Sukses

Uji Coba Bahan Bakar B30 Ditargetkan Selesai September 2019

Seluruh uji coba penggunaan B30 pada kendaraan diperkirakan selesai pada September, setelah itu hasilnya akan dilaporkan ke pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ‎memperkirakan uji coba Solar yang dicampur dengan 30 biodiesel (B30) pada kendaraan akan selesai pada September 2019.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Badan Litbang) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana ‎mengatakan, dengan keberhasilan uji coba suhu dingin, maka saat ini uji coba jalan B30 pada kendaraan sudah mencapai 60 persen.

"Uji coba sudah 60 persen ini real test," kata Dadan, saat uji coba ‎B30 saat suhu dingin, di Pegunungan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah (14/8/2019).

Setelah dilakukan ‎uji coba suhu dingin, dilanjutkan denga uji coba jalan pada 11 kendaraan yang terdiri dari kendaraan penumpang dengan menempuh perjalanan 640 Kilo meter (Km) dan kendaraan ukuran besar 340 Km.

"Kendaraan yang akan diuji jalan 640 Km untuk penupang kalau besar 340 km. Kendaraan juga diistirahatkan 6 jam per 24 jam," tuturnya.

Dadan mengungkapkan, seluruh uji coba penggunaan B30 pada kendaraan diperkirakan selesai pada September, setelah itu hasilnya akan dilaporkan ke pemerintah.

"Saat pertengahan September sudah 90 persen diselesaikan September! Kita laporkan ke pemerintah. Ada waktu sekitar 1 bulan dikatakan selesai," tandasnya.

Pemerintah berencana menerapkan pencampuran 30 persen biodiesel dengan solar (B30) pada 2020. Program tersebut akan mengurangi impor solar hingga 9 juta Kilo liter (Kl) senilai Rp 70 triliun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakai Bahan Bakar B30, Mesin Diesel Masih Tokcer di Suhu Dingin

Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Badan Litbang ESDM) telah melakukan pengujian mesin kendaraan dengan menggunakan‎ bahan bakar Solar yang telah dicampur dengan 30 persen biodiesel dalam suhu rendah.

Liputan6.com berkesempatan menyaksikan langsung uji coba tersebut, sebelum diujicoba enam mobil jenis mini bus bermesin diesel telah diisi Solar yang telah dicampur dengan 30 persen biodiesel yang mengandung Monogliserida 0,4 persen dan 0,55 persen. 

Kemudian‎ mobil tersebut didiamkan selama 21 hari di kawasan pegunungan Dieng Wonosobo Jawa Tengah setelah menempuh jarak sekitar 150 kilometer‎ (Km).

Selama 21 hari, kendaraan tersebut berada dalam suhu rendah, bahkan pada beberapa pekan lalu suhu di wilayah pegunungan Dieng berada dititik minus di bawah nol derajat.

Pada Rabu (14/8/2019) Pukul 03.00 WIB, saat suhu sedang rendah, ‎kendaraan tersebut disiapkan diukur voltase baterai dan suhu di dalam tangki berkisar dari 17 sampai 16 derajat celcius. Satu per satu kendaraan dihidupkan.

Kendaraan pertama yang diuji coba ‎diisi dengan solar murni atau B0, dalam waktu 1,05 detik mesin kendaraan tersebut berhasil dinyalakan, kendaraan dengan bahan bakar B0 dilibatkan karena akan dijadikan acuan durasi mesin menyala.

kendaraan kedua yang menggunakan B30 dengan nilai kandungan Monogliserida 0,4 persen. Mesin kendaraan tersebut berhasil menyala dalam waktu 1,18 detik.

Pengujian terakhir dilakukan pada kendaraan yang telah diisi B30 dengan nilai kandungan Monogliserida 0,55 persen. mesin Kendaraan ini berhasil dinyalakan dalam waktu 0,997 detik.

‎Menurut Kepala Badan Litbang ESDM Dadan Kusdiana ‎uji coba mesin kendaraan menggunakan menggunakan B30 dinyatakan berhasil, sebab berdasarkan standar Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) batas maksimal mesin kendaraan menyala ketika distater selama 5 detik.

"Uji coba kali ini berhasi. Ini terpisah dari uji coba jalan," kata Dadan, dilokasi uji coba B30.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kementerian ESDM adalah Kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang bergerak di bidang energi, dan sumber daya mineral.

    Kementerian ESDM

  • Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang dihasilkan dari bahan alami yang terbarukan, seperti minyak nabati dan hewani.

    Biodiesel

  • B30