Sukses

Kuartal I 2019, Bank Danamon Salurkan Kredit Rp 138,04 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) mencatatkan total portofolio kredit dan trade finance bank tumbuh enam persen menjadi Rp 138,04 triliun hingga kuartal I 2019. Pada periode sama tahun lalu, perseroan membukukan kredit Rp 130 triliun.

Direktur Keuangan PT Bank Danamon Tbk, Satinder Ahluwalia memaparkan, pertumbuhan ini didorong didorong oleh permintaan konsumen yang kuat di sejumlah segmen kunci, seperti consumer mortgage dan pembiayaan kendaraan bermotor melalui Adira Finance. 

"Untuk pembiayaan kendaraan bermotor, Adira Finance membukukan pertumbuhan pembiayaan sebesar 14 persen secara setahunan menjadi Rp 52,6 triliun pada kuartal pertama tahun 2019," kata dia di Menara Danamon, Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Dia menuturkan, pembiayaan kredit kendaraan bermotor tumbuh hingga 14 persen didukung oleh kenaikan pembiayaan kendaraan roda dua dan roda empat  yamg tumbuh masing-masing 14 persen dan 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Terkait kinerja, kredit yang kami salurkan terus bertumbuh khususnya di sejumlah segmen bisnis, termasuk consumer mortgage, pembiayaan kendaraan bermotor, enterprise banking dan Perbankan UKM,” ujar dia.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

NPL Bank Danamon

Bank Danamon juga mencatatkan kualitas aset yang sehat, dengan posisi rasio kredit bermasalah (non-performing loans/NPL) menjadi 2,8 persen dibandingkan 3,2 persen setahun sebelumnya. 

Portofolio kredit consumer mortgage tumbuh 27 persen menjadi Rp 8,3 triliun. Sementara kredit di segmen enterprise banking yang terdiri dari Perbankan Korporasi, Perbankan Komersial dan Institusi Keuangan naik 7 persen menjadi Rp 39,5 triliun.

Untuk segmen perbankan UKM mencatatkan pertumbuhan sebesar enam persen menjadi Rp 31,1 triliun.Di luar perbankan mikro, total portofolio kredit dan trade finance tumbuh 10 persen menjadi Rp 136,4 triliun  dibandingkan setahun sebelumnya.

Kualitas aset juga membaik. Bank Danamon terus mempertahankan kualitas asetnya melalui penerapan prosedur pengelolaan risiko yang pruden serta proses collection dan credit recovery yang disiplin. Rasio kredit bermasalah atau NPL tercatat di posisi 2,8 persen dibandingkan 3,2 persen di akhir kuartal I 2018.

"Sedangkan rasio biaya kredit (Cost of Credit Ratio) berada di posisi 2,4 persen pada akhir kuartal pertama 2019 dibandingkan 2,5 persen setahun sebelumnya," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Jasa Marga Raup Laba Rp 584,83 Miliar pada Kuartal I 2019
Artikel Selanjutnya
Penjualan Semen Baturaja Naik 8 Persen hingga Maret 2019