Sukses

Mentan Mimpi Pendapatan Petani Bisa Capai Rp 1.118 Triliun

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkap cita-cita pertanian dan perkebunan Indonesia ke depan, yaitu hilirisasi. Selain meningkatkan ekspor, pertanian dan perkebunan yang dihilirisasi bisa meningkatkan kesejahteraan petani.

Para petani diestimasikan berpendapatan hingga Rp 1.180 triliun. Hal itu dimulai dari gerakan membagikan bibit unggul secara gratis ke petani.

"Mimpi kita, kita kuasai dari upstream sampai downstream, dengan begitu pendapatan petani bisa mencapai Rp 1.180 triliun," ujarnya di Palangkaraya, Kamis (18/7/2019).

Adalah program BUN 500 yang menjadi inisiasi pemerintah untuk meningkatkan produksi komoditas berkualitas dari perkebunan Indonesia.

Nantinya jika bibit sudah terdistribusi dengan merata, pemerintah akan memanfaatkan setiap proses mulai dari hulu ke hilir.

Misalnya saja, memanfaatkan industri pengolahan untuk menghasilkan produk jadi yang tidak hanya bernilai tinggi, namun menyerap kerja di lingkup industri itu sendiri.

 

2 dari 3 halaman

Siapkan Kebun Benih

Saat ini, Kementan menyiapkan 50 unit pengembangan kebun sumber benih (nursery) dengan kapasitas hingga 200 juta batang. Dengan adanya nursery, benih yang dihasilkan bisa dikontrol dan proses replanting, rehabilitasi dan ekspansi akan difasilitasi pemerintah.

Melalui BUN 500 diharapkan nilai produksi perkebunan mencapai angka Rp 274,9 triliun serta tercapai peningkatan produktivitas hingga 3 kali lipat.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Belajar Jadi Petani Modern di The Learning Farm
Artikel Selanjutnya
Mencetak Petani Muda yang Pintar Komputer dan Bahasa Inggris di The Learning Farm