Sukses

4 Trik Siapkan Dana Pendidikan Anak dari Tabungan Emas

Liputan6.com, Jakarta - Pendidikan menjadi investasi bagi masa depan. Itulah mengapa hampir semua orangtua selalu berupaya keras untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak mereka.

Anak-anak harus mendapatkan pendidikan yang layak dan bisa menjadi bekal bagi mereka dalam meraih kesuksesan di masa yang akan datang. Demi memastikan hal ini, setiap orangtua tentu perlu memikirkan dan mempersiapkan biaya pendidikannya sejak dini.

Bagaimanapun juga sebagai orangtua, Anda tentu mengiginkan pendidikan terbaik untuk sang buah hati, bukan?

Biaya pendidikan tidak bisa dibilang murah, apalagi untuk belasan tahun yang akan datang, ketika anak sudah akan menempuh pendidikannya di bangku kuliah.

Jumlah biaya kuliah ini bahkan masih terus meningkat seiring dengan berlalunya waktu, sementara di lain sisi Anda harus mempersiapkannya dalam jumlah yang tepat dan mencukupi.

Menabung dalam bentuk emas menjadi salah satu pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Sebab emas memiliki nilai yang cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Dengan kenaikan harga sekitar 8-15 persen per tahunnya, investasi yang satu ini akan mampu mengimbangi biaya pendidikan yang rata-rata mengalami kenaikan sekitar 10 persen setiap tahunnya.

Jika melihat kenaikan yang hampir sama ini, maka menjadikan emas sebagai pilihan investasi untuk biaya pendidikan anak tentu sangat layak untuk dipertimbangkan.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara menyiapkan dana pendidikan anak hanya dari tabungan emas.

1. Pilih Bentuk Tabungan Emas yang Tepat

Tabungan emas seperti apa yang Anda inginkan? Apakah Anda ingin menabung dalam bentuk emas fisik atau dalam bentu virtual sebagaimana tabungan yang disimpan di bank?

Saat ini Anda bisa leluasa untuk memilih jenis tabungan emas yang paling tepat dan tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda termasuk orang yang terbiasa dan lebih nyaman menyimpan emas dalam bentuk fisik, maka tak ada salahnya menabung emas berupa kepingan atau batangan saja.

Namun hal ini tentu akan membuat Anda harus memiliki kemampuan yang baik untuk menyimpan sendiri emas tersebut dengan aman.

Tapi jika Anda termasuk orang yang praktis dan tidak ingin dipusingkan dengan proses penyimpanan emas yang juga berisiko, maka memilih tabungan emas dalam bentuk virtual adalah keputusan terbaik.

Saat ini ada banyak bank dan juga lembaga keuangan lainnya yang menyediakan layanan tabugan emas. Anda hanya perlu memilih salah satu yang paling tepat.

Anda menyetorkan sejumlah dana, baik itu secara langsung ataupun transfer dan dana ini akan dikonversi langsung menjadi bentuk emas sesuai dengan nilainya. Jika kelak Anda ingin mencairkannya, maka Anda bisa mencairkan dalam bentuk uang tunai atau kepingan emas/batangan.

2 dari 3 halaman

2. Segera Mulai dari Sekarang sesuai Dana yang Anda Punya

Tidak perlu menunggu hingga Anda memiliki dana untuk membeli emas batangan 100 gram. Tabungan emas memungkinkan Anda menabung dalam pecahan yang kecil sekalipun.

Sebut saja pegadaian, lembaga ini memungkinkan Anda manabung emas mulai dari Rp10 ribu saja. Jangan menunda-nunda melakukan investasi dalam bentuk emas, karena Anda bahkan bisa memulainya saat ini juga.

Alokasikan dana yang Anda punya saat ini atau sesuai dengan rencana tabungan rutin bulanan yang telah Anda susun sejak awal. Hal ini tidak akan sulit dan dengan sendirinya Anda akan terbiasa menabung seperti ini.

3. Fokus dan Terus Berkomitmen

Sama dengan proses menabung lainnya, menabung dalam bentuk emas ini juga tentu akan dibarengi dengan beragam godaan. Hindari berbagai godaan yang datang dan membuat Anda berniat untuk mencairkan tabungan emas, mengingat dana ini akan Anda gunakan untuk pendidikan si kecil di masa yang akan datang.

Fokuslah pada tujuan Anda tetapkan dan teruslah berkomitmen yang tinggi. Sehingga rencana Anda menyiapkan dana pendidikan anak bisa terpenuhi dengan baik.

3 dari 3 halaman

4. Lakukan Pencairan di Waktu Terbaik

Jangan buru-buru mencairkan tabungan emas Anda, terutama jika dana ini belum akan digunakan untuk tujuan awalnya. Pastikan Anda hanya melakukan pencairan di waktu terbaik, di mana harga emas memang tinggi dan benar-benar bisa menutupi kebutuhan biaya pendidikan anak Anda.

Selain itu, pencairan ini tentu perlu Anda lakukan hanya ketika anak memang membutuhkan dana pendidikan tersebut. Jadi, pastikan tabungan emas Anda hanya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak.

Rencanakan Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas

Biaya pendidikan anak memang tidaklah murah, sehingga pilihan untuk menabung dalam bentuk emas merupakan keputusan yang tepat.

Segera hitung dan rencanakan biaya pendidikan anak Anda sekarang juga, sehingga segalanya bisa disiapkan dengan baik. Fokus dan milikilah komitmen kuat untuk menabung emas ini secara rutin agar pendidikan anak di masa depan bisa terjamin.