Sukses

Eric Yuan Berhasil Jadi Miliarder Berkat Pidato Bill Gates

Liputan6.com, Los Angeles - CEO Zoom, Eric Yuan sebelum menjadi seorang miliarder yang mampu memiliki perusahaan software yang memiliki nilai seharga USD 16 miliar ini dulunya merupakan orang biasa.

Dilansir dari laman CNBC, Yuan dapat menjadi sukses seperti ini berkat mendengar pidato CEO Microsoft Bill Gates mengenai prospek Internet. Saat itu, ia masih berusia 20 tahun dan tengah bekerja di Jepang selama beberapa bulan. Sementara Bill Gates masih berusia sekitar 30 tahun saat memberikan pidato tersebut.

Setelah mendengarkan pidato Bill Gates, Yuan menyadari jika internet juga dapat menjadi masa depan yang baik bagi dirinya. Untuk itu, ia memutuskan pindah dari China ke AS untuk memulai perjalanan kariernya dalam industri teknologi.

Meskipun visa pertama Yuan sempat ditolak oleh AS, namun ini tidak membuatnya putus asa. Ia selalu mencoba selama dua tahun hingga akhirnya visa miliknya dapat lolos dipercobaan ke-sembilan kalinya.

Pada 1997, pria yang saat ini berusia 49 tahun berhasil tiba di AS. Mulanya, ia sama sekali tidak dapat berbahasa Inggris, namun ia tahu bagaimana cara menulis kode komputer hingga mendapatkan pekerjaan dari WebEx. Yuan menjadi salah satu dari ratusan karyawan yang dijual ke Cisco satu dekade kemudian.

 

2 dari 2 halaman

Perjalanan Yuan Jadi Miliarder

Berkat kemampuannya, Yuan berhasil menjadi wakil presiden Cisco dalam bidang teknik. Namun, Yuan memilih meninggalkan perusahaan ini pada 2011 untuk mendirikan perusahaannya sendiri, Zoom.

Delapan tahun yang lalu saat Yuan telah berhasil mendirikan perusahaan ini, ia hanya bisa melamun karena tak menyangka idenya telah dapat membuatnya berhasil.

Saat ini, Zoom telah memiliki pegawai hingga 1.300 orang di seluruh dunia dan keuntungan yang didapatkan perusahaan ini juga meningkat menjadi lebih dari USD 330 juta pada tahun lalu. Tidak hanya itu saja, berkat melakukan IPO saham perusahaan ini naik 80 persen.

Yuan juga memiliki 22 persen saham dalam perusahaan ini. Berdasarkan data perusahaan, nilai saham Yuan mencapai lebih dari USD 3,5 miliar.