Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Wajib Tiru, 4 Kiat Menjaga Anggaran Rumah Tangga Tetap Sehat

Liputan6.com, Jakarta - Semakin baik penganggaran, semakin sehat keuangan Anda akan tetap ada dalam hidup Anda. Penganggaran rumah tangga yang tepat membantu dalam menciptakan kekayaan untuk tujuan seperti pendidikan anak-anak, perencanaan pernikahan, dan perencanaan pensiun.

Jika Anda mampu merencanakan arus kas Anda dengan baik di masa depan, bahkan tabungan kecil Anda akan membantu dalam mencapai tujuan keuangan yang lebih besar.

Untuk mewujudkannya, Anda harus mulai bekerja pada rasio tabungan Anda. Idealnya, Anda harus menyisihkan sekitar 20 persen dari pendapatan Anda sebagai tabungan setelah memenuhi semua pengeluaran.

Dikutip dari Laruno.id, berikut beberapa kiat untuk membuat anggaran rumah tangga Anda sesuai rencana.

1. Kurangi pengeluaran Anda

Sangat perlu untuk bekerja pada pengeluaran Anda, terus pantau pengeluaran bulanan. Tidak mungkin bagi Anda untuk mencatat setiap pengeluaran kecil, sehingga dalam hal ini Anda dapat memangkas pengeluaran kecil tersebut dalam satu jumlah perkiraan.

Lebih tepatnya, Anda harus mencatat semua pengeluaran tetap dan fleksibel Anda yang akan membantu dalam menghitung jumlah pengeluaran yang tepat.

Bedakan pengeluaran menjadi kebutuhan dan kemewahan. Sebagai contoh, asuransi kesehatan adalah pengeluaran yang diperlukan.

2 dari 3 halaman

2. Tuliskan tujuan Anda

Anda harus mulai menetapkan tujuan tanggung jawab Anda. Secara umum, ini dapat dimasukkan dalam empat kategori, yaitu perencanaan pensiun, perencanaan pendidikan anak, perencanaan pernikahan, dan pembelian rumah.

Anda perlu merencanakan berapa banyak yang harus Anda hemat setiap bulan untuk prioritas ini dan oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan jumlah kewajiban Anda yang lain saat memenuhi pengeluaran Anda secara keseluruhan. Anda perlu menginvestasikan uang Anda ke arah yang benar.

3. Buat Dana Darurat

Membuat dana darurat selalu disarankan untuk mempertahankan setidaknya 3 sampai 6 bulan dari pengeluaran Anda dengan baik di bank atau dalam dana cair di mana Anda dapat dengan mudah menarik uang ketika terjadi sesuatu.

3 dari 3 halaman

4. Batasi hutang Anda

Terlalu banyak hal yang dibeli dengan kartu kredit dapat memengaruhi anggaran bulanan Anda dengan sangat buruk. Ini tidak dianjurkan bagi Anda yang sulit untuk konsisten saat membayar hutang.

Menggunakan terlalu banyak kartu kredit akan menimbulkan bunga yang cukup banyak, terlebih lagi jika Anda tidak membayarnya sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, keuangan, dan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Cara Membuat Otak Kembali Menjadi Positif
Artikel Selanjutnya
3 Trik Mencapai Tujuan Keuangan