Sukses

Gadis 16 Tahun Jadi Miliarder Berkat Disney Beli Fox

Liputan6.com, New York - Disney telah resmi membeli aset 21st Century Fox senilai USD 71 miliar atau sekitar Rp 1.015 triliun (USD 1 = Rp 14.307). Dengan akuisisi ini, bintang-bintang 21st Century Fox seperti X-Men sudah satu payung dengan produksi Disney.

Pendiri 21st Century Fox adalah miliarder dunia media: Rupert Murdoch. Berkat deal dengan Disney, porsi sebesar USD 12 miliar (Rp 171 triliun) akan Murdoch bagikan ke enam anaknya, demikian laporan Business Insider.

Miliarder asal Australia itu memiliki enam anak dari tiga pernikahan berbeda. Mereka adalah Prudence (61), Elisabeth (50), Lachlan (47), James (46), Grace (18), dan Chloe (16).

Setelah pembagian resmi terwujud, maka mereka berenam akan menjadi miliarder. Chloe pun berpotensi menjadi miliarder termuda di dunia.

Mengikuti jejak sang ayah, Prudence, Elisabeth, dan Lachlan bekerja di dunia media. James juga sebetulnya bekerja di perusahaan bapaknya, tetapi sekarang mulai tertarik ke dunia investasi dan anggota dewan direksi Tesla.

Kekayaan Murdoch saat ini senilai USD 7,3 miliar (Rp 104 triliun). Itu menurun dari sebelumnya yakni USD 19,3 miliar (Rp 276,1 triliun) akibat adanya restrukturasi kekayaan.

Pengaruh Murdoch di dunia media amatlah besar dan kerap disebut "Murdoch Empire" dan sang miliarder merupakan pendiri News Corp. Beberapa media di bawah News Corp adalah The Times, The Australian, The Wall Stret Journal, Marketwatch, dan banyak lainnya.

2 dari 2 halaman

Disney Caplok 21st Century Fox Senilai Rp 1.000 Triliun

Sebelumnya dikabarkan, Walt Disney resmi membeli 21st Century Fox senilai USD 71 miliar . Dengan ini semua serial Fox seperti The Simpsons sudah menjadi milik Disney.

"Ini adalah momen luar biasa dan bersejarah bagi kami, momen yang akan menciptakan nilai jangka panjang yang signifikan bagi perusahaan dan shareholder kamis," ucap CEO The Walt Disney Company Robert Iger dalam situs resmi perusahaan.

Ia pun percaya hal ini bisa memadukan kreativitas antara Disney dan 21st Century Fox, serta memberikan posisi lebih baik untuk memimpin industri hiburan dunia.

Dengan ini, Star Wars, X-Men, Modern Family, hingga The Simpsons sudah berada di satu manajemen. Ini pun membuka peluang bergabungnya X-Men dan Avengers, sebab sebelumnya karakter X-Men telah dilisensi oleh Fox.

Dilaporkan Business Insider, Disney juga bertujuan kemampuan melawan kompetitor perusahaan seperti Netflix dan Amazon. Dua perusahaan tersebut yang sedang berlomba eksistensi di dunia streaming dengan Amazon merilis layanan Prime.

Akusisi Disney ini juga memuluskan jalan Disney untuk meluncurkan layanan streaming Disney Plus mereka di tahun ini. Disney Plus akan menyajikan lima kategori: Disney, Pixar, Marvel, Star Wars, dan National Geographic. Biaya perbulannya ditaksir sebesar USD 5 atau Rp 70 ribu.

Sekadar catatan, Fox Corp yang memiliki Fox News, Fox Sports, dan Fox Broadcasting, tidak termasuk ke dalam kesepakan ini. Nama mereka di Nasdaq pun dibedakan antara FOX dan FOXA untuk 21st Century Fox.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pria Ini Bisa Tirukan Suara 10 Penyanyi Indonesia, Mirip Banget
Artikel Selanjutnya
Disney Rilis Teaser Mulan, Begini Pro dan Kontra Warganet