Sukses

Citilink Indonesia Perluas Penerbangan Internasional

Dalam waktu dekat, Citilink Indonesia berencana ekspansi ke Singapura dan kota lain di Australia.

Liputan6.com, Jakarta - Citilink Indonesia gencar memperluas rute penerbangan internasional. Pasca peluncuran rute Denpasar menuju Perth di Australia pada 8 November kemarin, perseroan berencana membuka beberapa layanan penerbangan internasional baru.

VP Corporate Secretary Citilink Indonesia Resty Kusandarina mengatakan, pihaknya terus berusaha memperluas pasar penerbangan mereka. Dalam waktu dekat, Citilink Indonesia berencana ekspansi ke Singapura dan kota lain di Australia.

"Ini masih beberapa rencana yang lagi kita usahain. Itu mungkin Singapura. Sama kota-kota di Australia ya. Kemarin kan kita baru Perth," ujar dia dalam sesi bincang-bincang santai di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Adapun rute jarak jauh pertama Citilink Indonesia ke Jerman, tepatnya ke kota Frankfurt, telah dicanangkan sejak jauh-jauh hari. Namun, Resty menyampaikan, pembukaan rute baru ke Frankfurt tersebut tidaklah mudah lantaran terganjal kendala administrasi.

"Yang ke Eropa itu masih persiapan, administrasinya ternyata enggak gampang. Kita lagi usahain terus," ungkap Resty.

Sebagai informasi, saat ini Citilink Indonesia memiliki 8 rute penerbangan internasional. Antara lain Cengkareng-Kuala Lumpur, Cengkareng-Penang, Cengkareng Phnom Penh, Denpasar-Dili, Denpasar-Kunming, Denpasar-Perth, Denpasar-Kuala Lumpur, dan Surabaya-Kuala Lumpur.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkat Keterisian Penumpang

Senior Manager Corporate Communication Citilink Indonesia Fariza Astriny menyatakan, tingkat isian penumpang maskapai untuk rute internasional kini sudah diatas 50 persen. Adapun dua jalur penerbangan dengan jumlah penumpang terbanyak adalah yang menuju dua kota di Malaysia.

"Kalau lihat dari Seat Load Factor (SLF) average kita di rute internasional, rata-rata itu 54,6 persen. Untuk rute internasional dengan jumlah penumpang paling banyak itu yang ke Penang dan Kuala Lumpur," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Citilink Bakal Buka Penerbangan ke Perth

Maskapai Citilink Indonesia akan segera membuka rute penerbangan internasional baru dari Denpasar menuju Perth, Australia. Dibukanya rute internasional ke-7 ini merupakan bagian dari akselerasi jaringan internasional yang dilakukan oleh Citilink di tahun 2019.

Rencananya, rute yang akan dibuka pada tanggal 8 November 2019 tersebut akan menghubungkan destinasi wisata Indonesia ke Australia, dalam konteks ini, Denpasar (Bali) dengan Perth.

"Dibukanya rute ini membuktikan komitmen kuat Citilink untuk masuk pasar wisata internasional," ujar Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra sebagaimana dikutip Liputan6.com dalam keterangan tertulis, Selasa (29/10/2019).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Australia sendiri menempati posisi ke-2 sebagai negara dengan wisatawan mancanegara (wisman) terbanyak yang mengunjungi Bali. Pembukaan rute ini tentu jadi peluang meningkatkan jumlah wisman Australia yang datang ke Indonesia.

Nantinya, Citilink akan menerbangi rute Denpasar - Perth setiap hari menggunakan pesawat jenis Airbus A320 dengan kapasitas 180 penumpang.

"Kami berharap ke depannya Citilink bisa membuka semakin banyak rute internasional lainnya, termasuk ke kota-kota lain di Australia," ujar Juliandra.

Untuk menarik pelanggan, Citilink memberikan promo berupa makanan, minum dan bagasi 20 kg gratis. Terdapat juga tambahan 500 poin Garudamiles (untuk pembelian tiket melalui situs web resmi dan aplikasi) dan diskon redemption Garudamiles sebesar 30 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.