Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Jangan Bayar 7 Hal Ini dengan Kartu Kredit, Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kartu kredit bagi sebagian orang dapat membantu. Kadang ketika membeli suatu barang, Anda akan mengalami banyak masalah; terlalu mahal, barang hanya ada di toko yang menerima kartu kredit, dan sebagainya.

Meskipun membantu, Anda tetap harus hati-hati karena menggunakan kartu kredit butuh pengendalian. Jika Anda lalai, bisa-bisa tagihan bulanan kartu Anda membengkak.

Untuk menghindarinya, jangan pernah coba-coba membayar atau membeli 10 hal ini dengan kartu kredit, dilansir dari MSN, Jumat (08/02/2019).

1. Tagihan rumah tangga

Anda yang biasanya membayar listrik, air, telepon dan internet secara langsung atau e-commerce sebaiknya tidak usah mencoba membayar tagihan dengan kartu kredit.

Jumlah tagihan rumah tangga biasanya tidak terlalu tinggi sehingga tidak perlu menggunakan bantuan kartu kredit karena jumlahnya justru lebih mahal dengan bunga yang tinggi.

2. Mobil atau motor

Jika Anda berpikir untuk menggunakan kartu kredit untuk membayar cicilan mobil atau motor, maka bersiaplah untuk membayar lebih mahal. Saat ini, sudah tersedia banyak penyedia kredit kendaraan yang bunganya jauh lebih kecil dari bunga kartu kredit, dan Anda seharusnya mempertimbangkan hal itu.

2 dari 3 halaman

3. Retail Therapy

Barangkali sebagian dari Anda punya kebiasaan retail therapy atau berbelanja untuk menyenangkan diri, bukan membeli barang yang dibutuhkan. Biasanya, wanita yang sering melakukan retail therapy saat mereka merasa sedih atau kecewa.

Bahayanya, jika hal ini dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, Anda pasti tidak sadar sudah membeli berapa barang yang tidak terlalu penting. Anda pasti akan bingung dengan tagihan yang besar.

4. Tagihan pengobatan

Stop menggesek kartu kredit untuk membayar biaya pengobatan Anda, karena tagihan pasti akan bertambah banyak. Sebagai gantinya, Anda bisa mengambil asuransi kesehatan yang mencakup seluruh kondisi penyakit dan pengobatannya. 

5. Tiket yang terlalu mahal

Meskipun kartu kredit dapat membantu Anda mendapatkan tiket hiburan, pesawat atau hotel, namun Anda tetap harus pastikan tagihannya per bulan tetap dapat Anda jangkau.

Bila Anda membeli tiket nonton konser seharga Rp 3 juta dengan tagihan sebesar Rp 300 ribu per bulan, tentu Anda masih bisa membayarnya. Namun bagaimana dengan tiket hiburan seharga Rp 20 juta dengan tagihan yang lebih besar juga? Apakah Anda menyanggupi pembayaran tagihannya?

3 dari 3 halaman

6. Barang diskon

Melihat baju, sepatu, action figure dan kosmetik yang sedang diskon membuat Anda ingin segera menggesek kartu kredit Anda dan memborong semuanya. Namun tahukah Anda bahwa Anda justru membuat pengeluaran yang lebih besar?

Bila harga diskon satu sepatu adalah Rp 200 ribu, namun Anda harus membayar tagihan kartu kredit dengan jumlah yang sama ditambah bunga, bukankah Anda malah lebih boros?

7. Pembelian Online Tanpa Jaminan

Seberapa sering Anda belanja online dengan kartu kredit? Nah, jika Anda menemukan satu website yang diragukan sistem pembayarannya, tidak ada jaminan apapun, Anda harus segera mengurungkan niat untuk beli di situ semurah apapun harganya.

Anda pasti tidak mau jika suatu saat mengalami masalah pembayaran namun pihak e-commerce lari dari masalah dan tidak bertanggung jawab? Oleh karenanya, belanjalah di e-commerce dengan reputasi yang baik dan terpercaya.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Daerah Ini Ingin Gabung ke Jakarta
Artikel Selanjutnya
Menteri Jonan: Permukaan Tanah Jakarta Sudah Turun 40 Meter