Sukses

Harta 21 Orang Terkaya Dunia Asal Indonesia Tembus Rp 1.100 Triliun

Forbes merilis daftar terbaru orang-orang terkaya di dunia, termasuk yang dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pada laporan orang terkaya Forbes tahun ini, tercatat jumlah miliarder menurun sebanyak 55 orang. Total tahun ini adalah 2.153 miliarder dari seluruh dunia.

Berkurangnya orang yang memiliki status miliarder itu tak terlepas dari kondisi ekonomi dunia di tahun 2018. Wilayah Asia Pasifik memiliki pengurangan miliarder terbanyak yakni 60 orang, dengan 49 orang berasal dari China.

"Dalam tahun kedua pada dekade ini, jumlah miliarder dan total kekayaan mereka mengecil, membuktikan bahwa para orang terkaya tidak imun terhadap kekuatan ekonomi dan pasar saham yang lemah," tulis Forbes.

Indonesia pun juga memiliki daftar orang-orang sukses yang masuk ke daftar Forbes. Sebanyak 21 miliarder pengusaha Indonesia masuk ke daftar Forbes tahun ini.

Total harta miliarder sukses Indonesia yang masuk ke daftar Forbes adalah sekitar Rp 1.100 triliun. Hampir setengahnya berasal dari kekayaan Hartono bersaudara.

Budi dan Bambang Hartono konsisten menjadi orang terkaya Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Forbes menyebut saham mereka di BCA menjadi sumber kekayaan.

Selain itu, Indonesia juga kehilangan nama penting, yaitu Eka Tjipta Widjaja selaku pendiri Sinar Mas yang wafat pada 26 Januari 2019. Akhir tahun lalu, Eka berada di posisi 3 dalam daftar terkaya Forbes Indonesia.

Nama-nala seperti Susilo Wonowidjojo (Gudang Garam) dan Anthony Salim (Indofood) juga absen dari daftar orang terkaya Forbes tahun ini. Tetapi nama mereka muncul di daftar akhir tahun lalu di posisi 5 besar.

Yang menarik disorot adalah kebanyakan orang terkaya di Indonesia adalah wajah lama. Umumnya, mereka memiliki aset besar di sektor properti, keuangan, hingga media. Ini berbeda dari negara-negara lain yang mulai memiliki generasi muda di daftar terkaya lewat sektor teknologi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya No.1 di Dunia versi Forbes

 CEO Amazon Jeff Bezos masih memegang gelar orang terkaya di dunia. Harta pemilik Amazon ini ditaksir mencapai USD 131 miliar atau Rp 1.850 triliun (USD 1 = Rp 14.127).

Menurut daftar terkaya Forbes, kekayaan Jeff Bezos naik USD 19 miliar (Rp 268 triliun) ketimbang tahun lalu. Saham Amazon memang masih rendah dibanding puncaknya pada Agustus lalu yang mencapai USD 2.012 (Rp 28 juta) per lembar saham, tetapi nilai saham Amazon masih lebih tinggi ketimbang setahun lalu. 

Sejauh ini, Bezos masih mempertahankan gelar orang terkaya meski kabar perceraian berpotensi mengurangi hartanya. Berdasarkan hukum negara bagian Washington, Bezos harus memberikan setengah harta yang ia hasilkan semasa pernikahan kepada sang istri.

Sampai saat ini pun kelanjutan perceraian masih belum jelas. Forbes pun memilih tetap menuliskan harta Jeff Bezos tanpa menghilangkan setengahnya.

Tahun 2018 juga penuh kontroversi bagi Jeff Bezos, mulai dari perseteruannya melawan Presiden Donald Trump, hingga muncul perkara foto panas miliknya yang jatuh ke pihak ketiga. Bezos pun sampai menyewa investigator demi mencari dalang kejadian ini.

Jeff Bezos adalah satu dari empat orang yang pernah memperoleh predikat orang terkaya dalam 20 tahun terakhir. Yang lainnya adalah Warren Buffett, Carlos Slim, dan kemudian ada Bill Gates yang berada di nomor puncak selama 12 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini