Sukses

Daftar Universitas Terbaik di Indonesia, Mana Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin ada diantara Anda yang akan menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), dan akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang pendidikan tinggi khususnya level universitas.

Menentukan perguruan tinggi atau universitas terbaik tentu bukan perkara yang mudah. Ada banyak yang harus menjadi pertimbangan dalam memilih universitas terbaik.

Tetapi, satu hal penting yang menjadi harapan bagi para calon mahasiswa dan orang tua, yaitu lembaga pendidikan tersebut bisa menambah dan meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup, agar dapat bersaing di dunia global yang semakin kompetitif.

Dikutip dari TunaiKita, berikut informasi mengenai daftar universitas terbaik di Indonesia untuk Anda. Kira-kira universitas yang Anda inginkan masuk dalam daftar tersebut atau tidak, ya?

Kuliah di universitas terbaik memang menjadi dambaan bagi setiap orang, pasalnya persaingan yang sangat ketat untuk menjadi salah satu calon mahasiswa di universitas pilihan.

Belum lagi Anda harus mengikuti tes bersama ribuan calon mahasiswa yang mendaftar, tentu harus mempersiapkan diri dengan mantap, kan? Memilih universitas terbaik juga tidak gampang, ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan.

Dikutip dari THE World University Rankings, sebelum memilih universitas yang diinginkan, Anda harus mencari data yang akurat dan valid tentang lima hal penting ini:

1. Cari tahu bagaimana lingkungan belajarnya

2. Volume, pendapatan, dan reputasi riset

3. Pengaruh riset

4. Pendapat dari para staff pendidikan, mahasiswa, dan peneliti

5. Dampak bagi dunia usaha atau industri

Lima hal tadi penting untuk dijadikan ukuran, walaupun akan selalu ada perubahan pada setiap universitas terbaik di Indonesia. Anda tidak perlu khawatir untuk repot-repot mengukur hal tersebut, sebab sudah ada institusi profesional yang sudah mengembangkan metode ini sejak lima dekade lalu, untuk menyusun ranking universitas terbaik di dunia. Salah satu institusi tersebut yakni Time Higher Education (THE).

THE mengukur indikator kinerja setiap perguruan tinggi berdasarkan lima hal, diantaranya:

1. Lingkungan belajar

2. Volume, pendapatan, dan reputasi riset

3. Pengaruh riset

4. Pendapat dari para staff pendidikan, mahasiswa, dan peneliti

5. Dampak bagi dunia usaha atau industri

THE menggunakan metode dalam memeringkatkan perguruan tinggi di seluruh dunia agar dapat membantu Anda menemukan universitas terbaik di Indonesia.

Sebanyak 1.250 perguruan tinggi di seluruh dunia mengikuti pemeringkatan THE untuk tahun 2019. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya yang diikuti 1.103 perguruan tinggi. Sedangkan pada 2011, hanya sebanyak 200 universitas.

2 dari 6 halaman

Daftar Universitas Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak peringkat 4 di dunia. Dengan banyaknya penduduk Indonesia, maka kualitas pendidikan untuk generasi muda penerus bangsa harus ditingkatkan.

Untuk itu, pertimbangan untuk memilih universitas terbaik sangat diperlukan. Nah, universitas mana sajakah yang masuk dalam daftar THE? Simak, yuk!

1. Universitas Indonesia (UI)

Didirikan pada tahun 1849, universitas yang berlokasi di Depok, Jawa Barat ini berhasil masuk dalam daftar urutan peringkat teratas dari universitas terbaik di Indonesia.

UI merupakan kampus modern, komperhensif, multikultural, dan salah satu kampus hijau di Indonesia, yang menyediakan lebih dari sekadar pendidikan berkualitas juga lingkungan belajar yang dinamis dan menyenangkan.

UI diakui secara internasional sebagai salah satu universitas terkemuka di Asia Tenggara. Secara konsisten menunjukan prestasi luar biasa dalam pengajaran, pembelajaran, penelitian, serta keterlibatan masyarakat.

