Sukses

Kuliah di Luar Negeri? Hindari Kesalahan Ini

Saat kuliah di luar negeri, hindari kesalahan berikut ini. Apa saja itu? Simak ulasannya

Liputan6.com, Jakarta Melanjutkan kuliah ke luar negeri menjadi keinginan banyak orang, terutama yang sejak lama sudah mengidam-idamkan kesempatan satu ini. Jika kamu termasuk mahasiswa yang bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri, beruntunglah.

Sebab tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan yang sama. Kamu tentu sangat bersemangat untuk mempersiapkan segala sesuatunya, bukan?

Tapi ada hal yang harus diperhatikan saat menjalankan pendidikan di luar negeri. Jangan sampai upayamu untuk bisa kuliah ke luar negeri ini tidak memberikan hasil yang maksimal atau justru menghadapi masalah.

Nah, saat kuliah di luar negeri, hindari kesalahan berikut ini. Apa saja itu? Simak ulasannya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tidak Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan Sekitar

Setiap lingkungan yang baru tentu akan memiliki budaya dan juga aturan sendiri. Hal ini juga akan ditemui ketika kuliah di luar negeri.

Semua tentu akan bisa berjalan dengan lebih mudah dan nyaman ketika kamu bisa berbaur dan menikmati lingkungan yang baru ini. Namun sebaliknya, jika tidak pernah menyesuaikan diri, maka kamu akan selalu merasa asing dengan lingkungan sekitar.

Bukan hanya di lingkungan kampus, tapi juga lingkungan tempat tinggalmu, termasuk dengan budaya serta orang-orang di sana. Jika ini yang terjadi, kamu akan merasa bosan dan tidak menikmati hari-harimu dengan menyenangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mengabaikan kuliah dan terlalu banyak bersenang-senang

Mengunjungi tempat baru dan indah, menikmati malam bersama dengan teman-teman, atau bahkan aktif dalam organisasi tertentu merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan.

Hal ini bahkan akan semakin seru jika ternyata pada dasarnya kamu suka bergaul dan memiliki banyak teman. Namun jika berbagai aktivitas ini menjadi prioritasmu, maka kuliahmu bisa saja menjadi terbengkalai.

Bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan nilai yang buruk, sehingga tujuan utamamu melanjutkan kuliah tidak akan tercapai dengan baik pada akhirnya.

3. Berbuat Sesuka Hati

Saat berada di luar negeri, kamu tentu akan berhadapan dengan berbagai aturan dan juga kebudayaan yang baru. Sebagai pendatang, jelas kamu wajib mengikuti semua ini dengan baik.

Namun jika kamu selalu berbuat sesuka hati dan bersikap semau sendiri, maka bisa saja akan mengalami masalah selama berada di negeri orang. Bukan hanya bertentangan dengan berbagai aturan di sana, sikap buruk seperti ini juga akan membuatmu sulit mendapatkan teman.

3 dari 3 halaman

4. Tidak Waspada dan Mengabaikan Keselamatan Diri

Di mana pun kamu berada, selalu ada bahaya yang mengancam. Bahkan sekalipun kamu berada di negara yang terbilang aman-aman saja dan memiliki tingkat kriminal rendah.

Ketika kamu terlalu nyaman dan tidak waspada dengan kenyataan ini, maka kamu sedang memberi peluang kepada para pelaku kejahatan.

Sikap tidak waspada dan ceroboh merupakan sikap yang buruk dan merugikan diri sendiri, sebab sikap ini membuatmu mengabaikan keselamatan diri sendiri.

5. Menutup Diri dan Lebih Suka Hidup di Dunia Maya

Ingin fokus kuliah dan mengabaikan hal lainnya, sehingga hanya banyak belajar dan mengurung diri di kamar. Selebihnya, kamu hanya menikmati pertemanan di dunia maya.

Hal ini tentu tidak baik dan pastinya tidak membuatmu berkembang sama sekali. Setiap orang perlu berteman, menikmati hari dengan bahagia dalam dunia nyata dan sesekali bepergian untuk bertemu dengan lingkungan serta orang-orang baru.

Jika tidak melakukan hal ini, maka kamu hanya akan menjalani hidup yang membosankan. Tidak menutup kemungkinan, kamu akan mudah stres nantinya.

Nikmati Kuliah di Luar Negeri dengan Cara yang Tepat

Kuliah ke luar negeri menjadi hal yang menyenangkan. Jadi, kamu beruntung jika bisa merasakannya. Pastikan menikmati masa kuliahmu dengan cara yang tepat, di mana kamu belajar dan mencapai tujuan dengan baik.

Selain itu, menikmati lingkungan dan budaya yang baru juga menjadi hal penting lainnya yang tak boleh diabaikan, agar kamu bisa kuliah dengan baik dan juga sekaligus bahagia di saat bersamaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.