Sukses

6 Jenis Usaha Rumahan dengan Modal Kecil, Bisa Dapatkan Untung yang Besar

Liputan6.com, Jakarta Menjalankan usaha kini menjadi impian hampir semua orang. Selain bisa menjadi bos untuk diri sendiri, menjalankan usaha sendiri bisa terus mencari peluang untuk mendulang banyak keuntungan. Salah satu jenis usaha yang menarik adalah usaha kecil rumahan.

Bisnis kelas menengah ini bisa dimulai dengan modal kecil atau pas-pasan. Sayangnya banyak orang yang terkendala akan modal. Sebuah usaha kerap membutuhkan modal yang tidak sedikit, sehingga tak jarang orang mengurungkan niatnya untuk menjalani usaha karena kesulitan mencari dana tambahan.

Jika dicermati lagi, ada berbagai cara untuk memulai usaha tanpa mengeluarkan modal selangit, salah satunya adalah terjun ke usaha kecil menengah atau jenis usaha rumahan. Melalui usaha kecil menengah, siapapun yang ingin berbisnis bisa mewujudkan impiannya bahkan hanya dengan modal kurang dari Rp 5 juta. Jangan salah, meski bermodal kecil, jenis usaha rumahan ini bisa kamu kembangkan menjadi besar dengan keuntungan besar.

Berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/3/2019) 6 jenis usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa kamu praktikkan dan bisa menambah pemasukan untuk kehidupan yang lebih baik lagi.

2 dari 3 halaman

Jenis usaha rumahan dengan modal kecil

1. Handmade

Jika kamu punya keahlian merajut, atau sering bikin kerajinan tangan seperti tas lukis, menjahit, membuat buku edukatif anak, ini bisa dijadikan salah satu jenis usaha rumahan yang mudah dan gampang. Banyak cerita kesuksesan sebuah usaha yang berawal dari hobi membuat kerajinan tangan ini.

Jenis usaha rumahan dengan modal kecil ini merupakan bisnis kreatif yang memiliki peluang untuk bertahan karena produk yang dihasilkan tergolong unik, eksklusif. Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai kanal pemasaran. Asal tahu saja, bila produk yang kamu bikin tergolong menarik, orang enggak akan segan untuk membayar mahal.

2. Warkop alis warung kopi

Hampir setiap orang suka minum kopi. Apalagi di Indonesia di mana sudah dikenal di dunia sebagai salah satu produsen kopi berkualitas. Mulai presiden sampai mahasiswa, semua menyukai kopi. Jenis usaha rumahan dengan modal kecil ini bisa kamu jajaki dengan membuka warung kopi sederhana. Konsep warung kopi ini bisa kamu eksplorasi sesuai target pasar yang dituju.

Apakah warung kopi sederhana dengan konsep lesehan ala angkringan di kota Jogja, atau ingin yang sedikit kekinian seperti warung kopi mi instan yang kini tengah hype itu. Tentu saja setiap jenis model warung kopi membutuhkan modal yang berbeda-beda. Di peluang usaha ini, kamu harus memiliki konsep yang kuat sehingga bisa bersaing dengan usaha-usaha warung kopi yang sudah ada.

Siapa tahu, jenis usaha rumahan dengan modal kecil ala warkop milik kamu nanti akan diserbu oleh tetangga dan kenalan sebelum mereka pergi bekerja.

3. Cemilan dan minuman

Bisnis yang tidak akan pernah mati adalah bisnis makanan dan minuman, setiap orang pasti membutuhkan dua hal ini. Makanan ringan dan minuman segar pun bisa menjadi pilihan kamu untuk berbisnis. Jenis usaha rumahan dengan modal kecil hanya dengan uang Rp 50 ribu - 100 ribu saja, kamu bisa langsung menjadi pengusaha cemilan.

Caranya, dengan membeli makanan ringan di grosiran lalu dikemas sesuai dengan kreasi kamu. Selain itu, minuman segar seperti ice bubble atau jus juga bisa menjadi pilihan berbisnis. Kamu bisa memilih untuk membeli paket franchise atau membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang bisa kamu dapatkan di pasar dengan modal Rp 5 juta.

Jika per bungkus makanan ringan dijual dengan harga Rp 5.000, maka dalam sebulan kamu bisa langsung balik modal. Untuk minuman, jika dalam sehari kamu menjual 30 cup dengan harga Rp 6.000, maka dalam sebulan kamu bisa mengganti modal yang sudah dikeluarkan.

3 dari 3 halaman

Ide usaha rumahan yang mudah dipraktikkan

4. Waralaba makanan

Saat ini, ada banyak waralaba makanan yang bisa kamu pilih dan jadikan sebagai pilihan usaha. Jenis usaha rumahan dengan modal kecil waralaba makanan, tidaklah harus membutuhkan sejumlah modal yang besar. Beberapa waralaba ini bahkan bisa dimiliki dengan kisaran harga Rp 5-10 juta saja. Kamu bisa menggunakan sejumlah sisa modal untuk menyewa tempat atau kebutuhan yang lainnya.

Caranya adalah pilih jenis waralaba yang banyak diminati dan selalu ramai pembeli, sehingga peluang kamu untuk mendapatkan keuntungan atau penghasilan tambahan menjadi semakin besar. Kamu juga bisa memadukan satu waralaba dengan waralaba lainnya, misalnya makanan dengan minuman, sehingga keuntungan yang didapatkan akan semakin maksimal.

5. Laundri

Jenis usaha rumahan dengan modal kecil selanjutnya adalah Laundri. Dengan modal Rp 5-10 juta, kamu sudah bisa membuka usaha ini dalam skala yang cukup besar. Kamu bisa memulainya dengan membeli beberapa mesin cuci dan juga peralatan menyetrika dan mencuci lainnya. Dengan hal itu saja, sudah bisa menjalankan bisnis ini dengan mudah dan nyaman.

Potensi bisnis ini sangat besar, terutama jika memiliki lokasi yang strategis dan menjanjikan, seperti dekat wilayah yang banyak kos-kosan, kampus, sekolah, atau bahkan perkantoran. Bisnis laundri tidak pernah sepi, apalagi jika kamu bisa memberikan pelayanan yang baik dan juga pemasaran yang tepat untuk usaha tersebut.

6. Cuci sepatu

Jenis usaha rumahan dengan modal kecil ini tidaklah jauh berbeda dengan bisnis laundri. Bedanya, kamu hanya perlu mengeluarkan modal kurang dari Rp 1 juta saja untuk membeli sikat sepatu, cairan pembersih sepatu, dan lainnya. Jika dalam satu hari kamu bisa mencuci 5 pasang sepatu dengan harga Rp 20.000 per pasang, maka dalam sebulan kamu bisa menghasilkan Rp 3 juta.

Bahkan, dalam 3 bulan kamu sudah bisa mempekerjakan satu karyawan untuk membantu kamu mencuci sepatu. Namun, kamu harus menentukan terlebih dahulu target konsumennya. Jangan sampai, bisnis kamu bangkrut karena pelanggan di lingkungan kamu memilih untuk mencuci sepatu sendiri.