Sukses

5 Cara Pangkas Pengeluaran Tanpa Kurangi Gaya Hidup

Liputan6.com, Jakarta Berbagai tips tentang bagaimana cara menghemat pengeluaran sudah sering didengar. Tetapi hampir semuanya mengharuskan Anda untuk mengurangi berbagai keperluan yang selama ini sudah berjalan. Seperti liburan, menjual barang dan lainnya.

Dengan kata lain, tips tersebut seakan membuat Anda harus melepaskan semua keinginan duniawi. Menjalani hidup seperti orang yang benar-benar miskin, namun kenyataan uang dihemat sangat sedikit setiap bulan.

Namun ternyata ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi pengeluaran bulanan. Tapi tanpa mempengaruhi gaya hidup Anda sedikit pun. Nah, itu benar-benar namanya menghemat uang!

Ingin tahu, berikut 5 cara Anda dapat mengurangi pengeluaran bulanan tanpa harus meninggalkan gaya hidup, seperti mengutip dari Asiaone.

1. Pakai Kartu Kredit 

Jangan salah paham tentang tips ini. Memang, pengeluaran tak terduga untuk kartu kredit bisa membuat Anda masuk ke dalam lubang hitam utang.

Bila Anda adalah tipe yang tidak dapat mengontrol pengeluaran, menagihkan semuanya ke kartu Anda dan hanya membayar jumlah minimum setiap bulan, Anda tidak dapat menggunakan tip ini.

Tetapi jika Anda adalah tipe yang bertanggung jawab yang membayar tagihan kartu kredit Anda dalam secara penuh (terlepas dari berapa banyak yang Anda habiskan), maka kartu kredit adalah cara terbaik untuk menghemat uang.

Bagaimana bisa begitu?

Nah, ketika Anda segera melunasi tagihan kartu kredit setiap bulan, tidak terkena biaya bunga. Dalam hal ini, tidak ada bedanya apakah Anda membayar semua barang-barang secara tunai atau kredit.

Bahkan dengan memakai kartu kredit, bisa jadi mendapatkan berbagai hal. Seperti mengumpulkan poin. Semakin banyak yang Anda habiskan pada kartu kredit, semakin banyak poin imbalan yang terkumpul dan bisa ditukar dengan barang gratis, diskon atau promo.

Menggunakan kartu kredit di gerai-gerai tertentu terkadang memberi Anda tunjangan atau diskon khusus; cara instan untuk menghemat uang bukan.

Tapi ingat, Anda tidak dapat menggunakan kartu kredit sebagai cara pengeluaran di luar kemampuan.

Anda harus memperlakukan pengeluaran dengan kartu kredit seolah-olah menghabiskan uang tunai. Selama Anda membayar tagihan kartu kredit secara penuh setiap bulan, kartu kredit adalah cara yang sangat cerdas untuk mulai menabung uang sekarang.

3. Pangkas Pengeluaran Membeli Buku

Dengan buku, seseorang bisa mendapatkan banyak pengetahuan. Namun, membeli buku bisa menjadi salah satu pos pengeluaran yang cukup besar.

Alih-alih membeli buku, alangkah baiknya Anda meminjam buku saja dari perpustakaan terlebih dahulu. Jika Anda benar-benar menikmati buku itu dan berencana menyimpannya untuk selamanya, maka belilah salinan dari toko buku untuk koleksi pribadi Anda.

Anda akan menyadari bahwa hanya buku-buku tertentu yang layak disimpan sementara sisanya hanya dapat dipinjam dari perpustakaan. Ini bisa menghemat banyak uang.

Anda juga bisa memilih membeli buku digital (yang sebagian besar lebih murah) daripada yang dicetak.

Pada akhirnya, Anda masih bisa membaca semua buku yang jadi minat dan memuaskan ketertarikan

 

 

2 dari 2 halaman

3. Cabut Saluran Listrik yang Tidak Digunakan

 

 

Anda harus tahu jika alat listrik apa pun yang dicolokkan hanya akan menyedot energi walaupun sudah dimatikan dan tidak digunakan.

Tak tanggung-tanggung, ini bisa setidaknya 10 persen dari tagihan energi rumah Anda. Memang akan merepotkan jika harus mencolokkan dan mencabut alat yang Anda gunakan setiap hari (seperti komputer).

Nah, solusinya adalah cukup cabut alat listrik apa pun yang tidak Anda gunakan secara teratur. Seperti televisi, dan lainnya.

4. Unduh musik favorit

Jika Anda masih tipe yang senang membeli kaset, cd dari grup musik favorit, sebaiknya ubah kebiasaan itu.

Mulai lah mencari sumber lain yang diberikan gratis untuk mendengarkan musik favorit. Salah satunya adalah YouTube, atau Anda bisa belanja lagu mereka di iTunes / Amazon.

 5. Beli Pakaian Murah yang Terlihat Benar-benar Mahal

Anda sebenarnya tidak perlu memiliki pakaian mahal untuk terlihat luar biasa (dan sebaliknya, Anda tidak terlihat hebat hanya karena pakaian Anda mahal).

Hal yang lebih penting adalah memastikan Anda mencocokkan item yang dibeli tersebut. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan hanya menyalin pakaian yang dikenakan selebriti dan berbelanja di merek yang relatif murah.

Anda juga bisa menyalin tampilan selebriti dengan barang-barang harga murah, dari beberapa website yang menawarkan jasa ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ingin Tahu Kondisi Keuangan? Evaluasi dengan Daftar Ini
Artikel Selanjutnya
Harbolnas Kembali Digelar, Simak Dulu Tips Belanja Online Ini