Sukses

7 Tips Jitu PDKT tapi Tetap Hemat

Liputan6.com, Jakarta Pendekatan alias PDKT selalu saja jadi suatu hal yang menarik untuk dibahas. Apalagi jika baru punya gebetan yang pas di hati. Beragam rutinitas seolah bisa berubah menyesuaikan dengan sang gebetan.

Terkadang sebagian orang bahkan meski baru punya gebetan saja, tapi serasa sudah seperti pacaran. Hal ini tentu saja karena tingginya aktivitas yang dihabiskan bersama dengan sang gebetan, seperti telepon, chatting, video call, bahkan bepergian dan menikmati waktu bersama.

Nah, kalau sudah urusan jalan keluar bersama gebetan, ujung-ujungnya pasti butuh modal. Kalau tidak pintar-pintar mengaturnya, bisa-bisa keuangan jebol hanya karena demi PDKT.

Tapi tak perlu khawatir, simak tujuh tips jitu PDKT tetap hemat berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Anggarkan dan Siapkan Pengeluaran Ekstra

Meski belum resmi pacaran, punya gebetan juga akan memengaruhi kondisi keuangan seseorang. Sebab berbagai kebiasaan mungkin saja berubah, mulai dari kebiasaan makan, hobi dan lainnya.

Semua ini tentu akan membawa perubahan jumlah uang keluar yang Anda butuhkan setiap bulannya. Artinya, Anda harus menata kembali keuangan dan mulai mengatur bujet ekstra untuk mendukung aktivitas baru bersama gebetan.

2 dari 4 halaman

2. Beri Kado jika Mampu dan Seperlunya Saja

Memberi kejutan dan kado merupakan bumbu penyedap yang sering dilakukan di masa PDKT. Sah-sah saja selama Anda punya kemampuan keuangan yang baik untuk urusan yang satu ini.

Selain itu, lihat juga waktu yang tepat untuk memberi kado. Meski Anda mampu, bukan berarti Anda harus memberi kado tiap minggu juga, kan?

3. Tak Perlu Gengsi, Tetaplah Apa Adanya

Meski Anda begitu senang karena sudah punya gebetan baru, pastikan kantong juga tetap tenang dan tidak selalu terburu-buru mengeluarkan uang. Hindari untuk selalu menjaga gengsi Anda di depan gebetan, terutama terkait dengan penampilan.

Membeli berbagai pakaian dan sepatu baru hanya demi ketemu gebetan selama satu dua jam saja tentu sangat berlebihan. Apalagi jika ternyata gaji Anda saat ini masih sangat pas-pasan.

Bukannya bahagia karena memiliki gebetan, sikap seperti ini akan membuat Anda bangkrut dan mengalami masalah setiap bulannya. Hindari hal ini dan biasakanlah bersikap dan tampil apa adanya di depan gebetan, agar Anda merasa nyaman dan tenang.

3 dari 4 halaman

4. Pertimbangkan Jarak dan Biaya

Mengunjungi gebetan sesekali di rumahnya mungkin akan menjadi salah satu pembuktian keseriusan Anda padanya. Namun, perhatikan dahulu di mana rumahnya dan bagaimana jarak dengan tempat tinggal Anda.

Jika ternyata rumah gebetan di Bandung sementara Anda tinggal di Jakarta, maka menemuinya tentu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga di jalan.

Semua hal-hal seperti ini wajib menjadi pertimbangan saat PDKT. Jangan pernah mengabaikannya agar aktivitas PDKT Anda tidak hanya berujung pemborosan dan waktu yang sia-sia belaka.

5. Tetap Ingat Waktu untuk Mengembangkan Diri

Jangan sampai Anda lupa waktu dan juga beragam prioritas di dalam hidup, hanya karena Anda begitu sibuk menghabiskan waktu bersama gebetan. Tetaplah luangkan waktu untuk diri sendiri, di mana Anda tetap bisa leluasa beraktivitas dan mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi.

4 dari 4 halaman

6. Makan Malam Romantis di Rumah Saja

Agar PDKT bisa berjalan lancar, upaya melakukan hal yang romantis seolah wajib dilakukan. Makan malam romantis di salah satu restoran favorit tentu menjadi salah satu cara untuk menikmati waktu yang menyenangkan, namun hal ini tentu akan membutuhkan bujet yang tidak sedikit.

Agar hemat dan tetap romantis, Anda dan gebetan bisa saja menikmati makan malam bersama di rumah. Anda bahkan bisa menikmati banyak waktu bersama, mulai dari belanja kebutuhan makan malam hingga menyiapkannya sendiri di dapur.

7. Berhemat dan Tetap Lihat Kebutuhan Anda

Melakukan penghematan di dalam keuangan akan menjadi langkah jitu yang bisa Anda tempuh untuk tetap mengamankan keuangan di masa PDKT. Hal ini bisa Anda lakukan dengan banyak cara, seperti memanfaatkan wifi gratis di area publik saat senggang, menghindari belanja barang-barang yang tidak penting, dan lainnya.

Selain itu, tetap cermati dan prioritaskan kebutuhan pokok Anda, terutama jika masih tinggal sendiri dan terbiasa mengurus segala sesuatu kebutuhan seorang diri.

Tetap Jaga Kondisi Keuangan Selama PDKT

Memiliki gebetan sering membuat orang terlalu bersemangat, termasuk ketika membelanjakan uang mereka. Hal ini tentu cukup berisiko, apalagi jika Anda termasuk orang yang baru memiliki penghasilan pas-pasan.

Cermati hal ini dengan baik dan tetaplah menjaga pengeluaran dengan ketat, agar kondisi keuangan Anda tetap aman selama masa PDKT dengan gebetan.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Ide Desain Undangan Nikah, Anda Pilih yang Mana?
Artikel Selanjutnya
Agar Tak Boros, Begini Cara Bedakan Kebutuhan dan Keinginan