Sukses

Hobi Jalan-Jalan? Ini Pekerjaan yang Cocok untuk Anda

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak suka jalan-jalan atau travelling? Ketika mendengar tawaran traveling gratis, pasti semangat Anda langsung menggebu-gebu.

Batin Anda pun meloncat kegirangan sampai sulit untuk dikendalikan. Namun, hobi travelling ini seringkali terhambat karena masalah dana.

Seperti yang kita tahu, travelling membutuhkan biaya yang tak sedikit, tergantung juga tujuan liburannya.

Apalagi kalau destinasi perjalanannya ke luar negeri, misalnya eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia Tengah dan Utara, serta lainnya.

Bagi Anda yang ingin mimpi ini menjadi kenyataan, ini dia pekerjaan yang pas bagi Anda pecinta travelling, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Jadi Tour Guide

Kesempatan menjadi tour guide atau pemandu wisata terbuka lebar bagi semua orang, khususnya bagi mereka yang pintar bahasa asing.

Untuk itulah, Anda perlu belajar menguasai bahasa asing, khususnya Inggris karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang hampir digunakan di seluruh negara di dunia.

Kesempatan menjadi tour guide juga akan terbuka lebar jika Anda termasuk orang yang ramah dan komunikatif.

Cara untuk menjadi tour guide tidaklah sulit. Anda dapat mendaftarkan diri pada biro tour and travel yang ada di tempat tinggal.

Jika Anda memenuhi kriteria yang diinginkan, keinginan travelling juga akan tercapai. Anda juga memperoleh gaji yang lumayan dari pekerjaan ini.

2 dari 4 halaman

2. Guru Bahasa Asing

Di era seperti sekarang ini, di mana hampir semua orang berinteraksi satu sama lain meski berbeda negara, bangsa, dan bahasa. Nah, kesempatan ini bisa diambil dengan memperdalam kemampuan bahasa asing tertentu sesuai keinginan dan minat.

Ketika Anda menguasai bahasa asing tersebut, Anda bisa memanfaatkannya dengan menjadi seorang guru bahasa asing. Dan jangan salah, orang asing pun juga banyak yang tertarik ingin mempelajari bahasa Indonesia, lho.

Di Australia misalnya, beberapa sekolah sudah memasukkan bahasa Indonesia sebagai pelajaran wajib di sekolah.

3. Travel Blogger

Di era modern seperti sekarang, travel blogger sudah tidak asing lagi di telinga. Banyak orang yang mulai menekuni pekerjaan ini. Selain bisa jalan-jalan gratis, mereka juga bisa menghasilkan uang dari perjalanan mereka.

Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah. Beberapa perusahaan atau agen travel rela membayar mereka demi mendapatkan informasi tentang keindahan di beberapa negara di dunia.

Biasanya travel blogger akan mencatat destinasi perjalanannya dengan lengkap. Mulai dari transportasi, hotel, makanan, restoran, dan tempat apa saja yang dikunjungi selama travelling.

Nantinya informasi ini akan dituangkan ke dalam bentuk artikel. Dari artikel inilah nantinya perusahaan atau agen travel juga mendapat keuntungan karena bisnis menjadi lebih dikenal banyak orang. Simbiosis mutualisme, bukan?

3 dari 4 halaman

4. Fotografer

Anda yang hobi jepret sana-sini juga bisa travelling gratis asalkan hasil jepretan Anda memuaskan. Saat ini, ada banyak fashion blogger yang membutuhkan jasa untuk mengambil gambarnya kemanapun ia pergi.

Untuk biaya perjalanan Anda, bisa sepenuhnya dibiayai oleh fashion blogger atau ditanggung bersama. Anda yang mahir di bidang fotografi sudah patut mencoba peluang ini demi travelling murah.

5. Influencer

Sesuai dengan namanya, influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh dalam bidang fesyen atau kecantikan. Sehingga orang tersebut dipercaya untuk memperkenalkan produk-produk tertentu.

Banyak influencer yang saat ini bermunculan, mulai dari kalangan orang biasa hingga artis sekalipun. Pekerjaan ini sebenarnya pekerjaan aktualisasi diri yang dibayar. Misalnya, Anda memiliki gaya dan selera fesyen yang bagus.

Gaya berbusana Anda setiap hari akan diperhatikan, sehingga banyak merek pakaian yang akan hire Anda untuk mempromosikan produknya. Berkelana dari satu kota bahkan negara pun menjadi mungkin, apalagi jika brand tersebut diproduksi di luar wilayah kediaman Anda.

4 dari 4 halaman

6. Kru Kapal Pesiar

Siapa bilang menjadi kru kapal pesiar itu berat? Jika Anda menikmati pekerjaan ini, tidak ada yang namanya berat. Malahan Anda akan senang karena kapal pesiar akan membawa Anda keliling dunia.

Ada beberapa pekerjaan yang dibutuhkan di kapal pesiar, seperti pembersih hotel, bartender, pelayan restoran, dan teknisi. Bagi Anda yang tertarik, Anda bisa menikmati slaah satu pekerjaan tersebut.

Akan tetapi, Anda perlu mendaftar menjadi kru kapal pesiar dulu untuk mewujudkan keinginan ini. Anda juga akan melewati beberapa tahap seleksi yang pastinya mudah jika Anda menguasai bidang tersebut.

Tekuni Hobi dan Manfaatkan Peluangnya

Jalan-jalan atau travelling keliling dunia bukan lagi menjadi hal yang mustahil jika Anda mengetahui caranya. Bagi Anda ingin travelling sekaligus mendapatkan pundi-pundi rupiah, enam pekerjaan di atas patut Anda coba. Tekuni hobi dan pandailah memafaatkan peluang. Semoga berhasil!

Loading
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Ajarkan Kedisiplinan Sejak Dini
Artikel Selanjutnya
Biar Semangat, Begini Cara Mudah Usir Rasa Malas