Sukses

7 Jurusan Kuliah Langka yang Punya Peluang Karier Besar

Liputan6.com, Jakarta - Jurusan Ekonomi, Matematika, Administrasi Bisnis, dan Psikologi sudah biasa didengar. Jurusan ini bisa ditemukan hampir di seluruh universitas yang ada di Indonesia.

Jika ditanyakan mengenai peluang karier, pasti besar. Namun, tingkat persaingan di dunia kerja juga sangat besar pula. Jika tidak dibarengi dengan skill dan pengalaman yang memadai, peluang untuk berkarier juga akan semakin kecil.

Jika ditelusuri, masih banyak jurusan yang bisa dijadikan alternatif walaupun jurusan tersebut sedikit langka di Indonesia. Meski langka, peluang karier yang terbuka pun juga cukup tinggi.

Penasaran apa saja jurusan kuliah yang cukup langka namun punya peluang karier yang cukup besar? Simak ulasan berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Kuliah Jurusan Kriminologi

Mendengar namanya saja mungkin sudah membuat Anda ketakutan. Tenang saja, jurusan ini bukan untuk menciptakan aksi kriminal di masyarakat, melainkan untuk mempelajari seluk beluk kasus kriminal. Mulai dari mengidentifikasi kasus hingga cara untuk menangani kasus kriminal.

Ilmu Kriminalitas akan membantu pihak yang berwenang dalam mengungkap dan menangkap para pelaku kekerasan demi menciptakan keselamatan dan keamanan di masyarakat.

Di Indonesia sendiri, Ilmu Kriminologi hanya dapat dipelajari di tiga universitas saja, di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Islam Riau.

2 dari 4 halaman

2. Kuliah Jurusan Filsafat

Peminat Jurusan Filsafat masih sedikit jika dibandingkan dengan jurusan lainnya. Wajar saja, orang yang mengambil Jurusan Filsafat wajib memiliki kerangka berpikir yang kritis, terutama untuk fenomena yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

Di samping itu, filsafat membutuhkan kemahiran dalam hal berbicara karena untuk menyampaikan fakta-fakta yang ditemukannya. Mengingat peminatnya sangat sedikit, wajar jika Jurusan Filsafat sangat langka di Indonesia.

3. Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan

Saat mendengar jurusan ini, bayang-bayang suasana perpustakaan yang membosankan pasti langsung terlintas di dalam pikiran. Padahal, lokasi belajarnya bukan di perpustakaan, melainkan di dalam ruangan kelas seperti jurusan pada umumnya.

Sarjana dari lulusan ini bertugas untuk mengumpulkan, meneliti, mengatur, dan menyebarluaskan informasi yang didapatkan dari sebuah buku.

Meskipun mekanisme kerjanya tampak membosankan, tetapi mengambil jurusan ini bisa mendapatkan banyak keuntungan. Selain mendapatkan peluang karier yang terbuka lebar, wawasan juga semakin bertambah.

3 dari 4 halaman

4. Kuliah Jurusan Teknik Nuklir

Seperti namanya, Jurusan Teknik Nuklir mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan unsur nuklir pada suatu industri. Dalam praktiknya, mahasiswa jurusan ini wajib memahami pelajaran Fisika dan Matematika karena sering dihadapkan dengan kasus berhitung.

Jika tertarik, bisa mempelajari Ilmu Nuklir di Universitas Gadjah Mada. Peluang kerja untuk jurusan ini masih sangat terbatas di Indonesia. Namun, peluangnya sangat besar karena bisa melancong ke luar negeri untuk berkarier dan mendapatkan gaji besar.

5. Kuliah Jurusan Arkeologi

Perusahaan membutuhkan seorang Arkeolog untuk meneliti prasasti, artefak, dan peninggalan bersejarah lainnya. Sekilas, pekerjaan Sarjana Arkeologi terlihat mudah, padahal tidak seperti yang terlihat.

Para Arkeolog perlu mempelajari bentuk barang peninggalan bersejarah, lalu mengaitkannya dengan kebudayaan manusia pada zaman dulu untuk mengetahui umur dari barang bersejarah tersebut.

Arkeologi termasuk jurusan yang menarik untuk dipelajari. Selain belajar, juga punya kesempatan untuk jalan-jalan ke berbagai daerah untuk melakukan penelitian.

4 dari 4 halaman

6. Kuliah Jurusan Teknik Pengairan

Untuk memperbaiki irigasi di persawahan, Indonesia butuh bantuan Sarjana Teknik Pengairan. Hasil yang didapatkan dari alam akan memberikan pengaruh besar bagi kondisi perekonomian negara.

Mengingat lapangan pekerjaannya tidak sepopuler lapangan kerja di Jurusan Ekonomi, banyak orang yang meremehkan jurusan ini. Padahal, jurusan ini sangat dibutuhkan di tengah era yang semakin modern seperti sekarang.

7. Kuliah Jurusan Astronomi

Jika dibandingkan dengan Amerika Serikat, Indonesia masih ketinggalan jauh dalam dunia antariksa. Wajar saja, minat masyarakat untuk mempelajari dunia luar angkasa masih sangat sedikit karena masyarakat kurang tertarik terhadap fenomena yang ada di dunia ini.

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi satu-satunya institut yang menyediakan Mata Kuliah Astronomi. Setelah mendapat gelar sarjana, kamu bisa bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Keseriusan dapat Menghasilkan Kesuksesan

Jurusan yang diambil di bangku kuliah bukan ukuran mutlak yang dapat menentukan kesuksesan seseorang. Apapun jurusan yang diambil, pastikan selalu serius dalam menekuni ilmu yang diajarkan dalam jurusan tersebut. Dengan demikian, nantinya bisa memperoleh pekerjaan yang pantas dan meraih kesuksesan.

Menyedihkan, Usaha Bertahan Hidup Penduduk Venezuela

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Intip 7 Cara Mudah Jadi Food Vlogger Sukses
Artikel Selanjutnya
Tiru Cara Pandang Pengusaha Startup untuk Sukses Berkarier