Sukses

Tak Tahan dengan Donald Trump, Miliarder Ini Calonkan Diri di Pilpres AS

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder pendiri Bloomberg sekaligus mantan Walikota New York Michael Bloomberg resmi mencalonkan diri dalam bursa pemilihan presiden Amerika Serikat.

Miliarder jaringan televisi, radio dan majalah yang fokus pada saran keuangan ini menyatakan kesiapannya jadi calon presiden lewat akun Twitternya.

"Saya mencalonkan diri menjadi presiden AS untuk mengalahkan Donald Trump dan membangun Amerika kembali," ujar Bloomberg dalam cuitannya di Twitter.

Tim kampanye Bloomberg sendiri telah menggelontorkan dana hingga lebih dari USD 30 juta atau sekitar Rp 420 miliar (asumsi kurs Rp 14.087) untuk kampanye sang miliarder ke stasiun televisi lokal di seluruh Amerika. 

2 dari 2 halaman

Bloomberg: Trump Sembrono dan Tidak Etis

Bloomberg menambahkan, dirinya sudah tidak tahan dengan tindakan Trump sebagai presiden yang dinilai sembrono dan tidak etis.

Kepemimpinan Trump, menurut Bloomberg, selama ini tidak menguatkan eksistensi Amerika, namun justru membunuh nilai-nilai yang sudah tertanam selama ini.

"Jika dia menang lagi dalam periode kedua, kita mungkin tidak akan pernah bangkit dari kerusakan," imbuh Bloomberg.

Selain itu, sang miliarder tidak akan menerima donasi apapun untuk pencalonannya. Bahkan, dirinya tidak akan mengambil gajinya jika menang jadi presiden tahun 2020.

"Dia tidak akan menerima kontribusi politik dalam hidupnya. Dia tidak bisa dibeli," ujar kepala penasihat Bloomberg, Howard Wolfson mengutip laman AFP.

Loading