Sukses

Kekayaan Merosot, Bos Facebook Turun Peringkat di Daftar Orang Terkaya Dunia

Liputan6.com, New York - Saham Facebook yang merosot pada 2018 berdampak terhadap kekayaan pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

Dari laporan daftar orang terkaya dunia terbaru versi Forbes, kekayaan Mark Zuckerberg merosot USD 8,7 miliar atau sekitar Rp 122,87 triliun (asumsi kurs Rp 14.123 per dolar AS) sepanjang 2018.

Kekayaan Mark Zuckerberg mencapai USD 62,3 miliar pada 5 Maret 2019 atau sekitar Rp 880,05 triliun. Kekayaannya ini merosot dari posisi Maret 2018 di posisi USD 71 miliar atau sekitar Rp 1.002,78 triliun. Hal ini membuatnya harus turun peringkat dari orang terkaya keempat dunia menjadi nomor delapan.

Mengutip laman BBC, sahamnya di Facebook merosot seiring perusahaan itu berjuang mengatasi skandal privasi.

Pada April 2018, Mark Zuckerberg bersaksi di depan kongres usai Facebook terungkap membagikan data pengguna dengan perusahaan konsultan politik Cambridge Analytica.

Hal terjadi sebaliknya pada pendiri Amazon Jeff Bezos. Kekayaannya naik USD 19 miliar atau Rp 268,34 triliun dari 2018. Total kekayaan Jeff Bezos mencapai USD 131 miliar atau sekitar Rp 1.850 triliun.

Berdasarkan Forbes, ada sedikit miliarder yang kekayaannya turun pada 2019. Sebelumnya miliarder mencapai 2.153 pada 2019 dari posisi 2018 2.208. Rata-rata kekayaan bersih miliarder USD 4 miliar, turun dari USD 4,1 miliar.

Asisten redaktur Forbes, Luisa Kroll menuturkan, dengan angin sangat kuat, pengusaha yang cerdas dan tak kenal lelah menemukan cara baru tetap menjadi kaya.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dari Inggris saja, ada 52 orang yang masuk daftar orang terkaya. Mereka adalah pengusaha bersaudara, Srichan dan Gopichand yang menguasai konglomerasi Hinduja Group dengan total kekayaan mencapai USD 16,9 miliar.

Selain mereka, ada juga individu Inggris yang tercatat gemilang kekayaanya yakni James Rarcliffe selaku founder Ineos Group dengan mencapai kekayaan bersih sebesar USD 12,1 miliar.

Adapun dari semua daftar miliarder tersebut 252 orang itu adalah wanita dan satu-satunya wanita yang tercatat sebagai self-made miliarder (kaya atas usahanya sendiri) adalah pengusaha real estate Wu Yajun China, dengan harta kekayaan menyentuh USD  9,4 miliar. 

Akan tetapi, perempuan miliarder termuda di dunia ialah Kylie Jenner (21 tahun). Dirinya merupakan 100 persen pemilik Kylie Cosmetics. Tahun lalu saja, dia sudah bisa menghasilkan pendapatan penjualan hingga USD 360 juta.

Pendatang baru miliarder kali ini ada sosok Safra Catz yakni co-chief executive of software firm Oracle, dengan pendapatan USD 41 juta dan tercatat sebagai salah satu eksekutif wanita dengan bayaran tertinggi di dunia.

Adapun Amerika Serikat sampai dengan saat ini masih terhitung sebagai negara dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia yaitu 607 orang.

Kemudian ada China sebesar 324 orang. Dari laporan Forbes, 247 orang yang masuk dalam daftar miliarder yang telah keluar dari daftar tersebut. Beberapa dari mereka antara lain Domenico Dolce dan Stefano Gabbana, fashion designers and co-founders of Dolce & Gabbana.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Sosok Ciliandra Fangiono, Miliarder Termuda Indonesia Versi Forbes
Artikel Selanjutnya
Hartono Bersaudara Jadi Orang Terkaya Indonesia 11 Tahun Berturut-Turut