Sukses

Lebih Untung, Begini Cara Tukar Uang Asing untuk Travelling ke Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda punya rencana berlibur ke luar negeri tahun ini? Liburan ke luar negeri memang menjadi salah satu mimpi para pelancong.

Pesona budaya dan alam negeri orang kadang menjadi daya tarik sendiri untuk dijelajahi. Namun untuk bisa berlibur ke luar negeri memang butuh uang tak sedikit.

Untuk urusan uang, mata uang di negeri sendiri sudah pasti berbeda dengan negeri lain. Oleh sebab itu, Anda harus menukarkan mata uang terlebih dahulu sebelum berangkat.

Nah, dalam penukaran mata uang asing, biasanya ada sedikit penurunan nilai karena perbedaan nilai tukar. Sebenarnya, hal tersebut bisa disiasati.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa menukarkan uang dengan mudah dan murah. Bagaimana caranya? Berikut cara tukar uang asing murah untuk travelling ke luar negeri, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Jangan Menukarkan Uang di Negara Bermata Lebih Menguat

Seperti kita tahu, nilai tukar rupiah memang cenderung selalu lebih rendah atau melemah ketimbang mata uang negara lain terutama negara maju, seperti negara-negara di eropa, kemudian Amerika Serikat, bahkan beberapa negara di Asia sendiri.

Tengok saja dolar AS atau euro, bahkan ringgit Malaysia sekalipun lebih menguat ketimbang rupiah, bukan? Oleh karena itu, jika memang Anda berniat ingin travelling ke luar negeri, lebih baik tukarkan mata uang negara tujuan di negeri sendiri saja sebelum berangkat.

2 dari 3 halaman

2. Pantau Kurs dan Tukarkan dari Jauh-Jauh Hari

Tukarkan uang asing negara tujuan travelling tersebut dari jauh-jauh hari untuk mengantisipasi terjadinya harga mata uang asing tersebut mahal. Perlu diingat, nilai tukar selalu bergerak fluktuatif setiap harinya.

Selain itu, terus pantau juga pergerakan nilai tukar (kurs) antara rupiah dengan mata uang negara tujuan travelling tersebut, ketika sewaktu-waktu rupiah menguat, Anda bisa langsung menukarkannya. Sehingga Anda bisa mendapatkan harga mata uang asing lebih murah.

3. Jangan Tukarkan Uang pada ‘Currency Exchange Booths

Saat tiba di bandara negara tujuan, Anda dapat melihat Currency Exchange Booths di sekitar area bandara. Bentuknya seperti box menyerupai mesin ATM.

Jangan tergoda untuk menukarkan uang kamu di sana. Ini karena box tersebut akan membebankan potongan yang lumayan cukup tinggi apabila Anda menukarkan uang di box tersebut.

3 dari 3 halaman

4. Bandingkan Harga Uang Asing di Beberapa ‘Money Changer’

Untuk mendapatkan harga penukaran mata uang asing yang lebih murah lagi, Anda bisa mencari informasi beberapa tempat penukaran uang. Pilih money changer yang menawarkan harga lebih murah ketimbang lainnya.

Dan tukarkan uang sebelum berangkat ke luar negeri. Jangan menunggu menukarkan uang di money changer yang berada di negara tujuan travelling.

5. Jangan Menukarkan Uang ke Orang Asing

Tempat yang paling aman untuk menukarkan uang tentunya adalah money changer. Jangan sekali-kali mencoba menukarkan uang asing ke orang individu yang tidak diketahui latar belakang dan tentunya tidak ada izin perdagangan valuta asing (valas).

Sebab Anda tidak akan mendapat jaminan apakah uang tersebut asli atau ternyata uang palsu. Meski ditawarkan dengan harga murah sekalipun, sebaiknya hindari.

Bila ternyata Anda mendapatkan uang palsu, bukannya untung tapi malah buntung, bukan? Dan Anda tidak bisa menuntut apa-apa karena memang perdagangan tersebut ilegal.

Cerdaslah dalam Menukarkan Uang Asing sebelum ‘Travelling

Agar rencana travelling ke luar negeri bisa berjalan dengan baik dan lancar sebagaimana mestinya, sebaiknya persiapkan segala sesuatu yang menyangkut kebutuhan untuk travelling ke luar negeri itu dengan baik, termasuk urusan penukaran uang asing.

Hal yang paling aman dan mudah dilakukan adalah menukarkan uang di negeri sendiri sebelum jalan-jalan ke luar negeri. Sebab Anda akan lebih mudah menemukan money changer karena tentunya Anda sudah tahu betul di mana lokasinya dan cara yang mudah untuk mencapai tempat tersebut.

Dengan mempersiapkan segala sesuatunya sejak awal, tentu liburan akan semakin berkesan dan selalu ingatlah untuk cerdas dalam menukarkan uang asing untuk bekal travelling ke luar negeri.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Cara Wujudkan Impian Jalan-Jalan Keliling Dunia
Artikel Selanjutnya
Dapat 2 Tawaran Kerja Sekaligus? Ini Cara Memilihnya