Sukses

Negara Balkan Ini Jadi Lokasi Wisata Termurah di Eropa

Liputan6.com, Sofia - Bulgaria dilaporkan sebagai tujuan destinasi wisata paling hemat biaya di Eropa. Tempat wisata populer tersebut adalah resor Sunny Beach di bagian barat negara balkan ini.

Melansir BBC, resor di tepi Laut Hitam menempati posisi satu dalam daftar tempat liburan terjangkau versi laporan Post Office Travel Money. Biaya liburan di Sunny Beach juga sedang turun 10,7 persen dari tahun sebelumnya.

Terdapat tujuh faktor yang dinilai Post Office, di antaranya segelas kopi, sebotol bir, hidangan makan malam, sampai harga 1,5 liter botol air mineral.

Sunny Beach terpantau memberikan harga lebih murah pada hidangan makan malam untuk dua orang yakni seharga 21,88 pound sterling atau Rp 406 ribu (1 pound sterling = Rp 18.500). Sementara, harga segelas anggur adalah 1,17 poound sterling (Rp 21.645).

Harga-harga itu lebih murah dari dua kota wisata murah lainnya, yakni Algarve di Portugal (peringkat dua) dan Marmaris di Turki (peringka tiga).

Salah satu yang lebih mahal di Sunny Beach ketimbang pesaingnya adalah harga segelas kopi yang mencapai 0,70 pound sterling (Rp 12.950), sementara di Algarve hanya 0,57 poundsterling (Rp 10.545).

Ternyata, terjangkaunya harga wisata di Eropa adalah usaha menarik turis Inggris Raya. "Turunnya harga-harga bisa menjadi indiskasi bahwa bisnis turisme di resor-resor Eropa ingin menarik pengunjung dari Inggris dan akan mempertahankan harga rendah demi hal itu," ucap pemimpin Post Office, Nick Boden.

2 dari 7 halaman

5 Negara Termurah di Dunia untuk Liburan

Saat ini banyak orang yang berlibur ke luar negeri. Negara seperti Inggris, Prancis, Spanyol hingga Yunani punya daya tarik yang bisa membuat berjuta-juta orang datang ke sana

Tapi, sebagian besar negara tersebut cukup mahal untuk disambangi. Untuk tiket pesawatnya saja Anda mungkin harus menyiapkan uang hingga belasan juta rupiah. Orang yang ingin berwisata ke luar negeri. Banyak yang memilih ke Eropa, namun tidak jarang juga yang pergi ke negara Asia.

Jangan khawatir, negara-negara alternatif ini punya destinasi wisata yang apik dan ciamik tanpa harus membuat rekening Anda jebol. Berikut negara termurah untuk berwisata dilansir dari San Diego Entertainer Magazine:

3 dari 7 halaman

1 China

Negara dengan penduduk terbanyak di dunia ini merupakan salah satu negara termurah dengan destinasi yang ciamik untuk liburan. Anda bisa mencari akomodasi murah seharga USD 20 per malam atau sekitar Rp 282 ribu saja.

Tidak perlu khawatir juga pergi kemana-mana karena ada transportasi publik yang hanya merogoh kocek USD 3 hingga USD 5, atau sekitar Rp 40 ribu hingga Rp 70 ribu sekali jalan. Makanan yang tersedia juga murah dan rasanya masih bisa diterima oleh lidah kita.

4 dari 7 halaman

2. Eropa Timur

Negara-negara di Eropa Timur seperti Bulgaria, Romania, Ukrania dan lainnya punya pemandangan eksotis yang tidak boleh Anda lewatkan. Menariknya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati liburan di salah satu negara termurah ini.

Hampir seluruh akomodasi, makanan dan transportasi bisa Anda dapatkan di bawah USD 100 atau sekitar Rp 1,4 juta. Plus, negara-negara Eropa Timur lebih leluasa untuk dieksplorasi karena tidak terlalu ramai seperti Inggris atau Prancis.

5 dari 7 halaman

3. Korea Selatan

Salah satu negara yang terkenal dengan budaya K-Popnya ini juga mulai dilirik sebagai destinasi wisata utama. Salah satu negara termurah memiliki budaya yang menakjubkan mulai dari makanan khas yang lezat, kehidupan malam yang menyenangkan dan desa-desa indah yang menarik untuk dikunjungi.

Tidak perlu was-was akan biaya liburan di sini, karena 1 won sama dengan Rp 12. Hotel-hotel seharga 80 ribu Won atau sekitar Rp 1 jutaan bisa Anda dapatkan dengan fasilitas yang lengkap dan mewah. Untuk backpacker, pastinya lebih murah lagi.

6 dari 7 halaman

4. Thailand

Negeri gajah putih yang dikenal karena eksotisme tempat wisatanya ini wajib Anda kunjungi dalam rangka tur negara-negara Asia. Pantai yang indah, petualangan di hutan (tentunya aman) yang menegangkan, hiking, memancing dan berburu jajanan pasar yang lezat bisa Anda dapatkan dengan harga murah. Anda bisa mengeluarkan USD 50 atau sekitar Rp 707 ribu saja per hari. Hemat dengan paket penuh.

7 dari 7 halaman

5. India

Satu lagi negara termurah untuk berwisata, India. Di India, Anda bisa menikmati indahnya kota dengan destinasi wisata seperti Taj Mahal dan candi-candi Hindu yang sarat akan budaya. 1 Rupee sama dengan Rp 200, jadi Anda bisa menikmati liburan tanpa khawatir akan kehabisan uang.

Satu harinya diperkirakan akan merogoh kocek sekitar Rp 424 ribu, tapi jika ingin menginap di hotel yang lebih mahal, Anda mungkin akan menghabiskan Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta per hari.

Loading
Artikel Selanjutnya
Toilet di Mal Serpong Ini Bernuansa Eropa Klasik
Artikel Selanjutnya
Kala Orang Eropa Terpaksa Makan Kucing Akibat Erupsi Gunung Tambora