Sukses

5 Jurus Anti Bokek Usai Liburan

Liputan6.com, New York - Liburan memang menyenangkan, apalagi kalau kita bisa eksplorasi tempat-tempat yang diinginkan, belajar kebudayaan, menikmati pemandangan dan lainnya.

Dibalik itu, ada perjuangan yang berat dalam menikmati liburan menyenangkan. Ya, menabung. Pasti kita ingin berlibur dengan nyaman secara finansial. Tapi, kadang kalau sudah tekad menabung, kita justru dihadapkan pilihan penting yang akhirnya malah membuat semua uang habis.

Dilansir dari laman The Street, supaya tidak terjadi lagi, coba ikuti 5 cara atur uang untuk berlibur yang menyenangkan dan tidak bikin bangkrut:

1. Cek Lokasi

Simple saja, misalnya Anda ingin berlibur ke suatu pulau untuk menikmati pantainya. Pilihlah lokasi penginapan yang dekat dengan pantai. Lain halnya kalau Anda ingin berlibur di pusat kotanya, carilah lokasi penginapan di kota.

Bukan masalah kendaraan, tapi itulah cara berhemat supaya Anda tidak perlu keluar uang lagi untuk transportasi. Meskipun Anda membawa kendaraan, jauh lebih hemat kalau tempat wisatanya dekat dengan tempat menginap, bukan?

Kalaupun Anda menginap di tempat yang jauh dari lokasi wisata dan murah, tetap saja ada ongkos dari dan ke lokasi wisata yang membebankan. Sama saja, bukan?

 

2 dari 3 halaman

2. Pesan Tiket Saat Pertengahan Minggu

Pertengahan minggu, seperti hari Rabu dan Kamis adalah waktu yang baik dan tepat untuk memesan tiket hotel dan pesawat karena lebih murah dari waktu reguler.

Tapi, tetap manfaatkan aplikasi pencari tiket murah seperti Skyscanner untuk memastikan tanggal adanya tiket murah yang tepat.

3. Jangan Gunakan Kartu Kredit

Bukankah lebih praktis karena bisa diterima di seluruh dunia? Memang benar, tapi tagihan Anda bisa membengkak karena pajak dan biaya lain-lain dalam penarikan kartu kredit berbeda-beda tiap negara.

Lebih baik bawa uang tunai secukupnya untuk jalan-jalan, yang tentunya sudah ditukarkan di Money Changer. Kalau dirasa kurang, Anda boleh sesekali menggesek kartu kredit atau mengambil lagi di ATM, asal jangan keseringan.

 

3 dari 3 halaman

4. Jangan Makan di Lokasi Wisata

Makan di lokasi wisata pasti harganya akan lebih mahal. Kalau mau, carilah makanan murah yang agak jauh dari sana, namun tetap bisa dijangkau dengan berjalan kaki atau naik ojek.

Selain itu, jangan makan di restoran karena pasti mahal. Banyak makanan kaki lima yang tak kalah enak tapi masih ramah di kantong.

5. Gunakan Transportasi Umum (Jika di Luar Negeri)

Kalau Anda berlibur di Indonesia, transportasi umum memang lebih banyak di kota besar, oleh karenanya opsi terbaik masih menggunakan kendaraan pribadi, atau menyewa kendaraan per hari.

Rental motor bisa merogoh kocek Rp 70 ribu per hari dan mobil Rp 300 ribuan per hari, tergantung tipenya.

Tapi kalau berlibur ke luar negeri, gunakan saja transportasi umum. Di sana, transportasi umum sudah tertata dengan baik di seluruh penjuru negeri, seperti Jepang dan Jerman. Harganya cukup mahal, tapi standar di sana. Namun dibandingkan taksi, tentu transportasi umum akan jauh lebih murah.

Opsi lainnya, manfaatkan fitur ride sharing dari aplikasi ojek online. Mekanisme, kita berbagi ongkos dengan orang lain yang tujuan sama dengan kita. Jauh lebih hemat.

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Kebiasaan Unik Warren Buffet Berhemat
Artikel Selanjutnya
4 Kesalahan Fatal Milenial Saat Atur Duit Menurut Para Ahli