Sukses

Siap-Siap, DJP Kejar Pajak Youtuber yang Pamer Saldo ATM

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Suryo Utomo mengingatkan youtuber berpenghasilan Rp 1 miliar per tahun untuk segera membayar pajak. Peringatan tersebut mengingat adanya fenomena youtuber memamerkan saldo rekening bank.

"Youtuber kalau dia orang Indonesia, dapat penghasilan di Indonesia, penjual online, penjual pasar, kalau di atas PTKP wajib bayar PPh secara self assesement," ujar Suryo di Kawasan Senayan, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Suryo mengatakan, DJP memiliki data-data penghasilan setiap warga Indonesia baik youtuber maupun artis dari perbankan. Untuk itu, jika tidak menyetorkan pajak akan mendapat teguran dari DJP.

"Kalau tidak setor bisa dilihat di data Irawan (Direktur Pemeriksaan dan Penagihan) ada tidak. Penanganannya sama seperti lainnya, youtuber segala lainnya mungkin hanya mode penjualan, dia berbeda," jelasnya.

Untuk wajib pajak dengan pekerjaan penjualan online maupun konvensional, Suryo melakukan penarikan pajak yang berbeda. Namun, secara keseluruhan pemantauan penghasilan warga negara dilakukan melalui AEoI (Automatic Exchange of information).

"Kalau dia (penjualan online offline) dikasih treatment khusus mungkin bisa. Jadi, kita memanfaatkan akses informasi tadi seberapa besar penghasilannya di data itu," ucapnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

2 dari 7 halaman

5 Artis Ini Pernah Tunjukkan Saldo Rekening Pribadi, Isinya Bikin Melongo

Saat ini banyak sekali muncul di media sosial konten-konten tentang kehidupan artis yang membuat penonton semakin penasaran. Salah satunya ialah konten saat artis menunjukkan pundi-pundi rupiah yang dimiliki. 

Meskipun menunjukkan berapa banyak uang yang ada di rekening tersebut merupakan salah satu hal yang jarang dilakukan oleh orang-orang, namun faktanya ada beberapa artis yang mau menunjukkan jumlah pundi-pundi uang yang mereka miliki.

Artis yang menunjukkan saldo rekeningnya dan diunggah di YouTube kemudian viral di media sosial. Salah satunya ialah dalam akun YouTube Uya Kuya, Billy Syahputra, Ria Ricis serta banyak yang lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 5 artis yang menunjukkan isi saldo rekening Kamis (14/11/2019).

3 dari 7 halaman

1. Raffi Ahmad

Dalam akun YouTube Uya Kuya, Raffi Ahmad menunjukkan jumlah pundi-pundi uang yang ia miliki. Meskipun dikenal sebagai selebritas terkaya di Indonesia, punya akun YouTube yang bisa hasilkan uang miliaran, miliki bisnis di mana-mana, mobil mewah serta kehidupan glamor lainnya.

Namun tidak ada yang menyangka bahwa dalam dua ATM yang diperlihatkan oleh Raffi Ahmad, uang yang dimilikinya berjumlah total Rp175 juta.

4 dari 7 halaman

2. Ria Ricis

Sosok YouTuber ternama Tanah Air Ria Ricis juga baru-baru ini berani menunjukkan jumlah uang yang ia simpan di rekeningnya. Adik kandung Oki Setiana Dewi ini menerima tantangan untuk menunjukkan nominal isi saldo rekeningnya.

Pada layar mesin ATM yang Ria Ricis perlihatkan tertera saldo rekening Ria Ricis Rp 1.853.231.491.

5 dari 7 halaman

3. Nikita Mirzani

Sosok selebritis yang penuh kontroversi ini dinilai sebagai seseorang artis kaya raya. Nikita Mirzani tak jarang menunjukkan gaya glamor dan kehidupan mewah serta pundi-pundi rupiah yang ia miliki. Dalam channel YouTube Billy Syahputra, Nikita Mirzani mengungkapkan isi saldo pada dua rekeningnya.

Pada rekening pertama saldonya mencapai Rp 1,3 miliar. Sedangkan di rekening kedua, jumlah saldonya lebih sedikit, yakni Rp 391 juta. Rekening tersebut digunakan Niki untuk belanja kebutuhan rumah tangga dan sehari-hari.

6 dari 7 halaman

4. Barbie Kumalasari

Selain Raffi Ahmad, Uya Kuya juga menantang artis Barbie Kumalasari untuk menunjukkan jumlah uang yang ia miliki dalam saldo rekeningnya. Melalui channel YouTube Uya Kuya TV, Barbie Kumalasari memperlihatkan isi saldo pertamanya, yaitu diketahui menyimpan lebih dari Rp 1,6 miliar.

Sedangkan untuk yang rekening kedua saldonya mencapai Rp 1,5 miliar. Jika digabung, Barbie Kumalasari memiliki simpanan Rp 3,1 miliar dari dua ATM berbeda.

7 dari 7 halaman

5. Rizky Febian

Sukses sebagai penyanyi dan anak komedian terkenal solo, Rizky Febian kerap kali mendapat undangan manggung on-air maupun off-air. Dalam akun YouTube Andre Taulany, Rizky Febian memperlihatkan saldonya dicek melalui mobile banking, hanya ada Rp69 juta lebih uang di sana.

Rizky Febian menjelaskan bahwa Sule selaku orangtua menganjurkan agar semua pendapatan tak langsung ditransfer ke rekeningnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Terus Kaji Rencana Subsidi LPG Tertutup, Berpotensi Batal?
Artikel Selanjutnya
Putri Ma'ruf Amin, Nur Azizah Sebut Seleksi Calon Wali Kota Tangsel PSI Sangat Kejam