UI juga masuk pada kelompok 100 universitas terbaik dari negara ekonomi baru, dan menjadi satu-satunya universitas dari Indonesia. UI menduduki peringkat 82.

Pada rangking THE, peringkat UI tidak stabil dimana pada tahun 2018 mendududki peringkat 184, pada tahun 2017 di antara peringkat 201-250, sedangkan pada tahun 2016 UI berhasil di peringkat 171. Dan pada peringkat global UI menduduki peringkat 601-800.

3 dari 6 halaman

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Walaupun tidak masuk dalam peringkat 100 besar, Institut Teknologi Bandung (ITB) masuk dalam peringkat 164 dan masuk peringkat nomor 2 di Indonesia.

Awalnya, Institut Teknologi Bandung (ITB) dibuka pada tahun 1920 sebagai cabang dari Institut Teknologi Beanda Delft.

Institut pendidikan yang berlogo Ganesha ini, memiliki setidaknya 13 fakultas, yakni: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Sekolah Parmasi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Fakultas Teknologi Industri, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, dan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara.

Tahukah Sobat, ITB melahirkan tokoh politik, seperti Presiden RI pertama kita Sukarno dan mantan Presiden RI BJ Habibie.

4 dari 6 halaman

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Berdiri sejak 1 September 1963, Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki spesialisasi sebagai sekolah pertanian dari visi para pemimpin bangsa.

Dinilai bahwa Indonesia membutuhkan sekolah berkualitas yang mampu melahirkan para ahli di bidang pertanian, bioscience, dan berbagai bidang keilmuan yang terkait.

Kampus yang terletak di kota yang mendapat julukan kota hujan ini, berhasil berada di peringkat 251-300 dari daftar universitas terbaik Emerging Economies 2019. Sedangkat tahun lalu, IPB berada antara peringkat 201-250.

5 dari 6 halaman

4. Universitas Gajah Mada (UGM)

Berlokasi di Yogyakarta, Universitas Gajah Mada berdiri pada tahun 1949. Kampus yang berpusat di kawasan Bulaksumur ini, menjadi tempat mencari ilmu kurang lebih 50 ribu mahasiswa yang tersebar di 18 fakultas dan 1.187 mahasiswa asing.

Sama dengan IPB, UGM masuk di peringkat 251-300 versi THE. Peringkat ini mengalami penurunan dibanding tahun lalu, UGM menduduki peringkat 201-250.

Anda, tahu tidak? Kalau Presiden Jokowi mengecap pendidikan di kampus ini.

6 dari 6 halaman

5. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh November yang biasa disingkat ITS ini, didirikan sebagai hasil konferensi Dewan Teknik Indonesia pada tahun 1954 di Bogor. Kemudian dikembangkan saat Dewan menyelenggarakan peringatan lima tahun pertama di Surabaya.

ITS merupakan institut teknologi terbaik di Indonesia. Sejak tahun 2011, ITS menjadi salah satu kampus hijau.

Pada tahun 2005, merancang rumah untuk korban tsunami Aceh, makanya ITS memiliki kontribusi besar terhadap masyarakat. Selain itu, berkolaborasi juga dengan Tim Kajian Kelayakan Pemukiman (KKP), ITS melaksanakan riset untuk korban lumpur Sidoarjo.

ITS berada pada peringkat antara 251-300 dari daftar universitas terbaik negara ekonomi baru pada hasil pemeringkatan THE.

Nah, memang tidak mudah untuk mencari universitas terbaik, Anda disarankan untuk melakukan banyak riset untuk tahu mana yang terbaik.

Untuk Anda yang sudah terlanjur masuk di universitas yang bukan termasuk dalam daftar tersebut, jangan berkecil hati. Justru Anda bisa berkontribusi untuk universitas agar menjadi kampus yang terbaik nantinya.

Wawancara Dirut LRT Jakarta
Loading
Artikel Selanjutnya
MUI, Muhammadiyah, dan NU Akan ke Xinjiang untuk Silaturahmi dengan Muslim Uighur
Artikel Selanjutnya
Resmi, Indonesia Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032