Sukses

Stasiun Gambir Bakal Dikembalikan Fungsinya untuk Commuter Line

Stasiun Manggarai sudah dirancang untuk menjadi stasiun kereta sentral sejak lama.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan memastikan akan memindahkan pemberhentian kereta api jarak jauh dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai. Dengan pemindahan tersebut maka Stasiun Gambir akan dikembalikan fungsinya seperti semula.

Kasubag Humas Ditjen Perkeretaapian Supandi menjelaskan, Stasiun Manggarai sudah dirancang untuk menjadi stasiun kereta sentral sejak lama. Stasiun Gambir tidak bisa jadi stasiun sentral karena lahan yang terbatas.

“Kita tidak tiba-tiba mengubah rencana tersebut, kita juga sudah studi. Stasiun Manggarai jadi stasiun sentral dan Gambir akan kembali seperti semula untuk commuter line,” kata Supandi dikutip dari Antara, Rabu (9/10/2019).

Dengan pemindahan tersebut, wilayah sekitar juga tentunya akan ditata sedemikian rupa dalam kurun waktu hingga dua tahun mendatang sekaligus menunggu kesiapan jalur dwiganda.

"Kita kan masih ada waktu dua tahun. Kalau rencananya akhir 2021 itu hanya pembangunan stasiun Manggaraiselesai. Tapi sepanjang itu kita kan akan melakukan penataan, khususnya menunggu kesiapan jalur dwiganda. Kalau ini enggak selesai juga kan gak bisa dipindah dulu," katanya.

Terkait lahan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan PT Kereta Api Indonesia agar bisa diselesaikan untuk kemudahan akses penumpang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Halte Transjakarta

Selain itu juga akan dibangun Halte Transjakarta yang terhubung dengan stasiun dan area komersial akan diisi oleh gerai-gerai layaknya di Stasiun Gambir.

"Jadi nanti akan bangun Halte Transjakarta yang terhubung dengan stasiun, di Pasar Raya juga akan dibangun untuk terbangun sampai stasiun," ujarnya.

Pemerintah akan memindahkan fungsi stasiun sentral dari Gambir ke Manggarai pada 2021 dan Stasiun Gambir akan dikembalikan fungsinya sebagai naik turunnya penumpang kereta rel listrik (KRL).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.