Sukses

Uji Coba B30, Pemerintah Geber Kendaraan 640 Km

Kementerian ESDM tengah melakikan uji coba kendaraan berbahan B30 dengan menempuh jarak 640 km.

Liputan6.com, Jakarta Uji jalan pencampuran 30 persen biodiesel dengan solar (B30) terus dilakukan. Hal ini dilakukan guna membuktikan program yang bertujuan untuk mengurangi impor solar tersebut bisa diterapkan sesuai target pada 2020.

Liputan6.com berkesempatan mengikuti uji jalan B30, kendaraan yang di uji dengan bobot dibawah 3,5 ton adalah Toyota Fortuner, Nissan Terra, Mitsubishi Pajero, dan DFSK SuperCab.

Rute yang ditempuh adalah Lembang – Cileunyi – Panjalu – Majalengka – Kuningan - Ciledug - Tegal - Slawi - Guci - Lembang sejauh 640 km. Target total jarak tempuh hingga Oktober adalah 50 ribu km.

Medan yang dilintasi delapan kendaraan yang diuji coba berupa pegunungan, jalan berkelok dan lurus dengan kecepatan bervariasi.

Peneliti Uji Jalan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Balitbang ESDM), Muhammad Indra Irsyad mengatakan, uji jalan tersebut untuk mengukur uji emisi metode ECE R83, uji fuel economy metode ECE R101, uji peforma metode casis dynamometer, dan uji filter blocking setelah menempuh jarak 10 ribu Km untuk kendaraan dibawah bobot 3,5 ton.

"Ini uji jalan, sebelum B30 diterapkan," kata Indra, di Lembang Jawa Barat, Kamis (15/8/2019).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendaraan Berbobot 3,5 Ton

Indra melanjutkan, uji jalan juga dilakukan dengan bobot diatas 3,5 ton adalah truk Mitsubishi Fuso Colt Diesel, Isuzu NMR71TSD, dan UD Truck, dengan rute tempuh adalah Lembang – Karawang – Cipali – Subang – Lembang sejauh 350 km. Target total jarak tempuh hingga Oktober adalah 40 ribu km.

Setiap selesai menempuh jarak 10 ribu km pada kendaraan uji di atas 3,5 ton, dilakukan pengujian emisi opasitas, peforma metoda akselerasi dan filter blocking.

"Untuk analisis perbandingan dampak B30, dilakukan uji perbandingan pada kendaraan dengan bahan bakar B20 dan B30," tuturnya.

Untuk diketahui, Pelaksana uji adalah Puslitbang Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (P3tek KEBTKE) KESDM, Puslitbang Teknologi Minyak dan Gas (LEMIGAS) KESDM, Balai Teknologi Bahan Bakar dan Rekayasa Desain (BTBRD) BPPT, serta Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP) BPPT.

Adapun pendanaan road test berasal dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit. Dukungan lain yang diberikan industri adalah bantuan bahan bakar dari PT Pertamina (Persero) dan Asosiasi Produsen Bioufel Indonesia (APROBI), serta penyediaan kendaraan uji dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang dihasilkan dari bahan alami yang terbarukan, seperti minyak nabati dan hewani.

    Biodiesel

  • esdm

  • B30