Sukses

Diskon Besar-besaran, Pengusaha Targetkan Transaksi Rp 35 Triliun

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) menargetkan nilai transaksi mencapai lebih dari Rp 35 triliun selama berlangsungnya diskon besar-besaran atau Indonesia Great Sale 2019 pada 14-25 Agustus 2019.

Ketua APRINDO Roy Mandey memperhitungkan, jumlah angka tersebut diperoleh berdasarkan pendapatan rata-rata masyarakat Indonesia yang sekitar Rp 56 juta per tahun, atau Rp 4,6 juta setiap bulannya.

"Artinya, kalau mereka ke mall belanja Rp 200 ribu saja it's ok. Tingkat kedatangan ke mall Itu antara 30 ribu sampai 50 ribu orang per hari. Kalau mall besar kayak Kota Kasablanka bisa 80-100 ribu (orang) per hari," ungkap dia di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

"Jadi 30 ribu kali 200 ribu kali 321 mall (di seluruh Indonesia). Maka kurang lebih itu lah targetnya. Kita target Rp 35 triliun lebih selama transaksi di Indonesia Great Sale ini," dia menambahkan.

Sebagai informasi, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) bersama APRINDO akan menggelar pesta diskon besar-besaran Indonesia Great Sale 2019 serempak di seluruh pusat perbelanjaan yang ada di Tanah Air.

Tak tanggung-tanggung, diskon yang ditawarkan dalam program ini beragam hingga setara umur negara, yakni 74 persen. Adapun pembukaan program diskon besar-besaran tahun ini akan dilaksabakan pada 14 Agustus 2019 di TangCity Mall oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

 

2 dari 4 halaman

Transaksi Meningkat 20 Persen

Gelaran Indonesia Great Sale 2019 jug diharapkan mampu meningkatkan jumlah pengunjung dan nilai transaksi di seluruh pusat perbelanjaan hingga 20 persen.

Optimisme ini berangkat dari banyaknya gerai ritel yang berpartisipasi di seluruh mall di Indonesia, ditambah dengan kehadiran berbagai UMKM dalam event tersebut.

Lebih lanjut, Roy mengatakan, bila sepanjang pergelaran tersebut nilai total transaksi bisa menyentuh angka Rp 35 triliun, maka itu sudah sekitar 10-15 persen dari target angka perdagangan sektor ritel nasional tahun ini yang sekitar Rp 240 triliun.

"Kita kan target untuk mencapai double digits, naik jadi Rp 240 triliun (dari 2018 yang sebesar Rp 235 triliun). Jadi Rp 35 triliun itu kalau dihitung-hitung sekitar 10 sampai 15 persennya," tukas dia.

3 dari 4 halaman

Rayakan HUT RI, 321 Pusat Perbelanjaan Beri Diskon hingga 74 Persen

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) bersama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) akan menggelar diskon besar-besaran Indonesia Great Sale 2019. Program belanja serempak pusat perbelanjaan ini akan dilaksanakan bersamaan dengan HUT RI ke-74, yakni pada 14 Agustus hingga 25 Agustus 2019.

Tak tanggung-tanggung, diskon yang ditawarkan dalam program ini beragam hingga setara umur negara, yakni 74 persen. Tahun ini, pembukaan Indonesia Great Sale akan dilaksanakan pada 14 Agustus 2019 di Tangcity Mall oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Ketua Umum APPBI Stefanus Ridwan mengatakan, bakal ada banyak toko mulai dari gerai makanan hingga fesyen di pusat perbelanjaan yang menawarkan diskon atau promo potongan harga. Upaya ini disebutnya sengaja dilakukan untuk menarik lebih banyak pengunjung ke mal dan melakukan transaksi secara offline.

"Kami juga berharap, melalui Indonesia Great Sale yang dilaksanakan secara serempak pengunjung dapat merasakan pengalaman terbaiknya dalam berbelanja, mengingat terdapat variasi produk yang ditawarkan dengan promo yang fantastis," ujar dia saat sesi konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Dia menyampaikan, diskon besar-besaran ini akan dimulai secara serentak di 321 pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia pada 14 Agustus mendatang, seperti di Gandaria City, Kota Kasablanka, Grand Indonesia, Lippo Plaza Medan, Mal Pekanbaru, Palembang Square Mall, Summarecon Mall Serpong, hingga Lippo Plaza Kupang.

Indonesia Great Sale 2019 juga diharapkannya mampu meningkatkan jumlah pengunjung dan nilai transaksi di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia hingga 20 persen. Optimisme ini berangkat dari banyaknya gerai ritel yang berpartisipasi di seluruh pusat perbelanjaan di Tanah Air, ditambah dengan kehadiran berbagai UMKM dalam event tersebut.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading