Sukses

Besok, Menhub Akan Resmikan Bandara Letung di Anambas

Liputan6.com, Jakarta - Besok, Senin (14/10) Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi direncanakan akan meresmikan Bandara Letung yang terletak di Kabupaten Kepulauan Anambas. Hal tersebut disampaikan Hengki Angkasawan selaku Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan.

"Selepas dari kegiatan di Danau Toba Menhub akan menunjuk ke Kepulauan Anambas untuk meresmikan Bandara Letung" ucap Hengki dalam keterangannya, Minggu (13/10/2019).

Lebih lanjut Hengki mengatakan Bandara Letung berguna sebagai penunjang untuk meningkatkan potensi pariwisata yang ada di Kepulauan Anambas.

"Bandara Letung dibangun untuk menunjang Kepulauan Anambas dalam program penetapan Kepulauan Anambas sebagai kawasan wisata laut nasional"

Lebih lanjut Hengki mengatakan saat ini penerbangan komersil sudah dilayani oleh Bandara Letung, bagi masyarakat yang ingin ke Kepulauan Anambas dapat terbang melalui Batam dan Tanjung Pinang.

"Wings Air sudah melayani penerbangan komersil ke Bandara Letung, dari Batam ada penerbangan empat kali dalam satu minggu sedangkan dari Tanjung Pinang satu kali dalam satu minggu" ucap Hengki.

Sebagai informasi Bandara Letung terletak di Pulau Jemaja, Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas. Bandara Anambas mempunyai panjang runway 1.400 M x 30 M, taxiway 125 M x 15 M dan apron 125 M x 70 M.

2 dari 3 halaman

Menhub Beberkan Rencana Jokowi Soal Integrasi Moda Transportasi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbicara soal program dan rencana Presiden Joko Widodo di sektor perhubungan. Salah satunya mengintegrasikan moda transportasi, kereta cepat Jakarta-Bandung, MRT, LRT, dengan KA Bandara.

Menurut dia, sejauh ini, baik LRT dan MRT sudah terhubung dengan kereta Bandara. Masyarakat yang hendak ke Bandara dapat menggunakan MRT maupun LRT, turun di stasiun Dukuh Atas, lalu melanjutkan perjalanan dengan KA Bandara.

"Kalau kereta cepat menurut hemat saya, dikoordinasikan dengan MRT dan LRT. Kita sudah ada LRT sampai Dukuh Atas. Itu juga bisa langsung ke bandara dengan kereta bandara. Jadi secara tidak langsung sudah terhubungkan," ujarnya di Stasiun KA Bandara Manggarai, Jakarta, Sabtu (5/10).

Menurut dia, saat ini pembangunan yang penting adalah kereta cepat Jakarta-Bandung. Dengan demikian, orang Bandung yang hendak ke Bandara Soekarno-Hatta dapat diakomodasi.

Penumpang dari Bandung bisa menggunakan kereta cepat sampai Stasiun Cawang. Dari Cawang, bisa beralih ke LRT Jabodebek menuju Dukuh Atas. Dari Dukuh Atas bisa terkoneksi dengan kereta bandara hingga MRT.

"Yang penting kita, kereta cepat kita selesaikan, sehingga orang dari Bandung kalau mau naik pesawat juga mereka bisa berhenti di Cawang, terus ke dukuh atas, dari Dukuh Atas naik Railink (ke Bandara) bisa," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Butuh Peran Kagama untuk Wujudkan Indonesia Maju
Artikel Selanjutnya
Bangun Bandara di Perbatasan Indonesia-Filipina, Menhub: Bukti Negara Hadir