Sukses

Bukalapak Gandeng Lion Parcel Atasi Masalah Logistik UMKM

Kerjasama Bukalapak dan Lion Parcel akan memajukan daya saing Pelapak karena terciptanya sistem pengiriman yang cepat dan efisien ke lebih dari 500 kota di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak dan Lion Parcel menjalin kerjasama dalam rangka mengatasi masalah pengiriman barang antar pulau untuk UMKM Indonesia. Hal ini dengan mengadakan jalur khusus untuk pelapak yang didukung oleh armada Lion Air Group melalui Lion Parcel.

Kerjasama ini dipercaya dapat memajukan daya saing Pelapak karena terciptanya sistem pengiriman yang cepat dan efisien ke lebih dari 500 kota di Indonesia.

Dengan dibukanya jalur khusus melalui Lion Parcel, pengiriman barang di Bukalapak dijamin 2 kali lebih cepat dibandingkan jasa pengiriman lain untuk 30 rute pengiriman antar pulau ke berbagai kota di Indonesia.

 

President dan Co-Founder Bukalapak Muhammad Fajrin Rasyid, mengungkapkan alasan di balik kerjasama ini.

“Sebagai perusahaan yang customer-obsessed, kami fokus untuk selalu mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi pengguna kami, terutama para Pelapak. Kami memilih untuk bersinergi dengan Lion Parcel yang memiliki 230 armada pesawat dan 210 rute penerbangan antar pulau di Indonesia,” jelas Fajrin di Batam Aero Technic hanggar Lion Air Group, Sabtu (5/10/2019).

Lebih lanjut Fajrin mengungkapkan, infrastruktur logistik masih kerap menjadi salah satu faktor penting dalam pengembangan dan kelangsungan bisnis UMKM.

Berdasarkan hasil penelitian oleh Supply Chain Indonesia (SCI) yang dilansir oleh PwC, pada tahun 2017 biaya logistik di Indonesia masih tergolong tinggi hingga mencapai 23.5 persen dari biaya manufaktur. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara ASEAN lain seperti Vietnam kisaran 15 persen , Thailand (13,2 persen), Malaysia (13 persen) dan Singapura (8,1 persen)

"Kerjasama Bukalapak dan Lion Parcel memberikan solusi kelangsungan bisnis bagi para pelaku usaha kecil dan menengah di Bukalapak yang tersebar di 34 provinsi, 492 kota dan hampir seluruh pulau di tanah air, " kata Fajrin.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perluas Jaringan Pelanggan

Di tempat yang sama, CEO Lion Parcel Farian Kirana mengatakan dengan menggandeng perusahaan e-commerce seperti Bukalapak, pihaknya dapat semakin terkoneksi dengan jaringan pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk di daerah pelosok yang membutuhkan jasa logistik dan pengiriman yang dapat diandalkan.

Menurutnya Lion Parcel optimis dapat mengambil peran penting tersebut, terlebih dengan hadirnya fitur unggulan, berupa jaminan pengiriman 2 kali lebih cepat dibandingkan jasa pengiriman lain.

Lion Parcel mampu menghadirkan keunggulan ini dengan dukungan penuh dari armada Lion Air Group dan penerapan KPI yang ketat kepada setiap mitra di seluruh Indonesia.

Seluruh mitra Lion Parcel di daerah dipantau real time melalui sistem yang tersentralisasi di Jakarta, sehingga dengan demikian seluruh mitra Lion Parcel turut berbagi komitmen dan tanggung jawab yang sama di manapun berada.

“Dengan terhubung ke fasilitas pengantaran barang Lion Parcel, para pelanggan kami termasuk jutaan pelapak di Bukalapak, dapat menjaga kelangsungan bisnisnya melalui hal-hal seperti perputaran modal yang lebih cepat dan kepercayaan yang tinggi dari para pembeli”, papar Farian.

Lebih lanjut, kata dia, awal kerjasama ini ditandai dengan perkenalan armada pesawat Lion Parcel berlogo Bukalapak di badan pesawat, bertempat di hanggar Batam Aero Technic.

Mulai bulan ini, para pengguna Bukalapak dapat menikmati berbagai promo dan penawaran menarik seperti Gratis Ongkir untuk pembeli hingga Rp 15 ribu, Cashback Ongkir 15 persen untuk Pelapak, layanan pengiriman REGPACK (2-3 hari) dan ONEPACK (1 hari), serta metode pengiriman Pick-Up dan Drop-Off untuk Pelapak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.