Sukses

Kementerian PANRB Punya Menteri Baru, Kapan Seleksi CPNS Dibuka?

Liputan6.com, Jakarta - Jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah resmi berpindah tangan dari Syafruddin kepada Tjahjo Kumolo. Ini ditandai dengan proses serah terima jabatan (sertijab) yang dilakukan di Gedung Kementerian PANRB siang ini pukul 15.00 WIB.

Adapun salah satu tugas yang kini tengah dipersiapkan Kementerian PANRB yakni terkait pengumuman seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS.

Sebelumnya, Syafruddin sempat menyatakan, pengumuman CPNS akan dibuka pada 25 Oktober mendatang. Sementara itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku pihak pengelola proses perekrutan mengabarkan, pengumumannya bakal dilaksanakan seusai Jokowi menentukan susunan kabinet barunya, termasuk Menteri PANRB.

Lantas, kapan kepastian pengumuman perekrutan CPNS akan dibuka?

Saat ditanyai hal tersebut, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pihaknya perlu berkoordinasi terlebih dahulu dengan Tjahjo Kumolo selaku Menteri PANRB baru.

"Tentunya bahwa kami akan melaporkan terlebih dahulu kepada pak Tjahjo. Sekarang hari ini kan baru saja sertijab dilakukan. Barangkali nanti ketika pak Tjahjo atau Menteri PANRB yang baru ini ada waktu untuk kami laporkan, kami akan melaporkan terlebih dahulu," ujar dia kepada Liputan6.com di Gedung Kementerian PANRB, Rabu (23/10/2019).

 

2 dari 4 halaman

Akhir Bulan Ini

Dia pun memperkirakan, pengumuman CPNS tetap dapat dilakukan pada akhir bulan ini. Namun, ia belum bisa menginformasikan kapan waktu pastinya. Setiawan mengabarkan, tanggal pastinya nanti akan diumumkan oleh Tjahjo Kumolo selaku menteri baru.

"Kalau kami tetap mempertahankan di akhir Oktober ini. Tepatnya nanti dengan pak Tjahjo dulu (dirundingkan)," ungkap Setiawan.

"Kalau seumpamanya arahan dari pak menteri baru (Tjahjo Kumolo) tanggal sekian, ya kita akan kabarkan lagi," dia menandaskan.

3 dari 4 halaman

Ingin Ikut CPNS 2019, Berikut Alur Pendaftaran pada Portal SSCASN

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) telah menyiapkan infrastruktur portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) dan pelaksanaan seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) BKN sebagai alat utama dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Terkait dengan agenda penerimaan CPNS baru itu, Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengingatkan jika pengumuman penerimaan resmi akan dipublikasikan di website dan media sosial instansi penerima formasi dan juga portal SSCASN.

Sebelum pengumuman pendaftaran daring dibuka secara resmi pada bulan November, portal SSCASN belum dapat diakses.

Dia pun menjelaskan alur dalam seleksi CPNS tahun ini. Pada pendaftaran awal, calon peserta seleksi CPNS menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga.

“Silakan calon pelamar memastikan kedua data tersebut telah sesuai dengan data kependudukan di Dirjen Dukcapil Pusat sebelum melakukan pendaftaran,” ujar dia seperti dikutip Jumat (18/10/2019).

Berikut ini alur pendaftaran dalam portal SSCASN:

1. Buka portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id

2. Buat akun SSCN 2019 2019 menggunakan NIK dan nomor kartu keluarga atau NIK Kepala Keluarga

3. Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

4. Lengkapi biodata

5. Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan

6. Lengkapi data, kemudian unggah dokumen

7. Cek resume, cetak kartu pendaftaran.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
BKN: Tahap Wawancara SKB CPNS 2019 Harus Menjunjung Tinggi Objektivitas
Artikel Selanjutnya
Top 3: Daftar 10 Formasi CPNS 2019 yang Sepi Peminat