Sukses

Jokowi Resmikan Pembangunan Pusat Pengembangan Startup Pemuda Papua

Pengembangan bisnis startup di kalangan anak muda Papua bernama Papuan Youth Creative Hub di Jayapura, Provinsi Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi), baru saja meluncurkan pusat pengembangan kreatifitas dan pengembangan bisnis startup di kalangan anak muda Papua, yang dinamakan dengan: Papuan Youth Creative Hub, di Jayapura, Provinsi Papua.

Pusat pengembangan ini akan dibangun di jalan Vim, di wilayah Kotaraja, Jayapura, dengan luasan tanah sebesar 1.5 Hektar.

Di atas lahan tersebut, akan dibangun sebuah pusat pengembangan kreatifitas, bisnis, bakat dan inovasi seluas 6,000 m2 yang terdiri dari ruangan-ruangan untuk belajar tentang bisnis, teknologi internet, pemrograman dan dasar-dasar pengembangan startup, serta asrama untuk menampung sekitar 100 pemuda dan pemudi yang akan mengikuti program belajar bisnis selama 1-2 bulan.

Di dalam pusat pengembangan kreatifitas dan bisnis startup ini, akan diselenggarakan berbagai kegiatan pengembangan diri, untuk melengkapi keahlian berbisnis seperti disebutkan diatas, termasuk didalamnya Komunikasi, Kepemimpinan, dan dasar-dasar manajemen.

Adapun pusat pengembangan ini akan di kelola oleh sebuah Perusahaan yang didirikan oleh 21 Pemuda-pemudi asli Papua dari 7 wilayah adat, yang memiliki usaha, ataupun kegiatan sosial di bidang yang berbeda-beda. Perusahaan tersebut dinamakan: PT Papua Muda Inspiratif.

“Saya sebagai salah satu dari pemuda Papua yang selama ini bergelut dalam bidang bisnis startup merasa bahwa ini merupakan sebuah gerakan yang baik untuk mendorong lebih banyak lagi anak-anak Papua untuk dapat mengembangkan kreatifitasnya melalui bisnis, atau pergerakan sosial," Direktur Utama PT Papua Muda Inspiratif, Billy Mambrasardalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (29/10/2019).

“Kami menargetkan akan melahirkan kurang lebih 100 pemilik startup atau pergerakan sosial yang dapat ikut berkontribusi mempercepat pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua di bidang-bidang kritikal. Sampai sekarang, sejak di launchingnya giat Papua Muda Inspiratif bersama Presiden Jokowi, telah terdaftar 265 orang yang berkeinginan untuk menjadi anggota, semuanya adalah pemuda dan pemudi Papua asli," tambah Billy Mambrasar, yang juga adalah CEO Sebuah Social Enterprise Bernama: Kitong Bisa.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkul Anak Muda

Salah seorang pendiri PT Papua Muda Inspiratif yang lain, Paskalis Pigai, mengungkapkan bahwa pusat pengembangan kreasi dan startup ini juga akan merangkul anak-anak muda yang memiliki bakat seni dan hiburan.

“Saya selama berkuliah di UNIPA di manokwari telah menggerakan giat Fotografer Jalanan dan berharap bahwa pekerja-pekerja industri kreasi seperti kami, yang adalah anak muda asli Papua akan lebih banyak lagi. Saya berharap pusat pengembangan ini dapat membantu memfasilitasinya," tambah Paskalis Pigai.

“Kami akan mengadakan roadshow bisnis di 7 kota di Papua dan Papua Barat, dan di 4 Kota Studi di Luar Papua, seperti Manado, Jakarta, Jogjakarta dan Surabaya, untuk mendorong lebih banyak lagi pemuda dan pemudi Papua untuk bergabung dalam gerakan ini”, tambah Billy Mambrasar,

Adapun dalam kesempatan tersebut, Presiden RI menyatakan secara penuh dukunganya terhadap Percepatan Pembangunan Pusat Kreasi dan Pengembangan Startup Pemuda Papua ini. Harapannya adalah penciptaan kesejahteraan yang merata di Tanah Papua dan di seluruh Indonesia, yang didorong oleh giat Pemuda dan Pemudi Papua ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.