Sukses

Jangan Sepelekan, Ketahui Pentingnya Edukasi Keuangan Sejak Dini

Edukasi keuangan itu penting. Jangan disepelekan bila tak ingin menyesal di kemudian hari. Ini pentingnya edukasi keuangan.

Liputan6.com, Jakarta Mengelola keuangan dengan cerdas tentu menjadi keinginan banyak orang. Barangkali Anda salah satunya.

Namun pekerjaan yang satu ini tidaklah semudah yang dibayangkan. Bahkan meski Anda sudah sangat terbiasa mengelola keuangan secara mendiri tanpa bantuan orang lain (orangtua).

Sebagian besar orang mengalami hal yang sama. Di mana pengelolaan keuangan mereka memang tidak berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Alasan utama tentu karena minimnya pengetahuan tentang keuangan itu sendiri. 

Hanya sebagian kecil orang yang memahami pengetahuan/pendidikan keuangan dengan baik. Meskipun pada dasarnya setiap orang membutuhkan hal ini di dalam keuangan mereka.

Pendidikan keuangan akan membantu Anda mengelola keuangan dengan berbagai langkah yang tepat, sehingga kondisi keuangan Anda berjalan dengan stabil dan lancar.

Bukan hanya untuk saat ini saja, namun pendidikan keuangan juga dibutuhkan untuk perencanaan masa depan keuangan Anda.

Ada banyak dampak positif yang bisa Anda dapatkan dari pendidikan keuangan. Beberapa di antaranya bahkan akan sangat mempengaruhi masa depan keuangan Anda secara keseluruhan.

Jadi, edukasi keuangan itu penting. Jangan disepelekan bila tak ingin menyesal di kemudian hari. Seperti dikutip dari Cermati.com, ini pentingnya edukasi keuangan.

1. Tambahan ilmu Jadi Investasi dalam Mengelola Keuangan

Memahami berbagai hal terkait pengetahuan keuangan memang bukan proses yang mudah, apalagi hal ini terkait dengan kegiatan investasi dan lainnya.

Bila Anda tak pernah memahami pengetahuan keuangan ini dengan baik, bagaimana bisa Anda menjalankan keuangan dengan cara yang cerdas? 

Penting bagi Anda untuk memberikan waktu dan perhatian khusus untuk mempelajari pendidikan keuangan. Sehingga Anda benar-benar memahaminya dengan baik.

Pengetahuan Anda akan keuangan ini merupakan bentuk investasi yang kelak akan sangat berguna di dalam keuangan Anda dan juga kehidupan secara keseluruhan. Sebab kondisi keuangan Anda tentu sangat mempengaruhi kualitas hidup Anda.

Anda akan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengelola keuangan dan melakukan berbagai hal yang dibutuhkan di dalam keuangan Anda dengan tepat sasaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bisa Memilih Strategi Keuangan yang Tepat

Berbagai strategi yang diterapkan di dalam keuangan tidak selalu tepat sasaran, apalagi yang terkait dengan kegiatan investasi, bisnis, dan lainnya. Sangat berisiko jika Anda memilih berbagai strategi keuangan ini dengan sembarangan, sebab justru bisa memengaruhi dan memperburuk kondisi keuangan Anda.

Namun saat Anda memiliki pengetahuan keuangan yang memadai, maka Anda juga akan memiliki kemampuan yang baik untuk menilai berbagai strategi keuangan.

Anda akan bisa memilih dan menerapkan strategi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan keuangan, sehingga strategi tersebut membawa dampak positif di dalam keuangan Anda. 

3. Mampu Ambil Keputusan Keuangan dengan Tepat

Memutuskan sesuatu di dalam keuangan bisa saja bukan hal yang sulit, apalagi tanpa memikirkan dampaknya bagi keuangan itu sendiri. Namun sebaliknya, berbagai dampak keputusan ini bisa menimbulkan masalah atau bahkan membuat kondisi keuangan menjadi buruk.

Penting untuk selalu mengambil keputusan yang tepat, tentunya dengan mempertimbangkan berbagai dampak keputusan tersebut di dalam keuangan Anda. Hal ini bukanlah sebuah pekerjaan sulit, jika Anda sudah memiliki pendidikan keuangan yang baik. 

3 dari 3 halaman

4. Mampu Bertanggung Jawab pada Keputusan dalam Keuangan

Bukan hanya dalam mengambil keputusan di dalam keuangan saja, namun sebagai pengambil keputusan, Anda juga harus bertanggung jawab pada setiap keputusan yang sudah dibuat.

Hal ini sangat penting, terutama terkait dengan berbagai keputusan-keputusan yang besar, seperti: investasi, asuransi, dana pendidikan, dan yang lainnya.

Jika Anda memiliki pendidikan keuangan yang memadai dan bisa mengambil keputusan keuangan dengan tepat, maka juga akan mampu bertanggung jawab atas berbagai keputusan keuangan yang telah dibuat tersebut.

Anda akan memahami dengan baik berbagai keputusan tersebut dan mengetahui dengan jelas apa yang akan terjadi atas keputusan tersebut di dalam keuangan.

5. Mempengaruhi Batas Kemampuan Keuangan 

Kecerdasan seseorang akan memengaruhi kualitas kehidupannya. Hal seperti ini juga terjadi di dalam keuangan. Kecerdasan Anda dalam hal keuangan akan menentukan batas kemampuan keuangan yang dimiliki.

Semakin cerdas Anda dalam mengelola keuangan, maka akan makin banyak juga kekayaan yang bisa didapatkan dengan mengandalkan kecerdasan tersebut. Semua ini tentu harus didukung dengan pendidikan keuangan yang memadai sejak awal.

Pelajari Pendidikan Keuangan Sekarang Juga

Kondisi keuangan akan memengaruhi kehidupan secara keseluruhan. Sehingga keuangan ini harus dikelola dengan sangat baik. Hal ini akan menjadi mudah jika Anda memiliki pendidikan keuangan yang memadai sejak awal.

Namun jika ternyata Anda belum memilikinya, maka pastikan segera mulai mempelajari pendidikan keuangan ini sejak sekarang, agar kondisi keuangan Anda bisa lebih baik dan aman ke depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.