Sukses

Harga Bawang Putih Mulai Naik, Cabai Stabil di Pasar Pulo Gadung

Liputan6.com, Jakarta Menjelang pertengahan Februari, harga bahan pangan bergerak berfluktuasi. Hal ini terbukti dari harga bawang putih cutting yang naik dari Rp 33 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram (kg) di Pasar Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Sulkan (31), pedagang di Pasar Pulo Gadung, menyatakan harga bawang putih diprediksi terus naik perlahan menjelang Idul Fitri 2019.

Bawang merah pun mengalami kenaikan harga dari Rp 28 ribu menjadi Rp 30 ribu per kg. Namun komoditas lain seperti cabai, cenderung stabil dari beberapa minggu sebelumnya karena panen yang berlimpah.

"Kalau cabai sih, mungkin karena panen ya, jadi turun, stabil sekarang." ujarnya kepada Liputan6.com, Senin (11/02/2019).

Harga cabai merah keriting turun dari Rp 40 ribu menjadi Rp 25 ribu per kg dan stabil hingga saat ini.

Begitu pula cabai rawit merah yang turun dari Rp 50 ribu menjadi Rp 30 ribu per kg dan cabai rawit hijau dari Rp 35 ribu menjadi Rp 20 ribu per kg.

 

2 dari 2 halaman

Harga Pangan Lain

Pedagang lain, Aldi (18), menyebutkan jika harga telur yang sempat naik dari Rp 24 ribu per kg menjadi Rp 28 ribu per kg, kini turun kembali ke posisi Rp 25 ribu per kg.

Demikian pula harga daging ayam, turun dari Rp 41 ribu, menjadi Rp 38 ribu per kg. Adapun daging sapi has dalam, stabil dari beberapa bulan yang lalu. Harganya di posisi Rp 135 ribu per kg.

Bahkan dia memastikan jika harga tetap sama menjelang Idul Fitri 2019 nanti. "Kalau itu (harga menjelang Idul Fitri 2019) saya nggak yakin stabil, biasanya pasti akan naik." ujarnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Harga Daging Ayam Rp 35 Ribu per Kilogram di Pasar Tomang Barat
Artikel Selanjutnya
Harga Cabai di Pasar Tradisional Turun Jadi Rp 50 Ribu per Kg