Sukses

Mau Beli Mobil? Simak Tips Ini Biar Tak Menyesal

Liputan6.com, Jakarta - Tak dimungkiri, punya mobil adalah salah satu impian dari sebagian besar masyarakat. Meski tergolong sebagai kebutuhan tersier, memiliki mobil pribadi, baik bekas maupun baru, nyatanya dapat mempermudah kebutuhan mobilitas dan menambah kenyamanan Anda bersama keluarga saat bepergian.

Selain itu, memiliki mobil juga dapat menunjukkan status sosial yang lebih tinggi. Oleh karena itu, tak jarang masyarakat rela untuk menabung sekian lama agar dapat memiliki kendaraan pertama yang telah didambakan selama ini.

Namun, saat akan membeli mobil, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Terlebih lagi jika sebelumnya Anda belum pernah memiliki mobil. Jika dilakukan tanpa pikir panjang, bisa jadi kendaraan yang Anda beli tidak sesuai dengan keinginan dan kabutuhan.

Meski dapat dijual lagi, harga mobil bekas tentu berada jauh di bawah harga mobil baru. Untuk itu, agar tidak salah dalam memilih mobil pertama yang akan Anda beli, ikuti tips ini seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Pertimbangkan antara Kebutuhan dan Keinginan

Masalah yang seringkali menyebabkan Anda merasa bingung saat akan membeli mobil adalah lebih peting mana antara kebutuhan atau keinginan. Mobil memang dapat meningkatkan status sosial Anda.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa mobil berfungsi untuk membantu Anda dan keluarga dalam berkendara. Untuk itu, agar tidak menyesal setelah membeli mobil pertama Anda, usahakan untuk menyeimbangkan kedua hal tersebut.

Pastikan bahwa mobil yang Anda beli dapat menunjukkan pamor yang baik sekaligus dapat memberikan fungsinya yang maksimal sebagai kendaraan keluarga. Saat ini, tentu banyak perusahaan mobil yang berusaha membuat desain mobil yang menarik tanpa mengurangi kualitasnya.

Anda pun dapat mencatat beberapa merk mobil yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Setelah memiliki list pilihan mobil yang ingin dibeli dengan mempertimbangkan keinginan dan kebutuhan, barulah Anda dapat menentukan jenis mobil yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Dengan begitu, Anda mendapatkan mobil yang memenuhi fungsi dan model yang bagus dengan harga yang paling terjangkau. Jadi, pastikan bahwa Anda memang membutuhkannya.

2 dari 7 halaman

2. Lihat Tahun Pembuatan Kendaraan

Mobil dengan merek yang sama belum tentu memiliki kualitas yang seragam. Bukan tidak mungkin mobil yang Anda beli memiliki kualitas yang kurang memadai karena tahun pembuatannya yang tergolong lawas.

Untuk itu, saat akan membeli mobil, perhatikan dengan baik tahun pembuatan kendaraan tersebut. Yang pasti, mobil dengan tahun pembuatan terbaru akan memiliki fitur yang lebih mumpuni.

Namun, harganya juga biasanya akan menjadi lebih tinggi daripada mobil pada keluaran sebelumnya. Jadi, pertimbangkan tahun pembuatan mobil dengan harga serta fitur yang tersedia.

Jangan sampai hanya memilih mobil dengan harga yang sedikit lebih murah, Anda melewatkan fitur penting yang bisa Anda rasakan saat berkendara. 

3 dari 7 halaman

3. Selalu Lakukan ‘Test Drive’

Test drive dapat membantu Anda merasakan pengalaman mengendarai mobil yang akan dibeli. Dengan melakukan tes berkendara, Anda tentu dapat mengetahui rasanya berkendara di jalan raya dengan mobil tersebut.

Setelah itu, barulah Anda mengerti apakah mobil tersebut cocok dengan Anda. Biasanya, dengan melakukan test drive, Anda dapat mengetahui kenyamanan tempat duduk, ketepatan posisinya dengan postur tubuh Anda, dan lain sebagainya.

Untuk itu, selalu lakukan test drive terlebih dahulu pada mobil yang berniat Anda beli. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa mobil tersebut sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan butuhkan sebagai kendaraan sehari-hari.

 

4 dari 7 halaman

4. Pilih Mobil di Agen atau ‘Dealer’ Terpercaya

Karena harganya yang cukup mahal, Anda tentu tidak mau menjadi korban tindak penipuan saat membeli mobil. Untuk itu, pastikan untuk selalu membeli mobil idaman Anda di dealer terpercaya.

Selain tidak memiliki risiko penipuan, seperti, mendapat mobil dengan kualitas yang tidak layak pakai, harga yang ditawarkan juga wajar. Ditambah lagi, biasanya pihak dealer akan memberikan garansi resmi untuk mobil yang telah Anda beli.

Jadi, Anda dapat menggunakan garansi tersebut jikalau tiba-tiba mobil mengalami kendala. Anda pun tidak akan merasa dirugikan nantinya.

 

5 dari 7 halaman

5. Gunakan Metode Pembayaran yang Sesuai

Dengan harga yang mencapai ratusan juta, sebagian orang pasti memutuskan untuk membeli mobil dengan cara kredit. Meskipun harganya menjadi lebih mahal ketimbang saat membayarnya secara tunai, mobil sudah dapat dinikmati meski belum melunasi pembayaran.

Bagi Anda yang berniat membeli mobil dengan cara mencicil, pilih kredit mobil yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jika menginginkan cicilan perbulan yang kecil, Anda dapat mengakalinya dengan memberi uang muka yang lebih besar atau memilih tenor yang lama.

Dengan begitu, risiko tidak dapat melunasi tagihan kredit mobil tidak akan Anda alami. Bagaimana pun juga, risiko itu akan selalu ada. Jadi sebaiknya perhatikan segala sesuatunya dengan seksama.

 

6 dari 7 halaman

6. Ajukan Asuransi Kendaraan

Mengajukan asuransi kendaraan pada mobil yang baru saja Anda beli adalah hal yang wajib Anda lakukan. Karena risiko kecelakaan cukup tinggi saat berkendara dengan menggunakan mobil, kerugian karena musibah tersebut dapat segera tertutupi dengan bantuan asuransi.

Jadi, jika saat bertransaksi mobil Anda belum memiliki asuransi, segeralah untuk mendaftarkannya. Pastinya, baca dengan cermat segala ketentuan yang tercantum dan jenis kerusakan apa saja akan diganti oleh pihak asuransi yang Anda pilih.

7 dari 7 halaman

Puas dengan Mobil Pertama yang Dibeli

Memilih mobil yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan memang gampang-gampang susah. Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan saat akan membeli mobil pertama Anda. Dengan mempertimbangkan beberapa hal diatas, Anda pasti merasa puas dengan mobil pertama yang telah dibeli.

Loading
Artikel Selanjutnya
Wisata Selfie di Jakarta Makin Canggih, Pakai Teknologi Slow Mo hingga Imersif
Artikel Selanjutnya
Anda Tim Belanja Bulanan atau Harian, Cari Tahu di Sini