Sukses

Tingkatkan Efisiensi, Pertamina Lubricants Gandeng Pos Logistik

Pertamina Lubricants selama ini menggunakan jasa Pos Logistik untuk mengelola distribusi dan kelogistikan ke seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pos Logistik (Poslog) Indonesia menjalin kerjasama dengan Pertamina Lubricants untuk mengembangkan bisnis distribusi logistik hingga ke Papua.

Vice President Distribution Pertamina Lubricants, Abdul Hafid Rasjid, menuturkan bahwa dalam kerja sama ini Pos Logistik akan mengantarkan oli pelumas Pertamina Lubricants ke berbagai daerah.

Pertamina Lubricants selama ini menggunakan jasa Pos Logistik untuk mengelola distribusi dan kelogistikan untuk wilayah Kalimantan, kemudian kerjasama ini dikembangkan ke Indonesia Timur.

"Jadi untuk tahun 2019 ini dan hingga tiga tahun ke depan, Poslog Indonesia akan kita percayakan mengelola kelogistikan Pertamina ke Kalimantan, Jawa Timur, Bali Nusa, Sulawesi, Maluku, dan Papua," tuturnya di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (1/3/2019).

Pos Logistik memiliki kompetensi mengelola kelogistikan. Sedangkan Pertamina punya suplai poin yang luas, yang dalam pengelolaannya saat menggunakan sumber daya sendiri, mengeluarkan biaya yang banyak.

"Sebenarnya yang kami inginkan bukan hanya efisien atau menurunkan biaya tetapi biaya yang kita keluarkan benar-benar mendapatkan hasil yang terbaik dalam pengelolaan kelogistikan," katanya.

Kerja sama yang terjalin sejak 2016 hingga 2019 ini sangat terasa di biaya pengeluaran yang efektif. "Contoh nyatanya adalah saat dikelola sendiri, barang rusak yang ada di dalam gudang itu bisa kita kurangi karena pengelolaan PT Poslog yang lebih bagus. Kemudian, keterlambatan pendistribusian atau penjadwalan," ucapnya.

Dia juga mencontohkan, misalnya jika ada pengiriman barang dari Surabaya ke Balikpapan yang biasanya membutuhkan waktu sampai 22 hari, maka dengan Paslog hanya 16 hari. "Jadi kami menyerahkan infrastruktur yang di miliki oleh Pertamina untuk dikelola oleh Paslon," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efektif

Direktur Bisnis PT Pos Logistik Indonesia, Rahmat Eka Haryanto menambahkan bahwa kerjasama untuk mendorong efektif. Biaya yang dikeluarkan oleh PT Pertamina Lubricants bisa mencapai apa yang dituju. "Jadi kami bisa tepat waktu, barang pengiriman tidak rusak, dan semua pengelolaan dalam kondisi yang terkontrol," tutur Rahmat.

Rahmat menjelaskan, satu hal yang penting lagi adalah PT Paslog Indonesia bekerja bukan hanya melayani tetapi juga memberikan solusi. Artinya setiap tahun, PT Paslog Indonesia melakukan dua kali improvement yang bisa menuju ke arah efisiensi.

"Ketika efisien yang kita berikan kepada Pertamina Lubricants maka secara otomatis akan ada penurunan harga pokok yang bisa dijual kepada masyarakat lebih kompetitif dengan produk sejenis," katanya.

Dia menegaskan, kerjasama ini juga tidak hanya terbatas untuk distribusi saja. Namun sebagai holding PT Pos Indonesia yang mempunyai jaringan cukup luas dengan 4500 titik kantor pos dan agen, menjadi sebuah potensi untuk menjadi sinergi dalam segi pemasaran produk.

"Bisa saja outlet-outlet di kantor pos itu merupakan stok poin dari Pertamina Lubricants. Itu yang akan kami kembangkan lebih jauh dari segi pemasaran produk. Kalau dari segi distribusi kami tetap mengutamakan kualitas operasional," ujar Rahmat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.