Sukses

Sebelum Investasi Emas, Wajib Tahu Istilah Berikut Ini!

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum memutuskan berinvestasi, Anda harus sudah benar-benar mengetahui alur dan cara kerja dari investasi yang diinginkan. Tujuannya, agar Anda tidak salah kaprah dan salah pilih.

Jika berminat untuk menginvestasikan uang ke dalam bentuk emas, ini adalah istilah yang wajib Anda ketahui, seperti dikutip dari Swara Tunaiku.

1. Bullion

Bullion merupakan istilah umum yang digunakan untuk menyebut batangan emas, perak murni, atau koin yang Anda gunakan sebagai aset investasi.

2. Commodity Exchange

Commodity exchange, disingkat COMEX, merupakan salah satu divisi bursa komoditas New York yang terkenal dalam bursa perdagangan untuk bidang metal, seperti emas, perak, tembaga, dan aluminium.

Selain COMEX, terdapat juga bursa perdagangan komoditas lainnya, yakni Tokyo Commodity Exchange (TOCOM) dan London Metal Exchange (LME).

2 dari 6 halaman

3. Grade

Untuk menunjukkan tingkat kemurnian atau kualitas emas, digunakan istilah grade atau peringkat. Produk di tiap bursa emas memiliki grade dan harga yang berbeda, tergantung dari kualitas produk yang disediakan. Semakin baik grade suatu produk, harganya juga akan semakin mahal.

4. Karat

Karat atau umumnya dikenal dengan singkatan kt atau ct merupakan tolok ukur yang digunakan untuk menentukan kemurnian emas. Skala tertinggi adalah 24 karat yang menunjukkan emas tersebut merupakan emas murni.

Untuk mengetahui karat emas, bisa dihitungan dengan menggunakan rumus X = 24 (Mg/Mm). X merupakan peringkat karat, Mg merupakan massa emas murni dalam satu barang, dan Mm merupakan massa keseluruhan sesuatu barang.

3 dari 6 halaman

5. Troy Ounce

Troy ounce atau troy ons, disingkat t oz, memiliki nilai sama dengan 31,1 gram untuk tiap satuannya dan merupakan satuan yang umumnya digunakan untuk mengukur berat emas, baik batangan maupun koin.

6. Gold Reserve

Keseluruhan jumlah emas yang disimpan di bank sentral atau dalam kas suatu negara disebut sebagai gold reserve atau cadangan emas. Cadangan emas ini berkontribusi dalam penerbitan uang dan obligasi.

4 dari 6 halaman

7. Pool Account

Ketika di dalam transaksi jual-beli emas Anda memutuskan untuk menyimpan emas di dealer atau di toko, Anda dapat menggunakan pool account.

8. Dinar dan Dirham

Dinar merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut koin emas yang memiliki tingkat kemurnian 22 karat, dengan berat 4,25 gram.

Sedangkan Dirham merupakan sebutan untuk koin perak murni yang memiliki berat 2,975 gram.

5 dari 6 halaman

9. Emas Lantakan

Istilah ini merupakan nama lain untuk menyebut emas batangan.

10. Fineness

Untuk mengukur tingkat kemurnian suatu emas, bisa juga dengan menggunakan fineness. Emas batangan dengan tingkat kemurnian 24 karat yang diproduksi Antam memiliki tingkat kemurnian mencapai 99,9 persen secara fineness.

6 dari 6 halaman

11. Kitco

Kitco merupakan perusahaan asal Kanada yang memproduksi dan menjalankan bisnis emas. Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan berbagai informasi yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran.

12. London Gold Fix

London Gold Fix merupakan istilah yang digunakan sebagai patokan harga emas dalam transaksi jual-beli. Harga emas yang mengikuti USD dapat berubah kapan saja, karena itu London Gold Fix bisa muncul sampai dua kali dalam satu hari.

Artikel Selanjutnya
10 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Jadi Sumber Keborosan
Artikel Selanjutnya
Tiru, 4 Cara Tepat Bikin Hari Makin Produktif