Sukses

10 CEO dengan Gaji Terkecil di Dunia, Berapa Besarannya?

Liputan6.com, New York - Tentunya kebanyakan orang berpikir jika menjadi orang nomor satu di sebuah perusahaan atau CEO akan mendapatkan gaji yang sangat tinggi. Apalagi jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan raksasa kelas dunia.

Namun ternyata hal ini tidaklah selalu benar. Ternyata di dunia ini ada beberapa CEO yang memiliki gaji kecil bahkan tidak di gaji sama sekali.

Mau tahu siapa sajakah mereka? Dilansir dari laman lovemoney, berikut 10 CEO dengan gaji kecil:

10. Jark Dorsey - USD 2,75 (Rp 38.850)

CEO Twitter, Jack Dorsey yang ternyata juga memimpin perusahaan kartu kredit 'Square' ternyata tidak menerima gaji yang sangat besar atas dua jabatan tersebut. Bahkan Dorsey tidak mendapatkan gaji sama sekali dari Twitter, namun ia hanya digaji oleh Square sebesar USD 2,75 setara Rp 38.850 (Kurs USD 1 = Rp 14.127).

Namun meskipun demikian, Forbes memperkirakan bahwa Dorsey mendapatkan USD 8 juta atau Rp 111 miliar atas penjualan saham Square pada 2018. Selain itu, dikabarkan bahwa Dorsey memiliki kekayaan bersih mencapai USD 4,7 miliar.

9. Edward Lampert - USD 1 (Rp 14.127)

Sejak 2013, CEO Sears, Edward Lampert menerima gaji secara uang dalam bentuk nyata hanya USD 1 bahkan tidak dengan bonus. Meskipun kinerjanya selama beberapa tahun terakhir ini memburuk sehingga mengharuskan ratusan tokonya tutup selama 3 tahun terakhir ini, namun Lampert tetap menghasilkan banyak uang.

Bos ritel ini mendapatkan kekayaannya dari hasil penjualan sahammnya yang pada 2017 dihargai USD 4,3 juta setara Rp 60 miliar. Dan saat ini, kekayaan Lampert yang mempunyai saham 54 persen pada Sears memiliki kekayaan bersih mencapai USD 1 miliar.

 

2 dari 5 halaman

8. Steve Kean - USD 1 (Rp 14.127)

Steve Kean, Presiden dan CEO Kinder Morgan telah menolak untuk menerima upah yang sangat besar dan hanya mau dibayar dengan gaji tidak lebih dari satu dolar. Selain itu, ia juga tidak mengambil bonus tahunannya, hasil penjualan saham, dan keuntungannya sebagai CEO. Sungguh luar biasa bukan?

7. John Mackey - USD 1 (Rp 14.127)

CEO Whole Foods Market, John Mackey telah berjanji kepada karyawannya jika ia akan mengurangi gajinya menjadi hanya satu dolar dan akan menyumbangkan semua opsi saham masa depannya ke dua yayasan perusahaan. Pernyataan ini ia tulis pada 2007 silam.

Sesuai dengan pernyataannya, sudah selama 10 tahun terakhir Mackey bekerja hampir tidak digaji. Namun bos Whole Foods Market ini tidak menjadi bangkrut karena ternyata ia masih memiliki satu juta saham di perusahaan dan kekayaan bersihnya dilaporakan sekitar USD 100 juta.

 

3 dari 5 halaman

6. Richard Hayne - USD 1 atau Rp 13.989

Richard Hayne, bos mode Urban Outfitters ini telah menerima gaji hanya satu dolar sejak 2010. Namun, karena hal ini ia mendapatkan berbagai manfaat seperti imbalan terkait kinerja, asuransi mobil, dan asuransi jiwa.

Ini membuat Hayne mendapatkan 4,67 kali lipat lebih besar dari nilai gaji yang seharusnya ia dapatkan sebagai CEO. Berdasarkan laporan Forbes, kekayaan Hayne mencapai USD 1,2 miliar (Rp 16,9 triliun) pada Januari 2019.

5. Nick Woodman - USD 1 (Rp 13.989)

CEO GoPro, Nick Woodman memilih untuk memangkas gajinya menjadi hanya USD 1 dibanding harus melakukan penurunan gaji serta pemecatan karyawannya karena harga saham anjlok.

Bos perusahaan kamera travelling ini ternyata sempat memiliki gaji yang tertinggi pada 2014 lalu dengan total gaji mencapai USD 287,2 juta (Rp 4 triliun).

 

4 dari 5 halaman

4. Mark Zuckerberg - USD 1 (Rp 14.127)

CEO lain yang memiliki gaji USD 1, Mark Zuckerberg. Pada 2013, Zuckerberg melakukan pemotongan yang sangat luar biasa dari USD 770 ribu menjadi USD 1. Namun ternyata bos media sosial ini dapat meraup USD 23 miliar pada 2017 berkat kenaikan harga saham Facebook.

Para CEO memilih untuk memotong gajinya karena untuk menenangkan para pemegang saham. Berdasarkan Bloomberg, kekayaan bersih Zuckerberg saat ini mencapai USD 59,5 miliar (Rp 840,5 triliun).

3. Larry Page - USD 1 (Rp 14.127)

Pendiri dan CEO Alphabet ternyata memiliki gaji USD 1, hal ini dilakukannya untuk mengikuti jejak mendiang Steve Jobs setelah bergabung kembali dengan Apple pada 1997.

 

5 dari 5 halaman

2. Jeremy Stoppelman - Tiada Gaji

CEO platform ulasan Yelp, Jeremy Stoppelman menyadari gajinya semakin menyusut tiap tahunnya. Bermula pada 2012, ia dibayar USD 300 ribu kemudian menjadi USD 37 ribu dan pada akhirnya pada 2014 tidak digaji sama sekali.

1. Richard Fairbank - Tidak digaji

CEO Bank Capital One, Richard Fairbank ternyata sudah tidak menerima gaji dan bonus selama 22 tahun terakhir. Namun sebagai gantinya, ia mengambil keuntungan dari saham dan penghargaan.

Berdasarkan Bloomberg, kekayaan Fairbank mencapai USD 1,1 miliar pada Januari 2018, ini didukung oleh kenaikan harga saham Capital One.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Trik Atur Gaji Bulanan Biar Tak Cepat Habis
Artikel Selanjutnya
Penelitian: Obesitas Ternyata Bisa Berdampak ke Gaji