga memiliki kadar antioksidan yang cukup untuk menjaga kesehatan Anda agar selalu baik saat bekerja.

Biasakan Bawa Camilan Sehat di Kantor

Jika ada yang sehat dan mudah didapat, mengapa tidak membawa camilan sehat ke kantor? Sudah jelas bahwa camilan sehat sekarang banyak dicari dan dibawa ke kantor karena gizinya cukup baik serta terbukti mampu menolong perut saat lapar.

Jadi, Anda bisa mendapatkan dua hal positif dari camilan sehat, yaitu kenyang dan juga kondisi tubuh yang sehat.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan jaga selalu kesehatan Anda.